Dealer Resmi atau Bengkel Umum, Mana Yang Paling Direkomendasikan?

13/07/2019

Perawatan dan service

10 menit

Share this post:
Dealer Resmi atau Bengkel Umum, Mana Yang Paling Direkomendasikan?
Jika Anda disuruh memilih, apakah lebih baik servis mobil di bengkel resmi atau bengkel umum? Pertanyaan sederhana tapi cukup besar dampaknya. Entah itu pada aspek finansial yang menjadi lebih terkuras habis atau kendaraan malah sering bolak-balik bengkel karena penyakit mobil tak kunjung membaik. Secara khusus Cintamobil.com akan membahas keduanya, dealer resmi atau bengkel umum, mana yang lebih kami rekomendasikan.

Serba-Serbi Dealer Resmi

Kita semua sepakat bahwa bengkel resmi adalah bengkel dari pihak Agen Pemegang Merek (APM). Tentu saja yang mereka layani hanya dikhususkan untuk produk yang mereka jual. Sebut saja, Toyota yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat, dealer resminya sudah tersebar di banyak kota. Perbaikan Avanza hingga Alphard, akan mereka layani di dealer resmi Toyota.

Dealer resmi mobil Toyota menyediakan layanan servis yang diklaim lebih mahal dibanding bengkel umum

Salah satu contoh Dealer resmi milik Toyota

Tapi tak jarang juga dari banyak merek, dealer resmi selalu dikaitkan akan harga jasa servis yang mahal. Mengapa begitu? Ada beberapa alasan menarik yang Cintamobil.com temui.

1. Tenaga Kerja Khusus

Ya, di setiap dealer resmi mobil, akan didapati banyak montir yang sudah mendapat sekolah khusus sebelumnya. Semua model dari merek terkait, sudah dipahami secara detail oleh para montir tersebut baik itu model baru maupun model lama. Pengerjaan servis pada model baru tentu tak bisa diperlakukan sama dengan model yang lama, montir di dealer resmi memahami benar akan hal tersebut.

Montir Dealer Resmi Mobil sudah memiliki sertifikat khusus dan juga dibekali alat khusus servis

Salah satu contoh pelayanan dari montir resmi Mitsubishi

2. Manual Servis

Tidak semua montir di bengkel umum memahami betul akan hal mendetail dari sebuah model baru. Beda ceritanya dengan para montir di dealer resmi. Setiap model baru yang dirilis, akan langsung keluar juga manual servis-nya dan hanya dealer resmi yang mendapatnya lebih dulu. Dari manual servis, terdapat hal mendetail bagaimana cara memperbaiki komponen-komponen dari sebuah model baru.

Manual Service Toyota Corolla 2010 menjadi salah satu contoh manual servis yang didapat dari dealer resmi saja

Salah satu contoh foto manual service dari Toyota Corolla 2010

>>> Informasi menarik: Kenali 5 Tanda Mobil Butuh Tune Up

3. Alat Khusus

Tahukah Anda bahwa setiap mobil punya hak paten tersendiri untuk setiap komponennya? Tidak semua orang bisa bongkar-pasang tiap komponen dari sebuah mobil sehingga dibutuhkan alat khusus. Nah, alat khusus ini hanya diciptakan dan dimiliki oleh merek terkait saja, tidak dimiliki oleh pihak lain.

4. Suku Cadang Original

Maksud Original di sini adalah suku cadang yang disediakan oleh dealer resmi merupakan suku cadang yang sama persis dengan mobil saat masih pertama kali dibeli. Tak ada perbedaan sama sekali dari segi material. Bahkan, berbagai pengujian sudah dilakukan baik percobaan manufaktur, pengujian metalurgi hingga mendapat sertifikasi dari merek terkait.

>>> Baca juga: Inilah 10 Cara Merawat Mobil Yang Salah

Perspektif Bengkel Umum

Dari fakta yang ada mengenai dealer resmi/bengkel resmi di atas, tim Cintamobil.com tidak sepenuhnya menutup mata akan hal positif dari bengkel umum. Dari fakta yang ada, gerai bengkel umum juga masih menjadi tempat favorit dari sebagian masyarakat untuk servis mobilnya.

Bengkel Umum masih juga tersebar di beberapa tempat dan menjadi tempat servis favorit bagi sebagian orang

Bengkel umum juga tak bisa dipandang sebelah mata, jika kita melihat hal detail tentangnya

>>> Ada rencana membeli mobil baru atau bekas? Coba simak harga pasaran mobil terbaru di sini

1. Favorit Adalah Hal Mutlak

Jika jawaban memilih bengkel umum karena sudah jadi tempat servis favorit mobil Anda, maka sudah tak bisa diubah-ubah lagi sobat. Tingkat kenyamanan, pelayanan, keramahan hingga kemampuan montir tersebut, umumnya menjadi alasan utama mengapa masih memilih bengkel umum ketimbang bengkel resmi.

Kami pun menyadari bahwa montir di bengkel umum cenderung komunikatif. Adapun para montir tersebut masih menyodorkan opsi kepada Anda sebelum mengambil tindakan lebih lanjut terhadap mobil Anda. Berbeda dengan dealer resmi yang sifat komunikasinya masih satu arah saja. Anda tinggal menyampaikan keluhan yang terjadi dan montir akan mencatatnya hingga mengeksekusi tindakan, yang menurut mereka terbaik.

2. Harga Yang Diklaim Terjangkau

Salah satu alasan utama mengapa orang memilih bengkel umum adalah perihal harganya yang terjangkau. Memang tak dipungkiri, servis di bengkel umum A dan B, bisa saja berbeda dan cenderung bervariatif. Tapi yang jelas, harganya tentu lebih terjangkau dari bengkel resmi.

3. Suku Cadang Bervariasi

Nah, jika dealer resmi hanya menawarkan suku cadang Original saja, beda cerita dengan bengkel umum. Tak hanya Original Equipment Manufacturer (OEM) yang ditawarkan oleh bengkel umum tapi juga suku cadang Aftermarket (Non-OEM) hingga suku cadang KW yang umumnya buatan China.

Suku Cadang Mobil tergolong bervariasi mulai dari OEM, Non-Oem hingga KW

Di bengkel umumnya selalu menyediakan berbagai jenis suku cadang

Di sini pula mengapa harga servis di bengkel umum lebih terjangkau. Konsumen bisa memilih sesuai Budget yang ada. Jika ingin harga murah tapi kualitas menengah, bisa melirik suku cadang KW atau jenis Non-OEM. Dengan kata lain, biaya servis di bengkel umum bisa ditentukan sendiri oleh setiap konsumennya.

>>> Ingin tahu mobil terbaru apa yang sedang tren akhir-akhir ini? Ini informasi lengkap serta ulasannya

Lantas, Mana Yang Terbaik Antara Dealer Resmi atau Bengkel Umum?

Di sinilah poin dari artikel ini. Perhatikan, jika Anda memiliki mobil yang umurnya sudah lebih dari 5 tahun, lepas dari masa garansi merek terkait, maka direkomendasikan untuk mencari bengkel umum. Tapi jangan malah mencari bengkel dengan cara sendiri, sebaiknya menggunakan layanan jasa bengkel umum yang sudah dipercaya oleh kerabat atau keluarga Anda. Pasalnya, tidak semua montir bengkel umum memberikan hasil memuaskan soal menyembuhkan penyakit mobil.

Kedua, jika model mobil yang Anda beli adalah jenis baru. Pastikan untuk membawanya ke bengkel resmi. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, hanya dealer resmi-lah yang memiliki manual servis serta montir ahli, sudah mempelajari seluk-beluk model baru tersebut. Saran kami, jangan bawa mobil baru Anda ke bengkel umum, karena para oknum montir belum banyak mengerti akan model baru. Sehingga, kejadian umum yang terjadi adalah mengakali bongkar-pasang komponen dengan cara melayani model lama, padahal dibutuhkan alat khusus tadi.

Ketiga adalah soal harga. Biaya servis mobil sifatnya relatif. Bisa saja bagi si A, harga Rp. 300 ribu itu murah. Berbeda dengan si B yang menganggap selisih tersebut adalah sebuah pemborosan. Itu kembali ke masing-masing pribadi. Apabila Anda sudah cocok dengan pelayanan memuaskan dari bengkel umum dan mobil tidak lagi bermasalah, sah-sah saja menggunakan layanan tersebut.

Lalu, apa pilihan pembaca setia Cintamobil.com, lebih baik mana antara servis mobil di dealer resmi atau bengkel umum? Coba sampaikan di kolom komentar beserta alasannya ya sobat, sapa tahu pendapat Anda bisa bermanfaat juga bagi yang lain.

>>> Jangan lupa untuk menyimak tips dan trik mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Berapa Biaya Servis All New Suzuki Ertiga untuk 10.000 Km Pertama?

Biaya servis All New Suzuki Ertiga untuk 10.000 km pertama ternyata cukup tergangkau, karena Suzuki masih memberikan garansi untuk All New Ertiga untuk 3 tahun atau 100.000 km. Jadi biaya jasa servis masih gratis Anda tinggal membayar part yang diganti saja.

Lihat juga

4 Manfaat Dari Servis Mobil Secara Rutin

Kondisi mobil akan selalu dalam keadaan prima, menggurangi pengeluaran biaya yang lebih besar, mengurangi resiko mobil tiba-tiba mogok di jalan, umur mobil menjadi lebih panjang adalah beberapa manfaat dari servis mobil secara rutin.

Lihat juga

Komparasi Biaya Aftersales Avanza vs Xpander, Mana Lebih Hemat?

Kehadiran Toyota Avanza 2019 terbilang cukup memberi kehangatan pertarungan di lini Multi Purpose Vehicle (MPV). Pasalnya, Mitsubishi Xpander sebagai penantang ‘mobil sejuta umat’ itu, terus mencoba mendominasi podium tertinggi di aspek penjualan. Jika sebelumnya dalam review kami sudah menjelaskan fitur dan spesifikasi di antara keduanya, lantas bagaimana dengan Aftersales? Sudah menjadi tugas Cintamobil.com untuk memberikan perbandingan Aftersales Toyota Avanza 2019 dan Mitsubishi Xpander.

Lihat juga

Beragam Warna, Bagaimana Perawatan Cat Mobil dan Pemeliharaannya?

Setelah beberapa waktu lalu kita membahas warna-warna populer yang seringkali dipilih oleh pengguna mobil, sekarang kita lihat bagaimana perawatan cat mobil dengan warna yang lebih beragam.

Lihat juga

Hati-hati. Ini Lima Mitos Perawatan Mobil yang Sering Anda Dengar

20/06/2018

Perawatan dan service

3 menit

Merawat kendaraan di rumah tidak boleh sembarangan. Salah-salah, kendaraan Anda akan mengalami kerusakan yang lebih parah. Mirisnya, masih banyak pengemudi yang percaya dengan mitos perawatan mobil yang berkembang di masyarakat. Apa saja?

Lihat juga
 
back to top