Gasket Oil Drain Plug Diganti Tiap Servis Berkala, Ini Alasannya!

31/12/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Gasket oil drain plug selalu ada dalam daftar part yang diganti saat servis berkala dan ganti oli. Alasannya ternyata berkaitan dengan masalah keselamatan.

Sudah servis berkala berkali-kali, coba lihat fakturnya. Pasti ada item gasket oil drain plug. Harganya memang murah tidak sampai Rp 10 ribu, tapi item ini selalu ada di setiap kali servis berkala dari servis pertama 1000 Km, 5000 Km, 5000 Km hingga servis rutin setiap 10.000 Km. Mungkin ada yang bertanya, mengapa tidak ditiadakan saja atau menggunakan gasket yang lama?

Gasket Oil

Gasket Oil Drain Plug adalah segel penutup saluran pembuangan oli yang dipasang di antara lobang pembuangan dan baut. Bentuknya lingkaran berlubang tempat baut dicolokkan sebelum dipasang menutup saluran.

Material part ini berbeda-beda tergantung pabrikannya. Ada yang dari kertas, karet, silikon, logam, gabus, karet nitrile, asbes, fiberglass, teflon, hingga polimer plastik. By the way apapun materialnya gasket oil selalu diganti setiap kali servis berkala. Lantas apa alasannya!

>>> Gear Oil Suzuki ECSTAR Jamin Pelumasan Optimal

Foto menunjukkan saat ganti oli mesin mobil

Gasket oli terletak diantara baut penutup dan lobang pembuangan

Kembali ke soal fungsi dulu. Pemasangan gasket di saluran pembuangan oli bukan tanpa sebab. Hal itu wajib dilakukan agar penutupan saluran pembuangan lebih sempurna, mencegah oli mesin bocor dan merembes keluar dari carter (tempat penampungan).

Artinya piranti kecil tersebut berpengaruh besar bagi keselamatan kendaraan, pengendara, hingga pengguna jalan. Jika sampai terjadi kebocoran hingga kapasitas oli menipis bahkan habis bakal terjadi gesekan langsung antar logam di dalam ruang mesin. Akibatnya komponen aus lebih cepat, suara mesin menjadi kasar, serta overheating yang berpotensi memicu kebakaran.

Juga jika terjadi kebocoran dan oli berceceran di jalan bisa membahayakan pengguna jalan lain, khususnya pengemudi sepeda motor. Mereka mungkin menginjak oli tersebut secara tidak sengaja dan akhirnya tergelincir jatuh. Dampak terburuknya bisa terjadi korban jiwa.

Foto baut dan gasket

Gasket dipasang agar penutupan sempurna dan mencegah kebocoran

Diganti saat servis

Alasan gasket oli ini diganti setiap servis adalah kualitasnya yang menurun. Dikhawatirkan karena sudah tak sebagus saat baru penyumbatan menjadi kurang sempurna dan oli mesin akhirnya merembes. Mekanik di bengkel biasanya akan langsung melakukan penggantian dan tidak menawarkan opsi kepada pelanggan. Bagi pelanggan yang melakukan penggantian oli sendiri sebaiknya juga mengganti gasket guna mengantisipasi terjadinya kebocoran.

“Gasket oil drain plug itu sekali pemakaian, gasket/ seal tersebut terbuat semacam karet yang fungsinya mencegah oli rembes,” jelas Service Advisor Wuling AJM Semarang yang namanya enggan dicantumkan, melalui pesan singkat kepada Cintamobil.com, (28/12/2020).

“Lama kelamaan akan melar. Untuk mencegah itu setiap perawatan berkala sebaiknya diganti.” tambahnya.

>>> Segini Biaya Servis Wuling Confero S Hingga Bulan ke 24

Foto biaya servis mobil Wuling Confero S bulan ke 24

Gasket Oli selalu diganti saat servis ganti oli

>>> Berita menarik lainnya terkait otomotif ada disini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top