Daftar Harga Kaca Film Mobil Terbaru 2021

13/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Harga kaca film mobil amatlah bervariasi, semua ditentukan dari merk dan produsen pembuat kaca film, kemampuannya dalam menolak panas atau sinar UV, tingkat kegelapan, serta jenis mobil yang akan dipasangi kaca film tersebut.

Harga kaca film mobil sebenarnya relatif terjangkau, mengingat fungsi dari kaca film ini yang sangat baik untuk melindungi lapisan kulit tubuh Anda. Sebab tanpa kaca mobil yang tidak dilapisi material film, sorot matahari akan langsung mengenai permukaan terluar kulit lengan dan muka Anda.

Sementara sinar Ultraviolet (UV) yang dihasilkan matahari sangat berbahaya bagi kulit manusia apabila terpapar dalam waktu yang lama. Satu diantaranya dapat menimbulkan kanker kulit. Bayangkan jika Anda berkendara di negara tropis seperti Indonesia dimana matahari bersinar setiap hari dalam waktu lama, maka cepat atau lambat permukaan kulit tubuh Anda bisa rusak jika tidak menggunakan kaca film.

Selain demi kesehatan, kaca film mobil juga berperan memberikan privasi kepada Anda saat berada di kabin kendaraan. Utamanya pada saat berkendara, orang lain dari luar tidak akan mudah melihat aktifitas Anda di dalam mobil karena pandangannya terhalang kaca film. Selain itu, apabila Anda meletakkan barang-barang berharga di dalam mobil seperti tas, dompet, ponsel, atau laptop, juga tidak mudah terlihat dari luar. Sehingga ini bisa sedikit memberikan rasa aman.

Setelah memahami beberapa keuntungan dari menggunakan kaca film, maka di artikel kali ini Cintamobil.com akan membahas mengenai cara memilih kaca film mobil, dimana yang jual kaca film mobil, sampai berapa harga kaca film mobil per meter atau per paket yang banyak dijual dipasaran. Jadi, baca artikel ini sampai habis ya.

Daftar Harga Kaca Film Mobil yang Banyak Dijual

Pasang Kaca Film Mobil

Harga kaca film sering kali sudah berikut biaya pemasangannya

Berikut adalah beberapa daftar harga kaca film untuk kendarana bermotor yang kami rangkum dari sejumlah e-commerce yang menjual produk tersebut, umumnya harga yang dipatok ini sudah berikut jasa pasang ke mobil Anda.

Harga Kaca Film Mobil V-Kool

  • V-Kool 40 (kaca depan) : Rp 2.500.000 - Rp 3.000.000
  • V-Kool 70 (kaca depan) : Rp 3.000.000 - Rp 3.500.000
  • V-Kool VIP full : mulai dari Rp 5.800.000
  • V-Kool X05 full : mulai dari Rp 6.500.000
  • V-Kool X15 full : mulai dari Rp 7.000.000

Harga kaca film mobil Solar Guard

  • Solar Guard LX Platinum full : mulai dari Rp 2.000.000
  • Solar Guard LX Premium full : mulai dari Rp 2.500.000
  • Solar Guard LX Best Performance : mulai dari Rp 3.500.000

Harga kaca film 3M

  • 3M Black Beauty full : mulai dari Rp 1.500.000
  • 3M Crystaline full : mulai dari Rp 3.000.000

Harga kaca film Sparta

  • Sparta Glass film full : mulai dari Rp 300.000

Memilih Kaca Film Mobil Murah Berkualitas

Kegelapan Kaca Film

Pilih kaca film untuk mobil jangan asal yang gelap

>>> Waspada Kaca Film Palsu, Ini Ciri-Cirinya

Jika Anda datang ke toko-toko aksesoris mobil, atau melihat berbagai iklan yang ada di media sosial maupun toko-toko online yang ada di beragam e-commerce, maka akan mudah sekali ditemukan pihak yang jual kaca film mobil. Rentang harga kaca film ini sangatlah bervariasi, mulai harga kaca film mobil per meter ratusan ribu rupiah sampai juta rupiah pun ada.

Namun sebenarnya, kaca film yang berkualitas bukan berarti harus yang banderolnya selangit. Sebab ada kok kaca film yang harganya terjangkau namun sebenarnya kualitasnya sudah cukup baik dan sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda. Selain itu di masyarakat umum masih kerap terjadi persepsi yang kurang tepat. Yakni kaca film mobil yang bagus adalah yang tingkat kegelapannya semakin pekat. Jadi semakin gelap kaca film tersebut, maka semakin bagus kaca filmnya.

Daripada salah, lebih baik pahami beberapa hal saat memilih kaca film yang berkualitas berikut ini ya.

1. Ada Peraturan Undang-Undangnya

Saat memilih kaca film mobil, yang pertama harus dipertimbangkan adalah tingkat kegelapan kaca film tersebut. Karena sebenarnya untuk pemasangan kaca film pada mobil sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kemudian secara spesifik, aturan ini ditegaskan lagi dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor.

Dalam peraturan ini dijelaskan jika untuk kaca bagian depan dan belakang boleh menggunakan kaca berlapis bahan pewarna (film coating) dengan prosentase penembusan cahaya maksimum 40 persen. Sedangkan untuk kaca bagian sisi, boleh menggunakan kaca berlapis bahan pewarna (film coating) dengan prosentase penembusan cahaya maksimal 70 persen.

2. Perhatikan Tingkat Kegelapannya

Berpatokan pada peraturan tersebut, maka saat memilih kaca film wajib memperhatikan spesifikasi dari kaca film yang hendak dipasang. Pertama yaitu dengan memperhatikan angka Visible Light Transmittance (VLT). Semakin tinggi bilangan VLT maka akan membuat kaca film semakin gelap. Misalnya VLT 40, VLT 60, VLT 80 dan seterusnya.

3. Pilih Bahan Pembuatnya

Ternyata kaca film bukan dibuat dari plastik. Namun ada beberapa material yang digunakan untuk melapis kaca dan melindungi dari sinar UV. Pertama bahan Nano Metal yang punya kemampuan menolak panas paling baik. Namun kelemahannya bahan ini menghambat sinyal atau sensor mobil. Misalnya sensor untuk auto headlamp, auto wiper, dan sensor lainnya.

Kedua bahan Nano Ceramic yang punya kemampuan menolak panas sama dengan Nano Metal tapi punya warna lebih gelap. Karena bisa terlalu gelap, pemakaian bahan ini akan sedikit mengganggu visibilitas pengendara terutama ketika malam hari. Ketiga bahan Nano Carbon yang punya kemampuan tolak panas sama baiknya, serta memiliki visual lebih jernih. Tentunya material ini sangat cocok untuk diaplikasikan.

Memilih Tempat Pasang Kaca Film Mobil

Jual Kaca Film Mobil

Pastikan setiap kaca film yang Anda pasang dibekali garansi

Untuk memasang kaca film mobil, Anda tentu harus mendatangi tempat yang jual kaca film mobil. Umumnya disetiap toko aksesoris kendaraan roda empat menyediakan pula aksesoris untuk ditempel pada kaca depan samping dan kaca belakang itu. Namun sebaiknya jangan asal mendatangi sembarang tempat pasang kaca film ya.

Pastikan sebelum memasang kaca film, toko tersebut menyediakan pilihan kaca film yang lengkap. Ini agar Anda bisa membandingkan mana harga kaca film mobil per meter yang paling murah. Tapi biasanya kaca film mobil di tempat-tempat pemasangan kaca film dipatok dengan harga per paket-paket tertentu. Misalnya harga kaca film mobil depan saja atau full, atau paket untuk kaca film mobil tertentu, contohnya paket harga kaca film mobil depan atau full untuk Toyota Avanza, Honda Jazz, dan sebagainya.

Kemudian pastikan juga toko tersebut menyediakan garansi dan sertifikat dari produk kaca film yang ditawarkan. Ini untuk menjamin setiap kaca film yang mereka jual adalah produk original sehingga bisa dijamin kualitasnya.

Nah itu tadi beberapa tips sebelum memasang kaca film untuk mobil kesayangan Anda.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi menarik lainnya tentang perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Seperti apa kaca film mobil yang bagus?
kaca film mobil yang bagus bukan yang paling gelap, melainkan yang mampu menolak panas paling baik tapi tetap memiliki visibilitas yang baik pula.
Berapa harga kaca film mobil Avanza?
Harga kaca film tentu dipengaruhi dari merk, tipe, dan jumlah kaca mobil yang akan dipasang kaca film tersebut. Untuk Toyota avanza biasanya amsuk kategori mobil ukuran menium atau sedang, sementara ahrga kaca film untuk mobil ini mulai dari Rp 300.000-an hingga Rp 7.000.000-an.
Berpaa lama pasang kaca film di toko?
Proses pemasangan kaca film umumnya relatif singkat, hanya butuh waktu 2-3 jam. Namun sebelum memasnag akca film yang baru, kaca film yang masih menempel di mobil harus dilepas lebih dulu. Selain itu, setelah pasang akca film, maka sebaiknya kaca jendela tidak dibuka tutup selama 2x24 jam.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top