Fitur ‘Pertama di Dunia” Mercedes-Benz Actros dan Arocs: Electro Hydraulic Servotwin Steering

28/06/2019
Sudah lama diperkenalkan di negara asalnya, Mercedes-Benz akhirnya memperkenalkan dua truk baru mereka di Indonesia. Mercedes-Benz Actros dan Mercedes-Benz Arocs. Dipenuhi berbagai sistem dan teknologi terbaru Mercedes, keduanya juga menjadi truk 8x4 pertama di dunia dengan sistem Electro Hydraulic Servotwin Steering.

Bertujuan untuk memulai fase baru bisnis truk mereka di Indonesia, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) memperkenalkan Mercedes-Benz Actros dan Mercedes-Benz Arocs. Dengan teknologi truk paling baru dari Mercedes-Benz, pengembangan baru memberikan fitur anyar Actros dan Arocs, yaitu Electro Hydraulic Servotwin Steering.

Mercedes-Benz Actros dan Arocs berwarna putih dan merah
Mercedes-Benz Actros dan Arocs yang baru saja diluncurkan

Dalam peresmian di ICE BSD, Serpong, Jung Woo Park selaku Marketing Director DCVI mengungkapkan, “Kedua truk ini memadukan teknologi mutakhir Mercedes-Benz serta komponen yang sudah diuji dalam kondisi berat, seperti mesin, transmisi, as roda, serta desain aerodinamis yang baru. Semua inovasi dan desain cerdas ini membuat Actros dan Arocs menjadi truk berat paling efisien di dunia.”

>>> Mobil Sulit Distarter? Mungkin Ini Penyebabnya

Mesin OM 460 LA 6 silinder segaris Euro III memberikan keunggulan ekonomis dengan konsumsi bahan bakar 4% lebih rendah dibandingkan model sebelumnya. Dan yang paling baru adalah sistem Electro Hydraulic Servotwin Steering, disebut sebagai yang pertama digunakan untuk truk 8x4 di seluruh dunia. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengemudi saat mengoperasikan truk dengan dengan muatan berat.

Sistem kemudi Servotwin untuk kendaraan berat ini merupakan hasil kombinasi inovatif dari sistem kemudi RB-Servocom dengan kombinasi unit kontrol listrik berbasis platform. Dikembangkan oleh Bosch, sistem ini menawarkan bantuan kemudi berbasis kecepatan dengan berbagai fungsi bantuan pengemudi untuk pengemudian semi-otomatis.

>>> Dapatkan berbagai penjelasan tentang teknologi di dalam mobil hanya di sini

 gambar ilustrasi sistem Electro Hydraulic Servotwin Steering
Cara kerja sistem Electro Hydraulic Servotwin Steering milik Actros dan Arocs

Sistem ini menggunakan sirkuit listrik yang menggantikan sirkuit hidrolik kedua yang sebelumnya diperlukan untuk kendaraan komersial. Dengan power steering yang lebih rendah saat bermanuver dan parkir bersamaan dengan pengembalian kemudi aktif, tenaga yang dibutuhkan pengemudi pada kemudi berkurang cukup drastis.

Selain Electro Hydraulic Servotwin Steering, Mercedes-Benz Actros dan Arocs juga menggunakan berbagai sistem pendukung seperti Anti-lock Braking System (ABS), Anti Slip Regulation (ASR), sistem keselamatan Active Brake Assist 4, Proximity Control Assist, hingga Lane Keeping Assist untuk menurunkan resiko kecelakaan bagi pengemudi.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain