Gejala Kerusakan Power Steering Elektrik Serta Penyebabnya

01/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Gejala Kerusakan Power Steering Elektrik Serta Penyebabnya
Hadir sebagai fitur yang memudahkan pengemudi, teknologi power steering berkembang dengan hadirnya fitur EPS (Electronic Power Steering). Jauh lebih modern, apa saja gejala serta penyebab kerusakan power steering elektrik?

Saat ini, power steering sudah menjadi fitur wajib pada mobil keluaran terbaru, dan hampir tidak ada mobil yang tidak dilengkapi fitur satu ini. Bagaimana tidak, fitur ini hadir untuk meringankan kerja pengemudi saat memutar setir, khususnya dalam keadaan statis atau ketika ingin memarkirkan kendaraan.

>>> Ingin power steering elektrik berumur panjang? Cek tipsnya di sini

Dilihat dari jenisnya, power steering terdiri dari dua model, hidraulis dan Electronic Power Steering (EPS). Berbeda dari hidraulis yang bekerja mengandalkan fluida atau cairan sebagai media penggerak, power steering elektrik menggunakan motor elektrik sebagai penggerak kemudi.

Mekanisme power steering elektrik

Meski lebih ringkas dibandingkan model hidrolis, power steering elektrik punya kelemahan tersendiri

Meski lebih ringkas dan modern, ternyata power steering elektrik memiliki beberapa kelemahan seperti daya tahan yang tidak sekuat power steering konvensional. Ingin tahu apa yang memicu masalah power steering elektrik dan gejalanya? Simak penjelasan di bawah ini.

Cara mendeteksi masalah power steering elektrik

Ilustrasi memegang setir dan mengendarai mobil

Seperti power steering pada umumnya, jika bermasalah setir akan terasa sangat berat

>>> Temukan mobil impian Anda di sini

Cara paling mudah mendeteksi kerusakan power steering adalah dengan memutar-mutar setir. Saat kendaraan sudah distarter, coba putar setir ke kiri dan kanan dalam posisi diam. Jika terasa berat, mungkin motor power steering sudah lemah meski masih berfungsi. Jika kondisinya sudah makin parah, bukan tidak mungkin power steering tak bekerja dengan seharusnya.

Penyebab power steering elektrik bermasalah

Motor penggerak power steering elektrik

Seperti komponen listrik kebanyakan, motor EPS rentan konslet jika terkena air

Hal yang paling sering menjadi penyebab kerusakan power steering elektrik adalah perilaku pengemudi, yang sering menerobos genangan air atau banjir. Satu hal penting yang harus Anda ketahui, komponen EPS (electronic power steering) yang dialiri listrik umumnya dipasang pada area kemudi dan kaki-kaki.  Kalau genangan air mencapai komponen tersebut, bukan tak mungkin terjadi konslet.

>>> Ingin kondisi mobil selalu prima? Simak tips ini deh

Motor elektrik akan tidak bisa menerima tenaga listrik dari putaran mesin mobil melalui ECU. Walaupun motor elektrik tertutup rapat, jika terendam bisa saja air masuk. Terlebih, air merupakan musuh utama komponen elektrikal, jika sampai motor elektrik rusak, maka harus diganti seluruhnya. Hal ini karena motor power steering elektrik merupakan suatu kesatuan, dan tidak bisa dibongkar.

Kesimpulannya, meski terlihat lebih ringkas dan modern, komponen power steering elektrik cenderung rentan terhadap air. Untuk tips & trik lainnya, Anda bisa simak link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Power Steering Bermasalah, Lebih Dari 1 Juta Unit Chevrolet Cs Kena Recall

17/09/2018

Pasar mobil

General Motors Co dirundung mendung, lebih dari 1 juta unit mobil berbagai merek yang berada di bawah naungannya harus direcall dikarenakan ada masalah pada Power Steering.

Lihat juga

Cara Memeriksa dan Menambah Oli Power Steering

21/08/2017

Perawatan dan service

2 menit

Semua mobil memiliki sistem power steering hidrolik yang membantu pengemudi untuk memutar setir dengan ringan. Jadi pemilik harus selalu ingat memeriksa ketinggian oli power steering dan menambahkannya kalau diperlukan

Lihat juga

Tanda-tanda Power Steering Mengalami Kerusakan

Power Steering adalah komponen mobil yang berfungsi untuk membantu mengendalikan arah mobil,seperti untuk berbelok ke kanan dan ke kiri. System power steering memanfaatkan tekanan cairan pelumas dalam system kerjanya sehingga membuat stir mobil terasa lebih ringan untuk dikendalikan. Seperti komponen-komponen lain dari mobil, power steering pun ada umur sendiri. Namun sebelum mengalami kerusakan ada tanda-tandanya.

Lihat juga

Power Steering Berisiko Mati, 60.000 Unit Sedan Mazda6 di-Recall

28/09/2017

Event - Promosi

Perusahaan Motor Mazda mengumumkan tentang recall terhadap lebih dari 60.000 unit Mazda 6 di seluruh Amerika Serikat dan Kanada. Recall ini dilakukan karena ada kesalahan kabel yang berhubungan dengan power steering dan airbag.

Lihat juga

Berikut Tindakan Preventif Yang Membuat Power Steering Elektrik Berumur Panjang

17/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Meski minim perawatan bukan berarti bisa perlakukan power steering seenaknya

Lihat juga