Harus Siap Move On, 5 Perubahan Teknologi Mobil Ini Buktikan Mobil Berevolusi

Mobil terus berkembang. Dengan terobosan baru, sistem yang satu menggantikan sistem lainnya. Beberapa perubahan teknologi mobil mulai memberikan peningkatan sistem keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Sama seperti kendaraan yang selalu berkembang dengan semua peningkatan desain luar dan interior, teknologi juga digonta-ganti untuk memberikan semua pengemudian terbaik bagi penggunanya. Banyak dari perubahan teknologi mobil sedikit mendapatkan perhatian, Cintamobil.com berikan beberapa teknologi atau fitur dalam mobil yang mengganti fitur terdahulunya.

1. Keluar: Keyless Ignition

Ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun ini tahun 2008, sistem ini menjadi salah satu sistem paling diminati oleh produsen mobil untuk digunakan pada mobil baru mereka. Menjadi standar pada 89% mobil baru, sekarang fitur ini hanya mengakomodir 38 % mobil baru.

Ini masalah yang ditimbulkan oleh sistem keyless ignition

Diganti oleh: Keyless start

Fitur ini memungkinkan pengemudi menghidupkan mobil mereka sambil menyimpan kunci di kantong atau dompet mereka. Namun masalahnya, New York Times mencatat 24 orang meninggal akibat keracunan karbon monoksida sejak 2006. Sistem yang lebih baru mengingatkan pengemudi ketika kunci fob berada jauh dari mobil saat mesin masih menyala.

2. Keluar: Engine idle

Anda bisa mendapatkan getaran lembut mesin ketika berhenti saat menunggu lampu lalu lintas berubah menjadi hijau. Sempat digunakan dalam beberapa kendaraan baru, teknologi ini digantikan oleh fitur baru stop-start.

Begini cara memperbaiki masalah mesin idle pada mobil Anda

Masuk: Teknologi stop-start

Sistem ini dimulai pada mobil hibrida dan dirancang untuk mematikan mesin ketika Anda berhenti, contohnya ketika menunggu lampu merah. Menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi, setelah kaki terlepas dari rem, mesin mulai berputar dalam waktu sekitar satu detik. Pada tahun 2008, hanya ada 3% kendaraan yang mendapatkan teknologi ini, meningkat hingga 40% pada model tahun 2018.

3. Keluar: mesin naturally aspirated

Bahkan truk, yang pernah dikaitkan dengan mesin V6 atau V8 yang besar mendapatkan mesin turbo V6 dan empat silinder yang lebih kecil. Chevrolet Silverado 2019 misalnya memiliki mesin empat silinder turbo pada beberapa konfigurasi.

>>> Cari berbagai teknologi terbaru dalam review Mitsubishi Outlander Sport 2019

Ini perbedaan mesin naturally aspirated dan turbocharged

Masuk: Mesin turbocharged

Turbocharged memungkinkan produsen mengurangi kapasitas mesin sekaligus membuatnya lebih bertenaga hemat bahan bakar. Mesin ini lebih banyak ditemukan pada mobil sport. Pada tahun 2008, mesin turbocharged menjadi standar pada 10% kendaraan, bergerak hingga 45% kendaraan baru pada 2018.

4. Keluar: Lampu halogen

Lampu halogen sempat menjadi salah satu lampu paling bersinar selama beberapa dekade. Namun perlahan meredup dan digantikan oleh lampu Xenon dan LED yang terbaru.

>>> Intip daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com hanya di sini

Ini perbedaan lampu halogen dengan LED dan HID

Masuk: Lampu Xenon dan LED

Lampu Xenon lebih terang dan bertahan lebih lama daripada lampu halogen tradisional. Namun lampu LED bahkan lebih baik dalam kecerahan dan umur yang lebih panjang daripada Xenon. 24% kendaraan menggunakan lampu Xenon atau LED pada 2008. Meningkat menjadi 51% untuk model 2018, menurut data dari Edmunds.

5. Keluar: Ban cadangan

Ban cadangan berukuran penuh sekarang terbatas, terutama untuk truk pikap atau SUV besar. Ban serep sementara atau ban cadangan yang lebih kecil telah kehilangan pangsa pasarnya tetapi masih menjadi ban paling umum.

>>> Temukan teknologi terbaru seputar otomotif lainnya disini

Kecanggihan Michelin High Power Tyre Inflator

Masuk: Alat inflator ban

Jika Anda menggunakan ban flat baru di mobil baru Anda, jangan kaget jika Anda tidak menemukan ban serep. Pada tahun 2009, kit standar ini hanya digunakan pada sekitar 5% kendaraan, dan menjadi standar pada 23% kendaraan tahun 2018 dengan menghemat berat kendaraan dan memberikan ruang besar untuk bagasi.

Perubahan teknologi mobil memang tidak bisa dihindari. Tetapi semuanya diganti untuk memberikan ruang kepada teknologi baru yang lebih memudahkan penggunanya. Teknologi apa yang paling Anda rindukan dalam kendaraan Anda?

>>> Perhatikan rangkuman tips dan trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top