Ferrari F8 Tributo Dari Novitec, Suara Menggelegar Dengan Bodi Lebar

06/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Memang, Ferrari 296 GTB adalah "anak baru" dari sang kuda jingkrak. Tapi, tuner asal Jerman ini mengingatkan kita bahwa F8 Tributo masih ada dan tetap brilian.

Ferrari F8 Tributo meluncur dari lantai pabrik di Modena dengan 710 HP dari mesin V8 3,9 liter twin-turbocharged, dan kemampuan untuk mencapai 60 mil per jam hanya dalam 2,9 detik. Ini cukup cepat. Tetapi, bagi Novitec itu masih belum cukup.

Gambar fascia F8 N-Largo

Fascia F8 menjadi lebih agresif dengan sentuhan dari Novitec

Novitec pun melakukan modifikasi pada F8 dengan mengaplikasikan body kit yang lebih agresif, exhaust system yang lebih menggelegar, tune ECU yang menghasilkan tenaga lebih besar, serta mempermanis kaki-kaki dengan velg dan lowering kit. Hasilnya, lahirlah versi N-Largo yang lebih lebar dan lebih kencang.

N-Largo Dari Novitec

Julukan N-Largo sudah biasa disematkan pada jajaran Ferrari yang dimodifikasi oleh tuner asal Jerman ini. Mereka juga tidak asal menjualnya, untuk versi F8 Tributo, Novitec hanya berencana untuk memproduksi 15 unit F8 Tributo N-Largo.

>>> Tips Bikin Mobil Kinclong Selama PPKM, Tak Perlu ke Salon Mobil!

Body kit N-Largo untuk F8 ini dirancang oleh desainer Jerman, Vittorio Strosek yang mengubah tampilan bumper depan dan belakang, penambahan hood scoop baru, serta spoiler ducktail untuk downforce tambahan.

Gambar F8 Tributo N-Largo

Tak main-main, mobil ini dikembangkan di terowongan angin

Semua tambahan tersebut telah dikembangkan di terowongan angin dan mengurangi daya angkat aerodinamis, sekaligus meningkatkan pendinginan untuk mesin V8 yang terpasang di tengah mobil dan sistem pengereman.

Tak ketinggalan, empat buat velg forged Vossen NF10 dengan dimensi 21 inci untuk bagian depan dan 22 inci di belakang. Untuk mendapatkan stance yang sempurna, Novitec juga menggunakan paket lowering kit yang dikembangkan bersama KW yang menurunkan tinggi mobil ini sebanyak 35mm.

Tenaga 818 HP

Dalam hal performa, Novitec mengubah mesin V8 twin-turbocharged F8 untuk menghasilkan tenaga 818 HP dan torsi 930 Nm, peningkatan 108 hp dan 160 Nm dibanding versi standarnya. Peningkatan tersebut dicapai melalui tuning ECU yang lebih agresif, serta penggunaan exhaust system berbahan inconel.

>>> Bugatti Bakal Bikin Mobil Listrik Bersama Rimac, Sekencang Apa?

Gambar buritan F8 N-Largo

Dengan exhaust system berbahan inconel, dipastikan suara mobil ini menggelegar!

F8 Tributo N-Largo dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 2,6 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 340 km/jam. Semua tenaga tambahan itu disalurkan melalui transmisi 7-percepatan. Soal harga, Novitec masih belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai mobil hasil modifikasi mereka satu ini.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top