Fitur-Fitur Head Unit Mobil yang Bisa Anda Tambah Sendiri

11/04/2021

Perawatan dan service

3 menit

Fitur-Fitur Head Unit Mobil yang Bisa Anda Tambah Sendiri
Fitur-fitur head unit pada mobil yang bisa Anda tambah sendiri. Mulai dari fitur keamanan, utility, hingga entertainment semuanya bisa ditambah untuk mobil Anda.

Head unit mobil merupakan bagian interior mobil yang cukup penting. Dengan adanya head unit mobil, tampilan interior mobil menjadi lebih menarik dengan adanya head unit yang berada di dashboard mobil. Untuk mobil-mobil baru, tentunya sudah dilengkapi dengan head unit yang canggih. Tetapi jika Anda membeli mobil bekas, head unit pada mobil biasanya perlu dipasang sendiri.

Namun, tahukah Anda kalau dengan memasang head unit pada mobil sendiri, Anda bisa menambahkan fitur-fitur menarik untuk mobil Anda. Tentu saja hal ini akan membuat fitur head unit di mobil Anda lebih bervariatif. Dikarenakan biasanya perusahaan otomotif yang mengeluarkan mobil dengan head unit membatasi fitur-fitur yang ada di mobil. 

Fitur Head Unit Mobil yang Bisa Ditambah Sendiri

Untuk Anda yang baru saja membeli mobil bekas dan tidak dilengkapi dengan head unit, Anda bisa menambahkan fitur baru agar kendaraan terasa lebih eksklusif. Sehingga head unit mobil jauh memiliki lebih banyak fungsi dibandingkan radio mobil biasa. Inilah yang membuat masyarakat beralih memasang head unit dan meninggalkan radio biasa. Berikut ini adalah fitur-fitur head unit pada mobil yang bisa Anda tambah sendiri.

Gambar menunjukkan head unit mobil

Anda bebas menambah fitur head unit pada mobil

1. Proteksi terhadap Pencurian

Salah satu fitur penting pertama adalah proteksi mobil terhadap pencurian. Saat ini, head unit yang dijual di pasaran sudah banyak yang dilengkapi dengan alarm dan juga GPS. Fungsi ini akan sangat berguna jika terjadi percobaan pencurian terhadap mobil Anda. GPS bisa digunakan untuk melakukan tracking lokasi mobil Anda, dan alarm akan memperingatkan Anda ketika terdapat tindakan pencurian.

2. Sambungan Wi-Fi

Gambar menunjukkan desain bagian head unit mobil

Memasitkan jaringan WiFi pada mobil memiliki koneksi cepat 

Fitur head unit lain yang sangat berguna adalah adanya sambungan wi-fi pada head unit. Fitur ini bermanfaat sekali terutama di era digital saat ini. Anda bisa membeli head unit di pasaran yang sudah tersedia slot kartu GSM. sehingga Anda bisa mendapatkan sambungan wi-fi ketika Anda mengendarai kendaraan. Sambungan wi-fi akan bermanfaat ketika dihubungkan dengan aplikasi lain seperti Maps, Spotify, bahkan Youtube untuk hiburan Anda di dalam mobil.

3. OS Android

Tidak sedikit head unit yang dijual di pasaran saat ini memiliki OS Android. Dengan adanya OS Android, Anda bisa menginstal bermacam-macam aplikasi yang Anda perlukan. Mulai dari aplikasi untuk hiburan, hingga utility. Ini akan sangat bermanfaat jika Anda banyak menghabiskan waktu di mobil.

>>> 5 Cara Memilih Kabel untuk Koneksi Android Auto yang Bagus

4. Pengaturan Stereo

Rasanya kurang lengkap jika di mobil tidak terdapat stereo dengan kualitas suara yang bagus. Head unit juga bisa dikoneksikan dengan stereo mobil Anda. Sehingga Anda bisa mengatur suara di dalam kabin mobil Anda. Pengaturan ini tentunya lebih mudah dibandingkan dengan cara manual pada head unit seperti sebelumnya.

5. Fitur MP3 dan TV

Gambar menunjukkan head unit pada mobil

Audio pada mobil bisa diubah sesuai selera 

Fitur tambahan lain yang bisa Anda tambahkan adalah fitur MP3 dan TV. Kedua fitur tersebut bisa Anda tambahkan sendiri pada head unit mobil Anda. Dengan menggunakan MP3, akan memudahkan Anda yang tidak memiliki langganan aplikasi musik. Tetapi Anda perlu menambahkan musik sendiri melalui SD Card yang juga bisa Anda masukkan ke port head unit. Untuk TV, ini bisa menjadi hiburan ketika Anda harus berkendara jauh tetapi terjebak macet yang cukup lama.

6. Fitur Mirroring

Fitur mirroring adalah salah satu fitur sederhana tetapi memiliki banyak manfaat. Anda bisa melakukan mirroring dari gadget atau laptop Anda ke head unit pada mobil, sehingga Anda bisa mendapatkan tambahan layar ketika mungkin Anda perlu menyelesaikan pekerjaan secara darurat di mobil. Atau mungkin ketika Anda membutuhkan hiburan menonton film kesukaan, Anda tidak perlu dipusingkan dengan login aplikasi. Anda hanya tinggal mirroring dari gadget atau laptop Anda.

>>> Head Unit Pioneer Android SDA-835TAB, Layarnya Bisa Dicopot Pasang!

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Memasang Head Unit pada Mobil 

Dengan banyaknya fitur yang bisa Anda tambahkan sendiri, fungsi head unit pada mobil akan semakin beragam. Anda bisa memanfaatkan head unit untuk keamanan, bahkan untuk hiburan sekalipun. Ada beberapa tips yang harus Anda pahami sebelum memasang head unit untuk mobil Anda.

Gambar menunjukkan bagian interior dari mobil

Pemasangan head unit pada mobil sesuai selera pemilik kendaraan

>>> Cara Setting Audio Mobil yang Benar dan Mudah Pada Head Unit Standar

Poin pertama adalah pastikan Anda membeli head unit yang kemampuannya mencukupi dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja Anda membutuhkan head unit untuk hiburan dan keamanan, maka pilih head unit yang memiliki sistem operasi memadai agar kinerjanya tidak lambat atau sering nge-lag. Untuk mengetahui apakah sistem operasi bekerja atau tidak, Anda bisa memeriksa aplikasi yang ingin diinstal, lalu pastikan sistem operasi apa yang diperlukan agar aplikasi bisa berjalan dengan baik.

Poin selanjutnya adalah pemasangan. Pada proses pemasangan, pastikan Anda memilih bengkel professional. Maka kerusakan atau kesalahan pemasangan pada head unit akan berkurang. Anda juga perlu mengetahui bagaimana bengkel pemasangan mengatur kelistrikan dari head unit agar ketika terjadi konslet atau kerusakan, agar bisa melakukan komplain dengan jelas.

Kebanyakan bengkel abal-abal yang memasang head unit kurang memperhatikan kelistrikan dan asal melakukan pemasangan. Sehingga head unit sering mengalami ketidakstabilan ketika digunakan sambil mobil berjalan atau bahkan rusak padahal baru saja dipasang.

Gambar menunjukkan head unit mobil dengan fitur audio

Audio tape pada mobil yang memiliki fitur canggih 

Poin terakhir yang paling penting adalah ketika Anda memutuskan untuk memasang head unit, belilah yang sesuai dengan ukuran dashboard mobil Anda. Jika memiliki mobil dengan dashboard single line, maka pilihlah yang sesuai ukuran dashboard single line. Jika terlalu besar, head unit tidak akan bisa terpasang dengan sempurna.

Demikian fitur-fitur head unit mobil yang bisa Anda tambahkan sendiri, terutama bagi yang baru saja membeli mobil bekas, Anda bisa mempertimbangkan fitur-fitur di atas agar mobil Anda terlihat lebih keren.

>>> Awas Bahaya! Head Unit Mobil Berpotesi Jadi Penyebab Kecelakaan

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top