Dampak Tsunami Mobil Terendam Air Laut, Bagaimana Kerusakannya?

Share this post:
Dampak Tsunami Mobil Terendam Air Laut, Bagaimana Kerusakannya?
Gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah membuat banyak mobil terendam air laut. Dari segi kerusakan yang terjadi, apa saja yang akan terjadi jika kendaraan bersinggungan dengan air laut?

Air laut yang dipenuhi garam dan bersifat korosif memiliki hubungan yang tidak baik dengan keluarga besi dan sejenisnya. Ketika mobil terendam air laut, bukan hanya merugikan bagian cat dan komponen luar, tetapi berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

Gambar yang menunjukan mobil terendam karena gempa Donggala dan tsunami Palu

Gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah membuat banyak mobil terendam

Ada tiga kerusakan mobil yang terjadi ketika bersentuhan dengan air laut, apalagi dalam jumlah besar, sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Mekanik Gn Auto Service, Suherlan. Yang pertama adalah masalah kelistrikan. Yang paling parah, Anda harus mengganti Electric Control Unit (ECU). Karena segala sensor elektronik ketika terendam air, apalagi air laut, bisa menyebabkan mati total.

>>> Jangan Malas Membersihkan, Ini 3 Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam

ECU merupakan salah satu bagian penting dalam sistem kendaraan. ECU pada mobil bertugas untuk mengontrol rangkaian elektronika dan software yang akan membaca sensor-sensor pada mesin dan akhirnya memerintahkan akuatur untuk bekerja. Disebut juga dengan Engine Control Module (ECM), berbagai kontrol mesin maupun sistem keamanan diatur dalam sistem ini.

Gambar yang menunjukan mobil berwarna hitam yang terendam air laut

Mobil yang terendam air laut akan membuat bagian kelistrikan rusak

“Dari interior juga harus dibongkar semua seperti jok diganti, air conditioner (AC) juga pasti mati. Belum lagi mesin yang harus dikuras total dan dilakukan turun mesin, kerusakan part biasanya ring seher dan plat kopling yang menempel sehingga tidak berfungsi karena karat terkena air laut,” jelas Suherlan, dilansir dari Tempo, Senin (1/10).

>>> Intip daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com hanya di sini

Selain kelistrikan, bagian interior dan mesin juga menjadi komponen yang mendapatkan perhatian lebih banyak ketika menerima air laut. Menurut Suherlan, bagian eksterior bisa rusak parah jika terseret arus karena bisa jadi menabrak benda-benda lain.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa mobil yang terendam air laut, sama seperti mobil yang terendam banjir, masih bisa diperbaiki. Untuk bagian kaki-kaki yang terkena air, jelas Suherlan, tidak perlu mendapatkan perhatian khusus karena bagian ini sudah terbiasa terkena air.

>>> Baca juga tips perawatan penting untuk mobil Anda di sini

Gambar yang menunjukan mobil sedan yang terendam oleh air laut

Air laut dipenuhi garam yang bersifat korosif

Masalah yang perlu diperhatikan ketika mobil terendam air laut adalah biaya perbaikan yang diperlukan, bahkan mencapai Rp 50 juta. Tapi semua itu tergantung situasi dan kondisi mobil. “Tidak senilai harga mobil baru jika ingin diperbaiki, tapi tetap melihat separah apa kerusakannya,” tutup Suherlan.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top