Coating Body Mobil: Cara Melindungi Kendaraan saat Musim Hujan

02/04/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Merawat kendaraan dengan coating body mobil mampu melindungi cat mobil dari jamur dan bercak air. Yuk, lakukan perlindungan coating pada mobil ketika musim hujan. 

Memasuki musim hujan, pemilik mobil harus lebih memperhatikan kondisi kendaraannya. Tidak jarang, musim hujan ini membuat  kendaraan kesayangan Anda menjadi lebih mudah kotor. Salah satu perlindungan yang bisa dilakukan adalah coating body mobil, yang dikenal mampu melindungi cat kendaraan dari debu dan jamur akibat air hujan.

Perawatan ekstra harus Anda lakukan karena mencuci body mobil saja tidak cukup. Terlebih lagi ketika mobil Anda harus dicuci dengan sabun yang Ph-nya tidak cocok untuk body kendaraan, tentu saja akan menghasilkan efek buruk bagi kualitas cat mobil.

Coating Mobil Bikin Lebih Mengkilap

Coating Mobil Bisa Bikin Lebih Mengkilap

Air hujan memiliki kandungan mineral sehingga ketika mengering di body kendaraan bisa menyebabkan bercak noda air atau water spot bahkan jamur. Mungkin Anda bertanya apa manfaat coating bagi mobil Anda? Dengan melakukan coating, cat mobil memiliki efek daun talas sehingga noda yang menempel pada body mobil Anda akan jauh lebih sedikit.

Air hujan yang kering pada mobil dapat menimbulkan bercak yang mirip seperti garam. Lama kelamaan lapisan cat pada body akan terkikis sehingga menimbulkan warna belang. Untuk mengembalikan tampilan seperti semula tentu saja Anda harus mengeluarkan ongkos yang lebih banyak lagi. Dengan melakukan nano coating terbaik, cat yang menempel akan terlindungi dari hal semacam itu karena pada dasarnya, coating adalah penambahan lapisan di atas cat.

Berapa Harga Coating Mobil?

Untuk meminimalisir kerusakan yang lebih parah, Anda disarankan untuk langsung mengguyur body mobil menggunakan air bersih ketika sampai di rumah. Coating body mobil adalah salah satu pencegahan agar kerusakan tersebut tidak bertambah parah.

Obat yang digunakan pada teknik coating akan meresap pada pori-pori cat sehingga mampu melapisi body sekaligus menghasilkan efek hydrophobic. Efek hydrophobic adalah sifat fisis molekul sebuah material untuk menghindari atau menolak air atau istilah lainnya adalah efek daun talas. Hasilnya adalah air hujan sulit menempel pada body sehingga mampu mencegah munculnya jamur.

Coating Mobil Dapat Melindungi dari Sinar UV

Coating Mobil Bisa Melindungi Mobil dari Sinar UV

Sebelum memutuskan untuk melakukan coating body mobil, mungkin Anda sering bertanya berapa biaya coating mobil? Harga coating mobil sangat bervariasi tergantung ukuran mobil yang biasanya dikategorikan menjadi empat, yaitu small car, medium car, large car,dan luxury car. Biasanya ceramic coating harga standar yang dibanderol mulai dari Rp 2.000.000 untuk small car hingga Rp 7.000.000 untuk luxury car. Tentu saja harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari tempat Anda melakukan perawatan. 

Biaya coating mobil tersebut sebenarnya cukup terjangkau jika dibandingkan Anda harus pergi ke salon mobil biasa setiap bulannya. Beberapa layanan memiliki klaim hanya perlu dilakukan satu kali selama Anda memiliki kendaraan tersebut. Perlu diingat bahwa ketika Anda sudah melakukan perawatan coating mobil, bukan berarti kendaraan Anda bebas perawatan. Masih ada perawatan yang harus dilakukan secara berkala untuk menjaga tampilan mobil agar selalu bersih dan berkilau.

>>> Mengenal Fungsi Coating Mobil dan Kisaran Harganya

Manfaat Coating Mobil Ketika Musim Hujan

Penggunaan nano ceramic coating ini tidak hanya akan membuat kendaraan Anda terlihat seperti baru, namun juga sifatnya melindungi. Banyaknya salon mobil atau auto detailing yang ada di berbagai daerah kini akan semakin mempermudah Anda yang menginginkan tampilan mobil selalu bersih luar dalam. Salah satu layanan yang cukup banyak peminatnya adalah nano ceramic coating yang mampu melindungi cat body mobil dari proses oksidasi dan goresan halus sehingga tampak mengkilap lebih lama. 

Merk coating mobil terbaik

Coaating Mobil Mercy untuk Tampilan Lebih Mewah 

Nano coating terbaik ini awalnya berbentuk cair, kemudian ketika mengeras akan berubah seperti kaca bening. Lapisan kaca inilah yang akan melindungi body mobil Anda dan diklaim mampu bertahan hingga tiga tahun. Sementara, ketika Anda hanya memberi wax pada body mobil, hanya mampu bertahan dalam hitungan minggu. Layanan nano ceramic Jakarta cukup banyak peminatnya mengingat di Ibukota kendaraan mobil banyak digunakan sebagai transportasi harian sehingga rawan sekali terjadi kerusakan. Bagi Anda yang tertarik melakukan perawatan nano coating terbaik, ketahui dulu manfaat nano ceramic coating ini.

1. Water repellent

Efek hydrophobic yang dihasilkan dari nano ceramic coating mampu mencegah proses air hujan yang mengering di body mobil. Tetesan air pada bodi kendaraan akan langsung tergelincir sehingga meminimalisir timbulnya kerak air dan jamur. Jangan lupa juga untuk melakukan 

2. Anti UV

Mobil yang dipakai setiap hari tentu saja akan terpapar sinar UV sehingga berpotensi memudarkan cat mobil dan membuatnya terlihat kusam atau belang. Dengan adanya lapisan nano ceramic yang mengandung anti UV mampu melindungi mobil Anda dan meminimalisir memudarnya cat kendaraan. Melihat manfaat ini, tidak heran jika layanan nano ceramic Jakarta memiliki cukup banyak peminat. 

3. Tahan gores

Semakin tebal lapisan coating maka akan mempengaruhi ketahanan cat mobil Anda terhadap goresan akibat debu atau kerikil kecil. Dengan kata lain, daya tahan goresan pada cat mobil atau yang dikenal dengan scratch resistance sangat bergantung pada ketebalan lapisan coating. Coating body mobil sudah umum dikenal dapat memberikan efek kilap atau yang dikenal dengan “wet look” sehingga membuat kendaraan Anda terlihat bagus. Ceramic coating harga standar memiliki efek kilap ini diklaim bisa bertahan hingga 3 tahun lamanya asalkan mendapatkan perawatan yang baik secara berkala.

>>> Program Lebaran Scuto: Pembelian Paket Laminating Mobil Gratis Layanan Glass Coating

Perawatan Setelah Coating Body Mobil

Umumnya, ketika melakukan perawatan coating body mobil, Anda diminta untuk meninggalkan mobil di studio coating selama beberapa hari. Hal ini karena cairan coating membutuhkan waktu beberapa hari untuk kering. Biasanya waktu yang dibutuhkan adalah 2,5 hingga 3 hari karena harus menunggu cairan mengering secara sempurna. Pihak auto detailing berusaha untuk membiarkan lapisan coating mengering secara alami karena banyak kasus yang ternyata lapisan luarnya terlihat kering padahal bagian dalamnya masih basah. 

alasan cat mobil cepat kusam

Cat Mobil Bisa Kusam Jika Tidak Diperhatikan dengan Baik

Setelah mobil selesai diaplikasikan nano coating, Anda harus tetap melakukan perawatan secara berkala karena kotoran yang sudah menumpuk pada lapisan luar coating harus dibersihkan kembali. Perawatan tersebut berupa mencuci mobil secara rutin, poles kaca mobil dan hindari menggunakan shampo pada awal 2 minggu pertama. Hindari penggunaan shampo mobil sembarangan karena akan berdampak pada kualitas cat kendaraan. Tidak direkomendasikan juga untuk terlalu sering memoles sendiri body yang sudah di-coating. Perawatan poles kaca mobil masih diperbolehkan untuk menjaga kilap kaca mobil Anda. 

>>> Program Lebaran Scuto: Pembelian Paket Laminating Mobil Gratis Layanan Glass Coating

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top