Cintamobil TV: Wow, Seperti Ini Cuci Mobil Setengah Juta Rupiah!

12/08/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Bagaimana kondisi mobil yang telah dibersihkan oleh jasa cuci mobil seharga setengah juta rupiah? Kali ini tim Cintamobil TV membandingkan beberapa tempat cuci mobil dengan kisaran harga berbeda.

Salah satu cara untuk menjaga mobil adalah dengan rutin membersihkan. Selain bisa dilakukan sendiri, membersihkan mobil juga bisa dilakukan melalui jasa car wash terdekat untuk hasil yang lebih maksimal. Anda mungkin pernah melihat jenis-jenis car wash dengan metode dan harga yang beragam.

Nah, kali ini tim Cintamobil TV akan melakukan komparasi cuci mobil mulai dari harga Rp 30 ribuan hingga setengah juta. Apakah car wash yang mahal selalu lebih baik atau justru yang murah bisa lebih bersih? Simak selengkapnya!

Cucian Arema 24 Jam

Vakum mobil

Cucian Arema 24 jam memiliki jasa vacuum mobil

Lokasinya berada di bawah jembatan Antasari Jakarta Selatan. Tempat car wash ini memiliki metode paling konvensional alias tidak menggunakan water pressure atau sistem lift. Mereka hanya menggunakan spons biasa dan sabun colek untuk bagian kolong bawah dan shampoo khusus mobil untuk body.

Kekurangan menggunakan jasa car wash seperti ini adalah karena menggunakan sabun colek, bagian mobil yang terbuat dari plastik akan pudar lama kelamaan. Karena berada di pinggir jalan, Anda akan sedikit terganggu dengan lalu lintas kendaraan di sekitar lokasi.

Kelebihannya, selain memiliki harga murah pengerjaan dilakukan oleh dua orang sehingga menghemat waktu dan ada warung untuk sekadar mengisi perut Anda. Dengan harga Rp 31 ribu untuk jasa cuci mobil, vacuum, dan semir ban lama pencucian terbilang cepat, yakni sekitar 22 menit. Sayangnya, karena tidak dilift, bagian bawah mobil tidak bersih. Namun, untuk bagian interior seperti kisi-kisi AC, jok, dan lainnya terbilang bersih.

>>> Ketahui Hal Ini Dulu Sebelum Memodifikasi Mobil Honda Brio Putih

Rainbow Quick n Clean

cuci mobil full robotic

Cuci mobil full robotic bisa menimbulkan baret halus

Bagaimana hasil mobil yang dicuci dengan full robotic? Kali ini tim Cintamobil TV mendatangi Rainbow Quick n Clean di Jl Raya Bintaro Sektor 1. 

ika Anda sedang mencari cuci mobil yang cepat karena mengejar waktu, metode cuci seperti ini akan cocok untuk Anda. Pasalnya waktu pengerjaan hanya 5 menit dan Anda tak perlu sampai turun dari mobil. Hanya duduk di mobil dan biarkan robot bekerja membersihkan kotoran pada ekterior mobil Anda. 

Namun, metode ini juga memiliki kekurangan. Sayangnya motede ini tidak membersihkan bagian interior. Jasa vacuum terpisah dan membutuhkan waktu tambahan lagi. Selain itu, jika terlalu sering menggunakan jasa cuci mobil seperti ini akan timbul baret halus pada mobil Anda jika dilihat secara detail. Dengan waktu hanya 5 menit, hasil kolong yang masih agak kotor dan biaya sekitar Rp 40 ribu, kira-kira nilai berapa yang akan Anda berikan? 

>>> Rilis di Eropa, Mitsubishi Fuso Canter Bawa Teknologi Canggih

Snowcar Garage Car Wash

cuci mobil

Cuci mobil searah untuk mengurangi swirl marks

Tim Cintamobil TV juga mendatangi tempat cucian mobil lainnya, yakni Showcar Garage yang berlokasi di Intercon Meruya Jakarta Barat. Tempat car wash ini memang tidak menggunakan sistem lift tapi untuk body terutama pada bagian velg, kaki-kaki, dan belakang mobil dibersihkan secara detail.

Tempat cucian ini tidak menggunakan snow wash, mereka hanya menggunakan ember yang langsung dicuci ke mobil secara rapi dan searah untuk mengurangi efek swirl marks atau baret halus. Untuk paket premium wash, mobil akan di-spray wax untuk mengurangi water spot sehingga melindungi bagian kaca, body, dan cat mobil Anda. Biayanya Rp 150 ribu dengan tempat menunggu full AC yang nyaman.

Nah, selain mendatangi tiga tempat car wash tersebut, tim Cintamobil TV juga mendatangi car wash seharga Rp 500 ribuan. Bagaimana hasilnya? Tonton selengkapnya di video ini!

Itu dia komparasi tempat cuci mobil yang sudah dilakukan tim Cintamobil TV. Tempat mana yang jadi favorit Anda? 

>>> Baca artikel seputar tips & trik otomotif hanya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top