Gunakan Mobil Anda Setidaknya Dua Kali Seminggu Untuk Melindungi Bagian Penting Ini

26/11/2018

Perawatan dan service

4 menit

Gunakan Mobil Anda Setidaknya Dua Kali Seminggu Untuk Melindungi Bagian Penting Ini
Kalau Anda hanya menggunakan mobil untuk kegiatan tertentu dan cukup jarang, sebaiknya tetap gunakan mobil dua kali seminggu karena ada bagian-bagian mobil yang bisa rusak jika mobil jarang digunakan dan hanya didiamkan saja.

Sebagian orang hanya memiliki mobil untuk digunakan sesekali, mungkin juga termasuk Anda. Bagi sebagian orang menggunakan mobil sebagai kendaraan pribadi harian justru bisa merepotkan apalagi kalau harus berhadapan dengan jalanan kota yang padat. Menggunakan sepeda motor atau transportasi umum rasanya lebih nyaman daripada terjebak di dalam mobil. Belum lagi biaya bahan bakar yang tidak murah. Tapi jika Anda hanya menggunakan mobil untuk kegiatan tertentu dan cukup jarang, sebaiknya tetap gunakan mobil dua kali seminggu karena ada bagian-bagian mobil yang bisa rusak jika mobil jarang digunakan dan hanya didiamkan saja.

Berikut adalah bagian mobil yang bisa rusak kalau tidak digunakan dalam waktu tertentu.

1. Ban mobil

Foto mobil sedan ban kempes

Dibiarkan nganggur lama tak dikendarai, ban mobil bisa kempes sendiri

Meski ditinggalkan dalam keadaan memiliki tekanan yang pas, udara di dalam ban mobil lama kelamaan akan mengempis secara perlahan. Ban yang kempis dan tidak diisi akan membuat roda-roda dan bagian dalam ban mobil cepat aus. Belum lagi jika akan digunakan namun ban dalam keadaan kempis kemudian Anda harus mengemudi ke bengkel untuk mengisi angin, resiko kerusakan bisa lebih parah lagi.

>>> Jangan-Jangan Anda Belum Tahu, Inilah Tips Mengganti Wiper Mobil Saat Musim Hujan

2. Wiper mobil

Foto wiper mobil di kaca bagian depan

Karet wiper yang mengeras bisa berdampak buruk bagi kaca mobil

Karet yang lama tidak digunakan lama kelamaan akan mengeras kemudian retak. Hal ini juga bisa terjadi pada wiper Anda ketika mobil jarang digunakan dan jarang dibersihkan. Oleh karena itu ketika melakukan perawatan mobil sebaiknya bagian wiper juga tidak dilupakan meski sedang tidak dalam musim hujan. Jika ingin meninggalkan mobil dalam waktu yang agak lama, sebaiknya ganjal karet wiper dengan sesuatu agar karetnya tidak menempel langsung pada kaca mobil atau diangkat.

3. Aki mobil

Foto aki mobil Toyota Genuine Part

Aki rusak, semua sistem kelistrikan mobil tidak berfungsi

Aki mobil adalah bagian mobil yang biasanya paling mendapatkan dampak ketika mobil lama tidak digunakan. Aki yang rusak biasanya ditandai dengan susahnya mobil untuk dinyalakan setelah lama tidak digunakan. Aki yang kemudian dipaksa untuk nyala setelah ditinggalkan dalam waktu yang lama bisa soak dan bisa menyebabkan harus diganti dengan aki yang baru yang biayanya tentu tidak murah. Agar aki tidak soak meski Anda tidak menggunakan mobil, setidaknya dua hari sekali mobil dipanaskan selama 5-10 menit, tidak perlu terlalu lama. Jika Anda sedang tidak ada di rumah dan tidak ada yang bisa memanaskan mobil, lepas sambungan aki ke mesin mobil agar aki tidak mengalirkan listrik ke mesin.

>>> Mengenal Beda Jenis Aki untuk Mobil Anda

4. Rem tangan

Foto seorang pengemudi siap melepas rem tangan

Hati-hati, rem tangan juga bisa macet

Bagian mobil lain yang bisa mengalami kerusakan ketika mobil lama tidak digunakan adalah rem tangan. Adalah hal yang wajar dan dilakukan hampir semua pemilik mobil ketika memarkir mobil di garasi misalnya, rem tangan diaktifkan untuk menahan agar mobil tidak bergerak. Tapi tahukah Anda ketika rem tangan aktif dalam waktu yang lama, lama kelamaan oli rem akan menjadi lengket dan menyebabkan rem tangan jadi rusak. Mendiamkan mobil tidak digunakan tanpa mengaktifkan rem tangan memang dirasa kurang aman. Maka dari itu pastikan sebelum pergi dan sesudah Anda pulang segera nyalakan mesin mobil dan digunakan untuk putar-putar sebentar untuk membebaskan mobil dari rem tangan dan membuat komponen mobil lainnya lebih “lemas” setelah ditinggal lama.

>>> Tertarik membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. Mesin

Foto mesin Suzuki Baleno 2000

Oli tidak mengalir ke mesin kalau mobil tidak digunakan sama sekali

Bagian mesin juga akan kena getahnya jika mobil tidak Anda gunakan dalam waktu yang lama. Hal ini karena ketika mobil tidak menyala, maka oli tidak akan mengalir ke bagian-bagian mesin yang menyebabkan komponen mesin jadi tidak memiliki pelumas untuk membuatnya tetap licin. Komponen mesin yang kering akan lebih cepat aus dan membuat mobil jadi makin susah digunakan.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top