Gemar Ngebut di Jalan? 3 Komponen Suspensi Mobil Ini Akan Mudah Rusak

27/05/2019
Jika Anda termasuk pengemudi yang gemar ngebut di jalan raya, maka selain membahayakan diri Anda dan orang lain, ada komponen mobil dibagian suspensi yang bisa rentan rusak. Apa saja komponen tersebut?

Ngebut di jalan adalah perilaku berkendara yang bisa membahayakan diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya. Karena itulah di jalan raya biasanya ada batas-batas kecepatan tertentu yang sudah ditetapkan dan tidak boleh dilanggar.

>>> Penggunaan Aditif Bahan Bakar, Apakah Efektif Dan Aman?

Dan rupanya selain berbahaya bagi keselamatan pengemudi atau orang lain, mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi juga akan membuat komponen suspensi mobil lebih cepat rusak. Berikut komponen mobil yang bisa mudah rusak jika Anda sering ngebut di jalan.

1. Ball Joint

Ball joint pada suspensi mobil

Ciri ball joint rusak adalah muncul bunyi di bagian roda

Ball joint merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk menghubungkan arm dengan knuckle roda. Ball joint berfungsi sebagai sumbu roda saat kendaraan berbelok. Komponen ini pun dibuat menempel pada arm namun tidak dilekatkan menggunakan baut.

>>> Temukan promo menarik mobil baru disini

Karena itulah ball joint akan mudah rusak akibat tidak menempel utuh pada arm. Penyebabnya mobil sering dikemudikan dengan kencang dan kerap kali berbelok pada kecepatan tinggi. Gejala jika ball joint rusak adalah munculnya bunyi-bunyian pada bagian roda.

2. Tie Rod

Tie rod pada mobil

Setir akan bergetar jika tie rod rusak

Tie rod juga merupakan bagian dari sistem suspensi mobil. Komponen ini berfungsi menghubungkan roda dengan rack end setir. Jika Anda sering ngebut di jalan kemudian berbelok dengan kencang apalagi menghantam lubang di jalan, maka bagian ini yang akan terkena imbasnya.

>>> Tips perawatan mobil lainnya baca disini

Gejala tie rod rusak adalah setir terasa bergetar dan timbul bunyi aneh terutama saat berbelok. Bisa juga setir tidak bisa atau sulit untuk dikendalikan.

3. Rack End

Contoh rack end mobil

Rack end yang rusak akan membuat roda tidak lurus

Efek negatif lainnya dari perilaku ngebut di jalan adalah rusaknya bagian rack end. Komponen mobil ini bertugas untuk memastikan semua roda berjalan lurus saat mobil melaju. Namun apabila Anda mengemudikan kendaraan dengan kencang serta menerjang jalan berlubang, maka sudah dipastikan setir akan mengalami ketidakseimbangan.

>>> Tips & trik menarik seputar mobil silahkan baca disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain