[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Berencana Keluar Negeri? Ini Tips Tinggalkan Mobil Ketika Liburan

Share this post:
[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Berencana Keluar Negeri? Ini Tips Tinggalkan Mobil Ketika Liburan
Libur panjang dimanfaatkan oleh beberapa keluarga untuk pergi keluar negeri. Lantas bagaimana agar mobil Anda tetap aman ketika ditinggal dalam waktu lama? Simak tips tinggalkan mobil ketika liburan keluar negeri.

Musim libur natal dan akhir tahun 2018 akan datang. Waktu libur yang panjang dimanfaatkan beberapa orang untuk berpergian. Mulai dari ke kampung halaman, keluar kota, atau keluar negeri. Ketika memutuskan untuk keluar negeri, tentu Anda akan meninggalkan mobil kesayangan di rumah. Lantas apakah dengan meninggalkan mobil dalam waktu lama dan tidak dinyalakan adalah keputusan yang bijak?

Pertama-tama perlu diketahui bahwa mobil adalah perpaduan antara sistem mekanik dan elektronik sehingga banyak yang perlu dipertimbangkan. Tetapi satu hal yang justru terpenting adalah keamanan. Tidak hanya keamanan saat mobil ditinggal dalam waktu lama atau tetap digunakan setelah selesai liburan. Inilah hal-hal yang bisa Anda lakukan saat meninggalkan mobil di rumah.

1. Cuci Mobil

Jangan sepelekan kebersihan mobil meskipun Anda tinggalkan dalam waktu lama. Ketika mobil ditinggalkan lebih dari 5 hari dan dalam keadaan kotor, hati-hati bodi mobil atau kaca bisa timbul jamur efek dari water spot. Salah satu cara menghindarinya adalah mencucinya terlebih dahulu sehingga meminimalisir timbulnya kotoran dan jamur. Jangan hanya bagian eksterior, bersihkan juga interior khususnya dari kotoran makanan yang berserakan di kolong-kolong mobil. Jangan sampai ketika selesai liburan dan ingin memakai mobil muncul serangga seperti semut atau kecoa.

>>> Baca juga: Tips Aman Mengemudi Menggunakan Roof Box

Bersihkan mobil agar tidak timbul jamur

Cuci mobil Anda sebelum ditinggal dalam waktu lama agar tidak timbul jamur

2. Parkir Dan Sarung Mobil

Ketika Anda memarkir mobil di tempat tertutup maka menghindari potensi mobil cepat kotor atau rusak. Begitu juga saat meninggalkan mobil dalam waktu lama, dimana musim hujan masih berlangsung maka mobil tetap bersih dan terhindari dari kejatuhan kotoran atau ranting pohon. Selain parkir di tempat tertutup, akan lebih baik menggunakan sarung mobil untuk menutupi bodi mobil. Tetapi pilih material yang berkualitas, karena salah pilih justru bisa membuat bodi mobil lembap dan timbul bercak. Selain itu fungsi sarung mobil juga melindungi dari debu bila Anda parkir di carport yang berpotensi mobil lebih cepat berdebu.

>>> Baca juga: Jelang Libur, Pelajari Cara Membawa Barang di Bagasi

3. Pewangi dan Penangkal Tikus

Salah satu cara menjaga kesegaran kabin adalah meletakkan pewangi. Ketika Anda meninggalkan mobil dalam waktu lama, maka lebih baik letakkan pewangi atau anti lembap khusus mobil sehingga kesegaran dalam kabin terjaga. Selain itu juga pasang perangkap atau racun tikus di sekitar roda. Lokasi ini umumnya jalur tikus naik dan masuk ke ruang mesin. Hati-hati kabel-kabel pada mesin Anda digerogoti tikus.

Isi penuh tangki bensin untuk cegah karat

Pastikan tangki bahan bakar terisi penuh saat Anda tinggalkan dalam waktu yang lama

4. Bahan Bakar Penuh

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa tangki bahan bakar harus penuh saat ditinggalkan dalam waktu lama? Langkah ini dilakukan untuk mengindari kondensasi pada ruang udara di dalam tangki bila tidak terisi penuh. Akibat dari kondensasi ini adalah muncul bulir air yang bisa membuat oksidasi pada tangki berbahan metal sehingga berpotensi muncul karat.

>>> Ingin mencari mobil baru berteknologi tinggi? Dapatkan infonya di sini

5. Rem Parkir

Bila Anda hendak berpergian dalam waktu lama, misal lebih dari seminggu. Sebaiknya jangan aktifkan rem parkir untuk menahan mobil karena bisa membuat rem lengket dan roda susah bergerak karena korosi ketika dua besi menempel dalam waktu yang lama. Salah satu solusi yang bisa Anda terapkan adalah

Cegah debu menempel. gunakan sarung mobil

Pilih sarung mobil yang berkualitas agar bodi mobil tidak lembap dan terhindar dari debu

6. Titipkan Kunci

Ada cara lain yang membuat Anda tidak perlu repot mempersiapkan pengamanan atau menjaga mobil tetap terawat saat mobil ditinggal liburan. Titipkan mobil pada saudara Anda yang mungkin tidak keluar negeri. Sehingga mobil tetap terawat dan berjalan meski dalam jarak dekat. Selain itu juga kunci mobil bisa Anda titipkan ke security komplek rumah atau tetangga untuk mengantisipasi musibah seperti kebakaran atau banjir.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
 
back to top