Efek Jangka Panjang Membersihkan Debu Mobil Menggunakan Kemoceng

10/01/2019

Perawatan dan service

4 menit

Efek Jangka Panjang Membersihkan Debu Mobil Menggunakan Kemoceng
Biasanya, kemoceng digunakan untuk membersihkan debu pada perabotan. Tetapi, jangan sampai Anda membersihkan debu mobil menggunakan kemoceng. Apa sebabnya?

Debu adalah salah satu masalah yang ditemukan pada benda-benda yang sudah lama tidak dibersihkan. Dan kemoceng hadir sebagai salah satu benda yang digunakan untuk membersihkan debu. Meskipun begitu, jangan pernah membersihkan debu mobil menggunakan kemoceng. Pasalnya, efek buruknya tidak langsung Anda rasakan, tetapi menumpuk untuk jangka panjang.

mobil sedan berwarna hitam yang berdebu

Mobil berdebu? Hindari membersihkannya dengan kemoceng

Dilansir dari CNN Indonesia, Kepala Bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta Dolf Valentino menjelaskan bagaimana membersihkan debu yang menumpuk pada eksterior mobil bukanlah hal yang baik dilakukan. Tidak hanya menggores kaca, menggunakan kemoceng bisa berakibat buruk pada cat bodi mobil.

>>> Suka Bermain Off-road? Hati-hati Bekas Lumpur Berbahaya Untuk Cat Mobil

"Debu yang ada di permukaan kaca atau cat itu sebenarnya terdiri dari partikel-partikel debu yang sangat halus dan menumpuk pastinya," jelas Dolf. "Jika terkena kemoceng tadi secara tidak langsung kita bisa menggores permukaan baik cat maupun kaca dalam waktu yang cukup lama, tidak terasa dan tidak terlihat dengan kasat mata, apalagi jika mobil masih baru.”

membersihkan mobil berwarna maroon dengan kemoceng

Membersihkan mobil dengan kemoceng ditakuti akan menggores mobil

Karena itu, menurut Dolf, cara terbaik membersihkan mobil yang tertutup debu adalah dengan membilas dengan air dan kain microfiber. "Siram secara lengkap dan basuh dengan kain seperti Kanebo dan perangkat cuci lain yang ada," jelas Dolf.

>>> Dapatkan beragam tips perawatan mobil selengkapnya hanya di Cintamobil

Meskipun membersihkan mobil dengan kemoceng tidak membutuhkan waktu yang banyak, tetapi jangan heran jika mobil Anda mendapatkan ‘bekas luka’. Basuh mobil dengan seksama dan bilas dengan kain microfiber untuk hasil akhir yang lebih bersih. Jika perlu, Anda bisa menggunakan sabun untuk membuat eksterior mengkilap seperti sedia kala.

sebuah tangan membilas mobil hitam

Bilas mobil dengan seksama untuk menghilangkan debu

Setelah ini, hindari untuk membersihkan debu mobil dengan benda-benda yang kasar, bahkan kemoceng. Walaupun lebih banyak waktu yang digunakan, gunakan air serta bilas mobil dengan baik dan benar. Jika tidak, Anda akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk memperbaiki goresan yang muncul pada cat bodi mobil Anda.

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top