[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Apa Saja Yang Harus Disiapkan Saat Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi?

Share this post:
[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Apa Saja Yang Harus Disiapkan Saat Berlibur Menggunakan Mobil Pribadi?
Banyak masyarakat Indonesia yang gemar menggunakan mobil pribadi untuk berlibur keluar kota. Terlebih saat ini ada penambahan jalan tol Trans Jawa yang baru diresmikan beberapa waktu lalu. Ada beberapa yang harus dipersiapkan selama perjalanan liburan, termasuk kendaraan dipastikan prima untuk melakukan perjalanan jauh.

1. Mesin

Langkah utama ketika menggunakan mobil pribadi untuk menempuh jarak jauh adalah mesin. Sebagai jantung dari mobil, lakukan general check-up serta tune-up. Umumnya baik bengkel resmi atau umum, saat melakukan tune-up akan memeriksa komponen vital pada mesin, seperti oli mesin, oli transmisi, power steering, air radiator, cairan/minyak rem dan juga hal-hal kecil seperti air wiper dan kondisi wiper itu sendiri. Jangan lupa juga untuk meminta montir memeriksa kondisi lampu-lampu mulai dari lampu utama, lampu kabut, lampu sein, lampu hazard dan tentunya lampu rem. Periksa juga pengaturan lampu dekat dan jauh, apakah arah lampunya masih benar agar bisa memberikan penerangan yang baik saat Anda berkendara di malam hari.

2. AC Mobil

Saat melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi, Anda akan mengalami perjalanan di siang hari. Ketika terik panas matahari menyengat, AC menjadi hal penting. Periksa kondisi AC mobil Anda apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Isi freon jika hampir habis agar tetap sejuk saat berkendara. Pastikan filter AC juga masih dalam kondisi bagus agar saluran AC tidak tersumbat.

>>> Baca juga: Ketika Waktu Dan Tempat Bukan Lagi Halangan Untuk Beli Asuransi

3. Kaki-kaki

Sebagai salah satu komponen vital, ban wajib diperiksa. Langkah dasar yang bisa Anda lakukan adalah memastikan kondisi ban masih layak atau tidak aus. Selanjutnya periksa juga tekanan angin dan sesuaikan dengan rekomendasi pabrik agar perjalanan tetap aman dan BBM bisa lebih hemat. Bila dirasa kaki-kaki Anda bermasalah, akan lebih baik bila dilakukan spooring dan balancing demi keamanan dan kenyamanan selama liburan.

Periksa mesin sebelum liburan menggunakan mobil

Periksa mesin sebelum libur menggunakan mobil pribadi Anda agar aman di jalan

4. E-Toll Card

Mengingat seluruh ruas tol di Indonesia saat ini sudah menerapkan gerbang tol otomatis (GTO) maka siapkan kartu tol elektronik yang udah terisi saldo. Cari tahu di internet berapa tarif tol pada GTO yang akan Anda lalui dalam perjalanan liburan menggunakan mobil pribadi. Jangan sampai terjadi kekurang saldo saat hendak melintas GTO karena bisa menyebabkan kemacetan panjang dan membuang waktu Anda.

>>> Ingin menjaga mobil kesayangan Anda selalu seperti baru, bacalah artikel di link ini

5. Aplikasi Otocare

Di zaman digital, aplikasi menjadi hal penting ketika Anda berpergian termasuk libur keluar kota. Salah satu aplikasi yang berguna adalah Garda Mobile Otocare. Ada banyak fitur yang bisa Anda optimalkan di aplikasi milik Asuransi Astra ini. Salah satunya adalah fitur Near Me, Anda bisa mencari mulai dari Rumah Sakit, Apotik, supermarket, SPBU hingga kantor polisi. Anda juga bisa mengetahui apakah ada Garda Center ketika Anda membutuhkan bantuan bila mobil sudah terlindungi dengan asuransi Garda Oto.

6. Lagu Favorit

Rasa bosan dan kantuk saat di jalan terkadang menghampiri pengemudi dan penumpang. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah bernyanyi lagu favorit. Maka sebelum berpergian, siapkan daftar lagu favorit Anda. Bila head unit mobil Anda sudah mendukung fitur USB, siapkan flash disk yang berisi lagu-lagu yang bisa dinyanyikan dalam perjalanan menggunakan mobil pribadi.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
 
back to top