Fitur Sederhana, Bisakah Sabuk Pengaman di Mobil Rusak?

Fitur Sederhana, Bisakah Sabuk Pengaman di Mobil Rusak?
Sabuk pengaman menjadi fitur standar keselamatan di setiap mobil. Meski bekerja secara mekanis dan tanpa adanya elektrik, sabuk pengaman ternyata juga bisa rusak.

Setiap pabrikan mobil di dunia saat ini wajib menyediakan sabuk keselamatan sebagai fitur keselamatan untuk pengemudi dan penumpang di dalam mobil. Fungsi dari sabuk pengaman sendiri dirancang agar badan pengemudi atau penumpang bisa tertahan tetap di tempatnya saat terjadi tabrakan atau mobil rem mendadak. Sabuk pengaman mempunyai manfaat yang besar untuk kondisi yang tidak diinginkan oleh pengemudi dan penumpang. Jangan pernah anggap remeh fitur keselamatan ini.

>>> Baca juga, Awas Bahaya! Pemasangan Sabuk Pengaman Anak yang Salah Bisa Berakibat Fatal

Bahkan di Indonesia telah diatur dalam UU Nomor 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam pasal 61 ayat 2 dinyatakan bawha pemakai kendaraan roda empat atau lebih berkewajiban menggunakan sabuk pengaman. Bila terbukti tidak memakai sabuk pengaman saat berkendara, maka akan dipidana kurungan penjara paling lama 1 bulan atau denda sebesar Rp 1 juta.

Sabuk pengaman punya peran vital dalam keselamatan

Terlihat dalam uji tabrak bahwa sabuk pengaman punya peran vital terhadap keselamatan pengemudi dan penumpang

Mengingat perannya yang sangat vital, maka pemilik mobil harus menjaga kondisinya tetap baik. Namun selama ini mungkin banyak yang menganggap bahwa sabuk pengaman tidak bisa rusak karena cara kerjanya yang sederhana dan tanpa adanya bantuan sistem elektrik. Tapi ternyata pemikiran tersebut salah. Sabuk pengaman bisa rusak bila mobil pernah mengalami kecelakaan dan telah bekerja secara maksimal menahan tubuh pengemudi dan penumpang.

Hal ini menjadi penting ketika Anda berencana membeli mobil bekas. Jangan pernah menganggap bahwa sabuk pengaman tidak perlu dicek. Salah satu cara untuk mengetahui apakah sabuk pengaman pada mobil bekas incaran Anda sudah rusak atau belum adalah sabuk tidak bisa menggulung kembali seperti semula ketika Anda tarik. Hal ini terjadi karena saat kecelakaan, sabuk pengaman bekerja menahan pengemudi dan penumpang dan otomatis sabuk akan terkunci di posisi terakhir, sehingga tidak bisa menggulung kembali.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips mengemudi lainnya ada di sini

Salah satu komponen sabuk pengaman yang bisa rusak

Komponen yang menggulung sabuk pengaman bisa rusak bila mobil pernah kecelakaan

Lantas bagaimana bila pada mobil bekas yang Anda incar ternyata sabuk pengaman sudah rusak? Apakah bisa diperbaiki? Ternyata tidak bisa. Jadi bila sabuk pengaman sudah rusak, maka Anda harus mengganti fitur keselamatan ini dengan yang baru. Meski sabuk pengaman bukan komponen yang jarang rusak, bukan berarti sabuk pengaman tidak dijual komponennya. Biasanya bengkel resmi menjual spare part ini sepaket, sehingga tidak bisa membeli komponen dalamnya saja atau secara satuan.

 
back to top