Gak Usah ke Bengkel, Yuk Bersihkan Filter AC Mobil Sendiri

27/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Gak Usah ke Bengkel, Yuk Bersihkan Filter AC Mobil Sendiri
Membersihkan filter AC mobil sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu di rumah untuk perawatan komponen ini. Agar AC mobil Anda kembali sejuk.

Beberapa hari belakangan ini kondisi cuaca khususnya di Ibukota terasa sangat panas. Jika Anda berpergian menggunakan mobil, tentunya peranan AC mobil sangat dibutuhkan agar perjalanan menjadi lebih nyaman.

>>> Cara Bersihkan Dasbor dan Karpet Mobil

Pastinya Anda tidak mau bukan, saat harus ke kantor menggunakan mobil, tiba-tiba AC mobil terasa tidak dingin. Hanya hembusan angin yang keluar dari kisi-kisi AC mobil Anda. Mungkin ini akibat kondisi filter AC yang terlalu kotor.

Filter memang bertugas untuk menyaring udara dari luar dan membuat membuat hembusan udara dingin dari AC mobil. Bentuk komponen ini yang berongga menyebabkan banyak kotoran atau debu yang menumpuk di komponen tersebut. Kotoran yang menumpuk inilah pada akhirnya akan menyumbat kinerja AC.

>>> Banyak promo mobil baru menarik disini

Untuk bersihkan filter AC mobil sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa melakukan ini sendiri dirumah saat watu lenggang, misalnya ketika libur di akhir pekan. Yuk ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Matikan Mesin

kunci kontak mobil

Pastikan kondisi mesin mobil mati dan kunci kontak dicabut

Langkah pertama untuk bersihkan filter AC mobil adalah memastikan mesin mobil mati, dan kunci kontak dicabut. Hal ini untuk mencegah resiko timbulnya konsleting karena saat membersihkan filter AC ada beberapa bagian mobil yang harus dibongkar.

>>> Cari mobil impian disini

2. Buka Laci Dasbor

letak filter AC

Letak filter AC biasanya ada di balik dasbor

Letak filter atau saringan AC biasanya berada di bawah dasbor mobil, untuk membukanya, Anda terlebih dulu harus membuka laci mobil. Namun terkadang pada beberapa mobil, posisi filter AC ada dibagian lain. Untuk itu, sebaiknya Anda membaca lebih dulu buku panduan mobil Anda tentang letak filter AC mobil Anda.

3. Bersihkan dengan Hati-hati

perbandingan kondisi filter AC mobil

Kondisi filter AC yang kotor dan yang bersih

>>> Tips & trik perawatan mobil selalu ada disini

Jika letak filter sudah diketahui, selanjutnya dalah mengeluarkan komponen tersebut untuk dibersihkan. Sebaiknya Anda menggunakan kompresor angin untuk melepaskan debu dan kotoran yang ada di saringan AC.

Jika tidak ada, bisa gunakan sikat gigi bekas dengan bulu sikat yang lembut. Pastikan Anda berhati-hati saat bersihkan filter AC mobil. Jangan sampai serat-serat di komponen ini robek. Jika kotoran sudah sangat sulit untuk dibersihkan, sebaiknya ganti dengan filter yang baru.

>>> Baca tips Cintamobil.com lainnya hanya di sini!

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ingin AC Mobil Tetap Dingin, Hindari Kebiasaan Ini

Merokok dalam mobil, membuka jendela mobil terlalu lama saat AC bekerja, interior mobil tidak bersih adalah kebiasaan yang buruk terhadap AC mobil.

Lihat juga

4 Manfaat Dari Servis Mobil Secara Rutin

Kondisi mobil akan selalu dalam keadaan prima, menggurangi pengeluaran biaya yang lebih besar, mengurangi resiko mobil tiba-tiba mogok di jalan, umur mobil menjadi lebih panjang adalah beberapa manfaat dari servis mobil secara rutin.

Lihat juga

Empat Tanda Oli Mobil Harus Segera Diganti

Melihat kartu servis atau kartu penggantian oli, melihat tanda pengganti oli di bagian dasbor, merasakan kondisi mesin dan melihat kondisi oli mobil melalui deep stick adalah cara termudah untuk tahu kapan kita harus mengganti oli mobil.

Lihat juga

Review Volkswagen Beetle Final Edition 2019 Indonesia

25/10/2018

Editor rate:

Menarik rasanya jika membahas segala hal tentang Volkswagen seperti halnya Bettle Final Edition. Setelah cukup lama berkiprah dalam dunia otomotif sejak tahun 1949, model ikonik Beetle akan mengakhiri masa produksinya di tahun 2019 mendatang. Merayakan hal tersebut, Volkswagen menghadirkan dua Line terbaru untuk mobil bersejarah ini yakni Final Edition SE dan Final Edition SEL. Tak sabar rasanya, mari kita simak bersama review Volkswagen Beetle Final Edition 2019.

Lihat juga

Update/ Pembaruan harga mobil Mitsubishi Pajero Sport Terbaru November Di Indonesia

01/11/2020

Mitsubishi

Tentu nama Mitsubishi Pajero Sport sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Terbayang tampilan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dengan mengusung bahasa desain kokoh dan berkelas Premium. Belum lagi performanya yang mampu melibas medan-medan terjal, menjadi salah satu keunggulannya ketimbang pesaing lainnya. Berapa harga Mitsubishi Pajero Sport terbaru?

Lihat juga
 
back to top