Freon AC Habis? Kenali Ciri-Ciri dan Penyebabnya

21/04/2019
Dalam pengoperasiannya, Air Conditioner membutuhkan freon untuk mendinginkan kabin mobil. Saat freon AC habis, tentu akan mempengaruhi kinerja sistem pendingin mobil.

Air Conditioner mobil sudah menjadi fitur yang sangat krusial di dalam mobil, khususnya untuk Anda yang berada di perkotaan. Tentu Anda akan tersiksa jika AC mobil mengalami masalah, khususnya saat menghadapi kemacetan.

Cara kerja AC tak bisa lepas dari cairan kimia bernama refrigerant, atau yang biasa disebut freon. Jika freon AC habis, embusan udara yang keluar dari AC hanya berupa angin tanpa adanya hawa dingin. Freon AC memiliki masa pakai yang panjang, bahkan sampai bertahun-tahun. Hal ini dikarenakan freon bekerja atau berputar di area yang tertutup, oleh karena itu kemungkinan freon habis sangatlah kecil.

Layout AC Mercedes Benz

Habisnya freon AC membuat hembusan angin tidak lagi sejuk

>>> Bagaimana cara mendeteksi kondisi AC dengan tangan dan telinga?

Untuk mengidentifikasi freon AC habis, ada beberapa hal yang dapat dijadikan acuan. Yang paling mudah adalah membandingkan kesejukan di dalam kabin kendaraan.

Jika AC tidak sedingin sebelumnya, sekalipun kecepatan kipas sudah di posisi dua atau lebih, kemungkinan besar freon AC mobil Anda hampir habis. Selain itu, Anda juga bisa lihat dari sight glass AC, jika muncul gelembung udara berarti freon sudah hampir habis.

>>> Temukan mobil impian Anda di sini

Ada beberapa faktor atau kebiasaan yang mempengaruhi ketahanan freon AC mobil Anda, memuatnya lebih cepat habis, apa saja?

1. Penggunaan AC mobil yang terlalu sering

Tentu saja, intensitas penggunaan AC mobil tiap kali ada di dalam mobil akan mempengaruhi ketahanan freon ac mobil Anda. Akan lebih baik jika Anda sesekali mematikan AC dan membuka jendela, misalnya saat pagi hari di mana udara masih cukup segar.

2. Sering membuka jendela saat AC dinyalakan

Kebiasaan buruk saat berkendara juga dapat membuat freon AC habis, salah satunya Anda sering membuka jendela saat mengemudi padahal kondisi AC sedang dinyalakan. Kebiasaan ini dapat mempengaruhi kerja sistem pendingin mobil, dan membuat freon AC jadi lebih cepat habis. Maka, pastikan AC mati sebelum membuka kaca dalam waktu lama.

>>> Simak tips perawatan mobil di Cintamobil.com

3. Radiator yang kotor

Radiator mobil

Radiator yang bermasalah juga bisa membuat freon lebih cepat habis

Debu merupakan salah satu momok yang dapat mempengaruhi mesin kendaraan Anda. Ketika kondisi radiator dan kondensor mobil kotor, tentu saja mempengaruhi kinerja keduanya. Kotoran yang mengendap di dalamnya berpotensi membuat mesin AC berkarat, sehingga pembuangan panas tidak akan maksimal. Alhasil, penggunaan freon menjadi lebih banyak dan membuatnya lebih cepat habis.

Berikut tips perawatan Air Conditioner mobil dari kami, dengan memperhatikan kondisi freon, maka AC mobil Anda akan selalu berada dalam kondisi terbaik.

>>> Temukan tips & trik otomotif terbaru di sini

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
4

berita lain