5 Konsep Double Cabin Modifikasi yang Terlihat Ganteng

06/03/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
5 Konsep Double Cabin Modifikasi yang Terlihat Ganteng
Jika Anda bingung mau membangun double cabin modifikasi seperti apa yang terlihat ganteng tapi sesuai selera, berikut ini setidaknya ada 5 konsep modifikasi double cabin yang berbeda-beda.

Double cabin modifikasi rasanya menjadi hal yang cukup mudah ditemui dari para pemilik pick up kabin ganda ini. Sebab mobil-mobil tersebut sejatinya adalah kendaraan komersial perusahaan untuk mengangkut berbagai barang, misalnya hasil tambang atau hasil perkebunan. Tapi bagi sebagian orang, sosok mobil double cabin yang terlihat macho, membuat mobil ini juga dimiliki perseorangan.

Bisa jadi Anda juga satu dari sekian banyak pemilik mobil double cabin seperti Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, Nissan Navara, Isuzu D-Max, atau Ford Ranger. Nah supaya mobil tersebut tidak tampil ala mobil pekerja, maka bisa lakukan modifikasi mobil double cabin yang ciamik.

Untuk itulah kali ini Cintamobil.com akan mengulas beberapa konsep modif mobil double cabin yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera.

>>> Truk Bertenaga Hampir 3.000 Hp Meledak di Atas Mesin Dyno

1. Modifikasi Double Cabin 4x4 Overland

Modifikasi Double Cabin Overland

Mobil dibuat untuk kebutuhan touring dan camping

Konsep modifikasi mobil double cabin 4x4 bergaya overland biasanya mengacu pada mobil-mobil yang sering dipakai untuk kebutuhan toruring atau berkemah di pegunungan. Tema utamanya memang tetap modifikasi bergaya offroad, tapi konsepnya outback touring atau yang juga di dunia offroad dikenal dengan istilah overland.

Untuk membuat double cabin modifikasi bergaya overland ini, maka Anda harus mengganti suspensi standar dengan paket suspension lift supaya bodi mobil makin tinggi sehingga mudah menerjang berbagai medan saat diajak touring. Jangan lupa juga ganti ban standar dengan ban tipe All Terrain. Bemper depan dan bemper belakang juga boleh diganti dengan dilengkapi bullbar.

Lalu biar lebih lengkap, bisa pasang juga winch di bemper depan, dan towing bar pada bemper belakang. Terakhir yang paling penting adalah memasang roof tent dan awning sebagai tempat untuk berkemah ketika sedang touring.

2. Modifikasi Mobil Double Cabin Offroad Expedition

Modifiksi Toyota Hilux Double Cabin

Modifikasi bergaya offroad yang cukup ekstrim

>>> Ingin Meminang Strada Triton Bekas Tambang, Simak Dulu Tips Dari Julian Johan

Masih dari tema konsep membangun double cabin modifikasi offroad, namun yang ini lebih advance daripada konsep overland. Karena mobil bukan hanya dipakai untuk fun touring namun untuk menjelajah ke alam liar.

Akibatnya, pemakaian komponen dan aksesoris offroad juga wajib lebih high quality. Misalnya suspensi yang kualitasnya lebih baik dipadu ban yang ukurannya lebih ekstrim. Kemudian bemper depan dan belakang juga dipilih dari bahan lebih baik, serta menggunakan winch yang kekuatannya lebih besar.

Selanjutnya bisa tambahkan juga pemasangan snorkel, lampu tempak di bemper depan dan atap bagian depan, serta memenuhi bak belakang dengan derijen untuk air serta bahan bakar cadangan. Jangan lupa juga pilih final gear lebih kasar supaya mobil mudah merambat di jalan-jalan menanjak ekstrim.

3. Double Cabin Modifikasi OEM Look

Modifikasi Ford Ranger Double Cabin

Pakai aksesoris yang memag peruntukan mobil tersebut

Kalau Anda tipe orang yang tak ingin mobilnya tampil terlalu garang, maka bisa aplikasikan mobil double cabin modif OEM Look. Yaitu tampilan mobil seolah-olah masih original, padahal ada beberapa part tambahan yang sudah terpasang.

Misalnya utnuk modifikasi mobil Hilux double cabin, bisa pakai beberapa aksesoris dari TRD yang memang dikhususkan untuk Toyota Hilux. Atau untuk modif mobil double cabin dari Ford Ranger, Anda bisa padupadankan beberapa aksesoris dari Ford Ranger yang ada di negara lain.

Dengan kombinasi yang tepat, mobil double cabin modif OEM Look ini juga bisa tampil keren bahkan masih asik dipakai sehari-hari menemani aktifitas Anda.

>>> Modifikasi Toyota Hilux Spek Balap Reli Dakar Ini Dijual, Minat?

4. Double Cabin Modifikasi Performance

Modifikasi Isuzu D-Max Double Cabin

Cukup banyak juga double cabin yang dibuat mobil drag race

>>> Review Ford Ranger 2.2 XLT 2021: Rajanya Double Cabin Telah Kembali

Kalau modifikasi mobil double cabin berikut ini kami referensikan buat Anda yang lebih menyukai mobil-mobil berperforma tinggi. Mengingat mobil pick up kabin ganda umumnya dibekali mesin bertenaga, maka tidak sulit untuk membuatnya jadi sanggup berlari kencang.

Fokus ubahannya tentu ada di sektor mesin, yakni dengan cara melakukan remap ECU, memasang piggyback, melancarkan saluran udara masuk, mengganti sistem knalpot, sampai mengganti turbo yang lebih besar dan upgrande intercooler.

Tapi setelah melakukan modifikasi di sisi mesin, jangan lupa juga untuk meningkatkan performa pengereman dan kaki-kaki. Antara lain dengan memasang Big Brake Kit (BBK), mengganti suspensi yang lebih rigid misalnya pakai model coilover, dan mengganti ban dengan grip lebih baik.

5. Double Cabin Modifikasi DUB Style

Modifikasi Double Cabin DUB Style

Biasanya berkiblat paka pick up di Amerika

Untuk tema mobil double cabin modif yang terakhir ini biasanya disukai oleh mereka yang ingin tampil beda dan jadi pusat perhatian di jalan raya. Sebab mobil yang sejatinya cocok di pakai di tanah, malah diubah jadi center of attention di perkotaan.

Caranya yaitu dengan memasang velg ukuran besar berpadu ban profil tipis. Biar penampilan makin nendang, pilih saja velg diameter 21-24 inci dengan finishing chrome. Lantas buat mobil tersebut makin lekat ke aspal. Caranya bisa terapkan sistem suspensi udara supaya bisa ceper ekstrim tapi juga tidak merepotkan saat dikendarai.

Langkah berikutnya Anda bisa pasang audio video system di mobil, bahkan kalau perlu bak belakang disulap untuk meletakkan beberapa speaker subwoofer, power amplifier, dan juga monitor. Terakhir, cat ulang bodi mobil tersebut dengan cat warna-warna glossy. Kalau sudah begini, kami jamin Anda akan jadi psuat perhatian di tengah kota.

Itu tadi beberapa cara modifikasi mobil double cabin 4x4 yang bisa berubah penampilannya bukan seperti mobil pekerja keras lagi. 

>>> Temukan juga tips dan trik menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi mobil double cabin jadi offroad?
Untuk memodifikasi mobil double cabin bergaya mobil offroad, Anda harus menyiapkan dana cukup besar. Karena komponen dan aksesoris mobil offroad harganya tidka murah. Untuk satu set suspension lift misalnya, dalam kondisi baru untuk merk yang ebrkualitas harganay mulai dari Rp 15 juta. Belum lagi velg offroad, dan ban All terrain atau Mud Terrain yang sepasang antara velg dan ban ini untuk satu buahnya di harga mulai dari Rp 10 juta.
Mobil double cabin bisa dibuat ceper tanpa suspensi udara?
Untuk membuat mobil double cabin yang ceper tanpa pakai suspensi udara (air suspension) memang bisa. Caranay dengan custom per dan shock dari mobil lain.
Mobil double cabin bekas tambang masih layak di modifikasi?
Semua mobil sebenarnya masih layak untuk dimodifikasi, namun yang perlu diperhatikan, sebelum memulai proses modifikasi, sebaiknya kembalikan dulu kondisi kendarana tersbeut akan kembali prima. Mulai dari bodinya jangan sampai ada karat atau keropos, mesinnya biar kembali bugar, dan suspensinya bisa bekerja optimal lagi.
Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top