Lebaran Ga Kemana-Mana? Intip 5 Cara Cuci Jok Mobil Agar Terlihat Baru

15/05/2021

Perawatan dan service

4 menit

Selain datang ke tempat cuci jok mobil terdekat, Anda juga bisa mencucinya sendiri. Apalagi cara cuci jok mobil juga gampang banget! Yuk, cari tau di sinI!i!

Cuci jok mobil adalah salah satu cara tercepat untuk membuat tampilan jok mobil Anda tampak seperti baru kembali. Membiarkan keadaan jok mobil kotor dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kondisi interior mobil jadi lusuh, kusam, tidak sedap dipandang, sekaligus sarang kuman. Bagaimanapun, kondisi jok mobil bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh dan pikiran pengemudi maupun penumpang yang ada di dalamnya. 

Cuci jok tidak harus selalu dilakukan di jasa cuci mobil, Anda bisa mencoba cuci jok sendiri di rumah. Namun pastikan Anda ketahui lebih dulu jenis bahan jok mobil Anda dan bagaimana cara mencuci dengan tepat. Berikut panduan cuci jok mobil sesuai dengan jenis dan bahannya supaya tampilan jok Anda tampak seperti baru lagi. 

1. Cuci Jok Mobil Berbahan Kain 

cara cuci jok mobil dengan vacuum

Bersihkan jok mobil dengan vacuum

Jok mobil Anda terbuat dari kain? Maka alat dan bahan yang harus Anda siapkan antara lain vacuum cleaner, deterjen cair, ember, handuk, dan busa spons. 

Langkah yang harus Anda lakukan adalah bersihkan debu dan kotoran pada jok dengan vacum cleaner. Kemudian siapkan ember berisi air hangat, tuangkan deterjen di dalamnya. Rendam spon di dalam ember kemudian gosok pada jok kain secara perlahan. Saat menggosok jok menggunakan spons, pastikan jangan terlalu basah supaya jok cepat kering. Setelah digosok, usap dengan handuk yang sudah lebih dulu dibasahi untuk menghilangkan residu dari deterjen cair. 

>>> Tips Membersihkan Jok Mobil Supaya Kabin Tetap Wangi

2. Cuci Jok Mobil Berbahan Vinil

Membersihkan jok dari bahan vinil bisa dilakukan dengan mudah menggunakan pembersih kaca. Bisa dibilang, ini adalah jenis jok yang sangat mudah dibersihkan. Pertama-tama semprotkan pembersih kaca pada bagian jok yang bernoda, kemudian lap dengan kain lembut. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan baking soda dengan mencoba cara ini. Campurkan soda dan air hingga mirip pasta, gosokkan pada jok yang terkena noda satu persatu. Setelah itu bilas dengan air yang sudah diberi sabun lembut. Lap jok dengan kain lembut. Untuk area yang susah dijangkau, bersihkan menggunakan sikat gigi. Hindari menggunakan pembersih berbahan minyak karena dapat membuat jok jadi keras. 

3. Cuci Jok dengan Bahan Kulit 

Jok mobil kulit

Gunakan detergen khusus untuk jok kulit

Cuci jok berbahan kulit membutuhkan perhatian yang sangat ekstra. Pertama, Anda harus lebih dulu membersihkan jok dengan vacuum cleaner. Lalu bersihkan jok memakai deterjen khusus untuk kulit, gunakan kain bersih dan lembut saat mengusap seluruh bagian jok. Bilas dengan kain lembut untuk menghilangkan residu detergennya. Sebagai penutup, Anda bisa memoles jok dengan kondisioner agar bahan kulit terawat dan tidak mudah rusak. 

>>> Memilih Warna Jok Mobil yang Bagus Agar Interior Makin Elegan

4. Cuci Jok Mobil berbahan Tenun 

Jok dari bahan tenun cukup sulit perawatannya. Membawa mobil dengan berbahan tenun ke salon mobil juga membutuhkan budget yang mahal. Anda bisa menyiasati dengan membuat cairan khusus berikut:

  • Campurkan air dengan cairan pencuci piring dalam ember, masukkan dalam botol spray. 
  • Semprotkan cairan tersebut pada jok mobil dengan radius 15-20 cm, gosok permukaannya dengan sikat berbulu halus. 
  • Bilas bagian jok yang bernoda menggunakan lap bersih yang sudah direndam di air hangat.
  • Supaya lebih maksimal, bilas sesering mungkin. 
  • Untuk mengeringkan jok berbahan tenun, Anda bisa gunakan kain berserat. 

Selain dengan spray sabun, Anda bisa menggunakan sabun batang. Parut sabun batang sebanyak 6 sendok makan, campur dengan 2 sendok boraks. Tambahkan dua cangkir air hangat sembari aduk hingga rata. Boleh juga menambahkan wewangian aroma lavender ke dalam campuran bahan agar jok Anda bisa memiliki aroma yang harus. 

>>> 7 Rekomendasi Bengkel Jok Mobil Bandung yang Murah dan Terbaik

5. Cuci Jok Berbahan Beludru

Orang sedang Cuci jok mobil beludru

Ada baiknya lepas jok untuk membersihkan jok berbahan beludru

Satu-satunya cara tepat untuk membersihkan jok mobil dari bahan beludru adalah dengan melepas jok tersebut. Selanjutnya semprotkan cairan pembersih di bagian yang terkena noda, sikat bagian tersebut searah menggunakan sikat lembut. Gunakan lap kering untuk membersihkan sisa cairan pembersih. 

Jika tidak ingin melepas jok, Anda bisa membuka semua pintu mobil untuk membersihkan bagian yang bernoda. Kemudian gunakan vacum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran di jok mobil. Sebaiknya hindari kotoran dari tinta ataupun makanan berpengawet karena butuh tenaga ekstra untuk membersihkannya. 

>>> Trik Membuat Jok Mobil Mewah Supaya Interior Tambah Keren

Cuci Jok Mobil Jakarta 

Untuk Anda yang tak ingin repot cuci jok atau kursi mobil sendiri, maka membawa ke salon mobil bisa jadi solusi praktis. Berikut rekomendasi cuci jok mobil terdekat di kawasan Jabodetabek. 

Cuci jok mobil terdekat

Gunakan jasa cuci jok jika Anda tak punya waktu

1. Bintoro Clean

Bintoro Clean menyediakan jasa cuci jok yang bisa Anda pesan secara online. Ada dua jenis layanan cuci jok mobil yang disediakan di sini, yaitu cuci jok city car dan cuci jok MPV. Bintoro Clean terletak di Jalan Kebembem Raya no. 6, Lenteng Agung, Jagakarsa. Jakarta Selatan 12620.

2. Arifin Jaya

Arifin Jaya menyediakan layanan cuci jok dengan harga mulai dari Rp50.000. Anda bisa memesan layanan mereka melalui website atau mengunjungi kantornya di Jalan Tegal Amba, Pondok Kopi, Jakarta Timur atau di Jalan Cempaka Putih Raya No.3, Jakarta Pusat. Arifin Jaya juga memiliki kantor yang terletak di Bekasi, dengan alamat di Jalan Alamanda Blok C - Bekasi. 

3. Maxi Clean 

Maxi Clean adalah salah satu penyedia jasa cuci jok profesional yang juga bisa di booking secara online. Selain booking via online, Anda bisa menemukan kantor Maxi Clean di Jl. Kebembem Raya No.6 Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12620.

>>> Urusan Jok Mobil Semarang, Disini Tempatnya!

Tips Memilih Tempat Cuci Jok Mobil 

Ada banyak jasa cuci jok mobil terdekat di wilayah Anda. Namun, ada baiknya tidak asal memilih tempat! Meskipun terdengar sepele, jok mobil yang nyaman dan bersih tentu akan membuat perjalanan Anda jadi lebih menyenangkan. 

orang sedang cuci jok mobil

Pastikan tempat cuci jok menggunakan bahan dan alat yang berkualitas

Setiap tempat cuci jok mobil tentu saja memiliki service dan harga yang berbeda. Namun, pastikan jika Anda memiliki tempat cuci yang mengutamakan kualitas dengan dibantu teknisi anda yang berpengalaman dalam bidang interior, khususnya jok mobil. Karena teknisi yang andal akan mengetahui seluk-beluk bagian jok. 

Cek juga alat dan bahan pembersih yang digunakan. Apakah lengkap dan berkualitas atau tidak, pasalnya beberapa jok mobil membutuhkan alat dan bahan pembersih khusus. Dengan menggunakan alat dan pembersih khusus, jok mobil jadi nggak mudah rusak. 

Nah, sebelum atau sesudah melakukan perjalanan jauh jangan lupa untuk selalu cuci jok mobil Anda ya demi kenyamanan!

>>> Temukan artikel tips & trik lainnya seputar otomotif di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya cuci jok mobil?
Biayanya berbeda di setiap tempat tergantung dari bahan jok dan kesulitan.
Bagaimana cara cuci jok mobil berbahan kulit
Bersihkan jok memakai deterjen khusus untuk kulit, gunakan kain bersih dan lembut saat mengusap seluruh bagian jok.
Bagaimana mencari jasa cuci jok mobil?
Anda bisa mencari tau jas cuci jok mobil terdekat di wilayah atau mencarinya secara online di Instagram atau Google.

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.

 
back to top