Cari Bengkel Spesialis Nissan? Coba Datang ke 'Garage 23'

29/09/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Adakah dari Anda yang tengah mencari bengkel spesialis Nissan? Tak ada salahnya mencoba mendatangi 'Garage 23' yang sudah biasa menangani mobil-mobil Nissan.

Sebetulnya mobil Nissan sama saja dengan mobil Jepang lainnya. Bedanya,  Nissan punya karakter unik berupa SOP yang wajib diikuti dengan benar dan seksama setiap kali melakukan servis. Melanggar SOP saat servis berarti membuat masalah baru yang berpotensi menjadi masalah yang lebih besar. Itu dia sebabnya, hanya sedikit bengkel umum yang mampu menangani Nissan. Sebab yang bisa meng-“handle” Nissan ya memang harus orang Nissan. 

Terkait hal itu, Cintamobil.com memberikan rekomendasi bengkel spesialis Nissan dengan nama Garage 23 yang bermarkas di kawasan Pasar Jengkol, Serpong, Tangerang Selatan. Bagi para pengguna mobil Nissan yang tinggal di seputaran Tangerang Selatan, silakan bertandang ke bengkel yang buka praktik Senin-Sabtu mulai jam 9 pagi - jam 5 sore dan Minggu libur. Namun demikian, ada saja konsumen yang datang untuk melakukan servis atau perbaikan mendadak.    

>>> Estimasi Biaya Servis Nissan Magnite 1.0 Turbo Mulai 20.000 km  

Lulusan Diklat Nissan  

foto bengkel nissan

Selama 12 tahun belajar seluk beluk Nissan      

Bicara soal pengalaman utak-atik mobil, M Syaiful pernah menjadi mekanik bengkel resmi Toyota, Land Rover dan terakhir selama 12 tahun bersama  PT Nissan Motor Indonesia. Saat bergabung dengan NMI, M Syaiful dipercaya menjadi supervisor technical support division.

Tidak heran kalau bapak dua anak itu selalu ditugaskan untuk mengikuti kursus di markas besar Nissan di Yokohama, Jepang, antara  lain kursus sasis, kelistrikan dan pengenalan produk baru. Berbekal pengetahuan tersebut, M Syaiful bertugas membuat buletin servis yang dibagikan untuk para mekanik bengkel resmi Nissan di seluruh Indonesia. Setelah pamit dari NMI pada tahun 2015, M Syaiful lalu membuka bengkel sendiri dengan nama Garage 23.

“Asal usul nama ‘23’ dari bahasa Jepang yang artinya Ni-San,” jelas pehobi sepeda gunung itu sambil tertawa.

Awalnya, konsumen berasal dari para pemakai Nissan (segala model dan tipe) yang telah habis masa garansinya. Tidak heran kalau banyak konsumen Nissan yang berdatangan dari berbagai kawasan. Termasuk pemilik Nissan yang tinggal di Pasar Rebo, Jakarta Timur, menyempatkan untuk servis mobilnya ke bengkel milik M Syaiful tersebut.  

Dibantu pasangan mekanik kakak-beradik Angga dan Agung serta dukungan perangkat scanner khusus Nissan, Consult III, bengkel Garage 23 siap memberikan solusi untuk mobil Nissan konsumen. Selain servis ringan (ganti oli), sedang (engine tune up) hingga berat (engine overhaul,  transmission overhaul) dan perawatan berkala, bengkel Garage 23 juga menyediakan suku cadang dengan beragam kategori seperti orisinal, copotan, baru, dan NOS.  

Sejalan banyaknya kunjungan pasien dan juga semakin tingginya kebutuhan perbaikan menyebabkan  jam buka bengkel spesialis Nissan ini diperpanjang hingga menjelang tengah malam. Apalagi  konsumen yang datang pada sore hari dan mengalami banyak masalah pada mobilnya. Jadi walau pandemi, bengkel tetap ramai dengan para pelanggan.

“Sebisa mungkin mobil tidak rawat inap, kecuali menunggu suku cadang dan masalahnya kompleks,” tukas M Syaiful lebih lanjut. 

>>> Cintamobil TV: Nissan March Bisa Jadi Pilihan Alternatif Mobil Pertama

Melebarkan Sayap

 foto bengkel nissan

Kini menerima beragam merek mobil, namun tetap spesialisasi Nissan

Belakangan, pelanggan yang puas dengan layanan bengkel spesialis Nissan Garage 23 ini lalu membawa mobil lainnya. Semisal, konsumen yang semula datang membawa Nissan Elgrand kemudian minta tolong untuk perbaikan Toyota Alphard. Malah ada beberapa pemilik Range Rover yang datang ke bengkel Garage 23 untuk melakukan perawatan maupun perbaikan. Alhasil, M Syaiful melengkapi bengkelnya dengan perangkat scanner (pemindai) universal untuk mempercepat diagnosis masalah pada berbagai merek mobil . 

Sejauh ini bengkel Garage 23 belum menerima pekerjaan body repair karena keterbatasan tempat. Kalau ada konsumen yang butuh jasa body repair, diarahkan ke tempat lain yang selama ini menjadi rekanan bengkel Garage 23. Karena konsumen bertambah banyak, M Syaiful membuka “cabang” baru di lokasi yang lebih luas.

“Sebenarnya bukan cabang, tapi lahan parkir untuk mobil-mobil yang selesai servis. Tapi ya akhirnya jadi bengkel juga,” katanya. 

Nah, kalau mobil Nissan Anda membutuhkan perbaikan dan perawatan mulai ringan hingga berat, silakan arahkan kemudi ke bengkel spesialis Nissan Garage 23 di Pasar Jengkol, Serpong, Tangerang Selatan. Lokasinya tepat di samping bengkel AHASS Honda.  

>>> Mesin Nissan Grand Livina Pincang? Ini Salah Satu Penyebabnya

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top