Harga Aki Kering Mobil Murah yang Tidak Perlu Merogoh Kocek Dalam

31/03/2021

Perawatan dan service

4 menit

Harga aki kering mobil lebih mahal dibanding aki basah, tapi sebenarnya baik aki kering maupun basah tetap menggunakan cairan elektroda (air aki).

Seiring berkembangnya zaman, kendaraan-kendaraan modern yang memungkinkan Anda untuk bisa bermobilitas dengan cepat dan efisien mulai tercipta. Mobil menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menghindari paparan debu, panas, atau hujan. Nah, salah satu komponen yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mobil adalah aki.

Aki mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda dan setiap jenis mobil membutuhkan aki dengan kapasitas yang berbeda pula. Kalau Anda memodifikasi mobil seperti merubah kelistrikan mobil menjadi lebih terang atau merubah sound system-nya, maka hal tersebut bisa mengubah kebutuhan listrik pada mobil Anda.

Bila dibandingkan mana yang lebih baik antara aki kering dan aki basah, itu tergantung pada pemilik kendaraan. Kalau Anda tipe orang yang suka merawat kendaraan, sebaiknya memilih jenis aki basah. Selain harga yang lebih murah, aki basah juga lebih tahan lama. Namun, jika Anda adalah orang yang super sibuk dan tidak sempat melakukan kontrol terhadap hal seperti ini, sebaiknya Anda menggunakan jenis aki kering karena praktis dan tidak membutuhkan perawatan apapun.

>>> Memilih Aki Mobil, Lebih Baik Aki Kering atau Basah?

Aki kering terbaik yang bisa Anda pilih

aki kering mobil yang bisa digunakan
Ada berbagai pilihan aki kering untuk mobil Anda

Harga aki kering mobil lebih mahal dibanding aki basah. Sebenarnya baik aki kering maupun basah tetap menggunakan cairan elektroda (air aki). Akan tetapi, untuk aki kering cairannya lebih padat dan berbentuk gel. Dengan begitu, walaupun terjadi guncangan, tidak akan tumpah.

Jenis mobil Anda juga perlu diperhatikan, baik mobil penumpang, pick up, maupun truk. Karena masing-masing jenis kendaraan roda empat tersebut membutuhkan kapasitas aki yang berbeda pula. Oleh karena itu, untuk memastikannya Anda harus konsultasikan aki terbaik yang akan Anda gunakan terlebih dahulu dengan bengkel pilihan Anda. Berikut rekomendasi aki kering mobil terbaik tahun ini.

1. GS Astra

GS Astra bisa dibilang sebagai salah satu aki kering terbaik saat ini. Aki merk ini sudah tidak diragukan lagi dan sangat cocok untuk Anda yang tinggal di Indonesia, karena sudah dilengkapi dengan komponen yang memungkinkan kendaraan bisa mempunyai performa baik dan bisa bertahan di berbagai cuaca iklim tropis Indonesia.

GS Astra juga menyediakan berbagai macam tipe aki yang bisa Anda pilih. Merek aki kering mobil yang satu ini juga memiliki desain yang tangguh, salah satunya adalah GS 60 ampere dengan harga kisaran Rp 750 ribuan.

Salah satu pabrikan yang menggunakan aki ini adalah Honda. Contohnya penggunaan aki Honda Brio Satya, Anda bisa membeli GS Astra 45 ampere. Harga aki mobil kering GS 45 ampere bisa Anda temukan di toko online dengan harga mulai Rp 700 ribuan.

>>> Harga Aki Mobil Bekas Memang Murah, Tapi Malah Bikin Rugi!

2. GForce

Aki GForce merupakan aki yang cukup terkenal dan populer. Tapi biasanya aki ini digunakan untuk kendaraan yang mengangkut muatan berat seperti mobil pickup, truk, atau bus. Kendaraan berat seperti itu tentu membutuhkan sistem pengapian yang maksimal. Kebutuhan ini tentunya bisa diakomodir oleh kapasitas GForce yang mumpuni yang biasanya dibanderol seharga Rp 1,2 jutaan.

3. Yuasa

Kualitas yang terbilang presisi dari segi sambungan antar plat-plat akinya, membuat aki merk ini mempunyai keunggulan tersendiri. Anda bisa memasang aki ini langsung ke mobil Anda tanpa perlu mengisi daya tambahan. Untuk bisa menggunakan aki kering merk Yuasa, Anda perlu menyiapkan budget kisaran Rp 800 ribuan.

aki kering mobil

Aki mobil Yuasa seringkali digunakan oleh pabrikan

4. Power Plus

Rekomendasi merek aki kering untuk mobil yang terakhir adalah Power Plus. Aki ini menggunakan teknologi Absorbed Glass Matt (AGM) pada separatornya dan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Aki ini memungkinkan penggunanya untuk tetap bisa menyalakan kendaraan dalam keadaan mesin dingin atau sudah lama tidak dinyalakan. Untuk membeli aki kering mobil merk ini, Anda perlu merogoh kocek mulai dari Rp 600 ribuan.

Salah satu model yang sering menggunakan aki kering Power Plus adalah Toyota Avanza. Bahkan untuk mendapatkannya Anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Karena harga aki Toyota Avanza ini dibanderol dengan harga yang paling murah sekitar Rp 640 ribuan untuk merk Powerplus MF NS40Z.

>>> Memilih Aki Mobil, Lebih Baik Aki Kering atau Basah?

Harga Aki Kering Mobil Bekas

aki kering mobil bekas yang bisa dipilih lebih terjangkau
Harga aki kering mobil bekas biasanya lebih terjangkau

Aki merupakan komponen penting dalam kendaraan terutama mobil. Oleh karena itu kinerja aki bisa saja tidak selalu dalam keadaan yang prima. Akan ada waktu dimana performa aku menurun sesuai dengan usia. Kalau sudah terjadi keadaan seperti itu, tentu saja Anda harus mengganti aki yang baru. Tapi ada juga yang justru memilih aki bekas karena alasan lebih murah.

Sebenarnya penggunaan aki bekas yang dipakai bersifat recharge. Jadi jangan sampai Anda membeli aki rekondisi, karena itu berbahaya. Karena aki rekondisi meningkatkan potensi terjadinya korsleting listrik pada kendaraan Anda. Harga aki kering mobil bekas berkisar Rp 400 ribuan.

Untuk memilih aki kering yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan teknisi di bengkel resmi. Karena masalah aki yang tidak sesuai bukan hanya mengancam dalam hal kelistrikan, tapi juga bisa membuat masalah besar ketika dalam perjalanan.

>>> Dapatkan berbagai mobil baru dan bekas terbaik hanya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa lama perlu ganti aki mobil?
Umur aki mobil itu 2 tahun saja, jika habis masa itu lebih baik Anda ganti dengan aki yang baru saja.
Aki mobil yang bagus itu apa?
GS Astra, GForce, Yuasa, Power Plus dan Massiv adalah beberapa merek mobil yang bagus.
Berapa harga aki kering mobil?
Tergantung pada merek aki apa yang akan Anda memilih, harganya mulai dari Rp 850.000.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top