Evaporator AC Mobil Berlendir Penyebab Kabin Jadi Panas dan Bau Apek

24/02/2021

Perawatan dan service

5 menit

Evaporator AC mobil adalah komponen yang cukup penting bagi kinerja AC di mobil Anda. Jika komponen ini dibiarkan hingga kotor bahkan sampai berlendir, maka AC mobil jadi terasa panas dan tercium bau apek.

Evaporator AC mobil adalah satu komponen yang terhubung dengan AC pada kendaraan Anda. Apabila komponen ini mengalami masalah, maka bisa dipastikan AC mobil juga akan bermasalah. Satu diantaranya AC yang terasa tidak dingin bahkan hanya keluar angin saja dan tercium bau yang tidak sedap.

Padahal disatu sisi peranan AC alias Air Conditioner pada sebuah mobil cukup penting. Di kala cuaca panas, maka AC akan membuat suhu kabin lebih sejuk sehingga berkendara juga semakin nyaman. Sebaliknya ketika cuaca di luar ujan, maka AC juga bisa berfungsi untuk mencegah munculnya embun di kaca untuk menjaga visibilitas dalam berkendara.

>>> AC Schnitzer Upgrade Performa Toyota GR Supra A90 Hingga Bertenaga 400 Hp

Fungsi Evaporator AC Mobil

Evaporator untuk AC Mobil

Evaporator bertugas memberikan hawa sejuk pada AC

Supaya AC mobil bisa bekerja untuk memberikan hawa sejuk ke kabin maka butuh sebuah rangkaian beberapa komponen. Mulai dari kompresor, blower, evaporator, hingga freon. Nah yang kali ini kita akan bahas hanya komponen bernama evaporator. Evaporator mobil berfungsi untuk mengeluarkan udara sejuk dan dingin di dalam mobil.

Saat AC mobil dihidupkan, maka komponen evaporator tersebut akan mengalami pengkabutan di area ekspansi. Proses ini disebut dengan katup ekspansi. Selanjutnya pengkabutan tersebut akan disalurkan dalam bentuk udara yang memiliki suhu dingin.

Lantas komponen blower nantinya akan menghembuskan udara yang akan melewati bagian sisi evaporator. Saat mengenai evaporator mobil inilah udara yang dihembuskan blower menjadi terasa dingin lantas keluar dari kisi-kisi AC mobil dan membuat kabin terasa lebih sejuk.

>>> Mematikan AC Bisa Jadi Solusi Agar Mobil Lebih Bertenaga di Tanjakan

Awas Evaporator Mobil Berlendir

Evaporator Mobil Kotor

Evaporator yang kotor lama kelamaan akan berlendir dan timbul korosi

Meskipun tugasnya penting, sayangnya evaporator AC mobil bersifat terbuka sehingga debu dan kotoran dapat dengan mudah ikut terhisap komponen ini. Jika lama kelamaan kondisi tersebut dibiarkan, maka akan menyebabkan evaporator jadi kotor bahkan sampai berlendir. Saat musim hujan seperti saat ini juga ternyata ikut berpengaruh pada evaporator mobil. Keadaan udara yang lembab dapat membuat evaporator menjadi berlendir hingga keropos dan mengalami kebocoran.

"Jika evaporator kotor maka akan menimbulkan bau pada AC mobil. Selain itu, kondisi AC yang bau ketika mengenai pewangi mobil yang berbahan parafin juga dapat menambah timbulnya bau apek. Pada musim hujan seperti sekarang, evaporator juga menjadi lembab kemudian berlendir hingga mengakibatkan korosi lalu timbul kebocoran," ujar Ko Lung Lung, Owner bengkel Dokter Mobil, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (23/02/2021).

>>> Review Daihatsu Hi-Max PU 1.0 STD AC PS 2016: Andalkan Dimensi Mungil

Rutin Bersihkan Evaporator Mobil Tiap 20.000 Km

Memberishkan Evaporator AC Mobil

Sebaiknya bersihkan tiap 2-3 bulan sekali jika mobil setiap hari digunakan

Ko Lung Lung pun memberikan tips untuk menjaga kebersihan evaporator AC mobil. Menurut dia, idealnya evaporator mobil dibersihkan setiap 2-3 bulan sekali atau 20.000 Km. Namun Ko Lung Lung menyarankan disaat pandemi seperti saat ini untuk membersihkan evaporator sebulan sekali untuk mencegah bakteri dan virus yang menempel.

"Untuk perawatan atau cuci evaporator saat pandemi seperti sekarang saya sarankan satu bulan sekali. Kalau bisa sekaligus disemprotkan desinfektan agar terbebas dari kotoran maupun virus sehingga udara yang dihirup juga bersih dan sehat," tutupnya.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top