Empat Tanda Oli Mobil Harus Segera Diganti

Share this post:
Empat Tanda Oli Mobil Harus Segera Diganti
Melihat kartu servis atau kartu penggantian oli, melihat tanda pengganti oli di bagian dasbor, merasakan kondisi mesin dan melihat kondisi oli mobil melalui deep stick adalah cara termudah untuk tahu kapan kita harus mengganti oli mobil.

Oli atau pelumas mesin adalah cairan atau fluida di dalam mesin yang berfungsi untuk melindungi mesin saat bekerja, mendukung performa mesin dan menghindari kerusakan mesin saat mesin dijalankan. Oleh karena itu, Anda harus mengganti oli tepat pada waktunya. Namun kapan adalah waktu tepat untuk mengganti oli mobil? Berikut ini, cintamobil.com memperkenalkan cara-cara untuk mengetahui oli mobil harus segera diganti.
 

Mengganti oli mobil

Mengganti oli pada tepat waktu

Ada empat cara mudah untuk mengetahui kapan oli harus diganti.

1. Melihat kartu servis

Cara pertama juga adalah cara termudah adalah melihat kartu servis atau kartu penggantian oli. Biasanya setelah melakukan servis, pihak bengkel akan memberikan sebuah kartu di dalamnya sudah ditulis tanggal ganti oli. Biasanya, oli mesin diganti setiap 5 ribu kilometer hingga 10 ribu kilometer.
 

Gambar Kartu servis mobil
Melihat kartu servis mobil

2. Melihat bagian panel indikator

Untuk mobil-mobil yang dibuat dekat-dekat ini, di bagian panel indikator sudah terdapat tanda pergantian oli. Jika tanda ini menyala berarti sudah sampai waktunya untuk mengganti oli.
 

Gambar bagian indikator mobil
Melihat bagian panel indikator mobil
 

>>> Baca juga: Kapan waktunya ganti minyak rem?
 

 

3. Merasakan kondisi mesin 

Cara lain adalah dengan merasakan kondisi mesin. Jika suara mesin lebih kasar dari biasanya berarti mesin sudah menandakan bahwa Anda harus mengganti oli secepatnya.
 

mengecek kondisi oli mesin dengan deep stick
Melihat kondisi oli mobil
 

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang tips dan trik merawat mobil
 

4. Melihat kondisi oli mobil

Cara terakhir adalah melihat kondisi oli mobil melalui deep stick. Saat membuka kap mesin, biasanya ada deep stick yang terhubung dengan tangki mobil. Kondisi oli mesin bisa dilihat jika deep stick tersebut dicabut. Oli perlu ditambah kalau deep stick tidak mencapai batas yang ditentukan. Oli harus segera diganti bila warnanya sudah menjadi hitam pekat dan berair.
>>> Untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil, klik sini

Share this post:
 
back to top