Cintamobil TV: Ketahui Total Biaya Kerusakan Mobil Akibat Banjir (Bagian 1)

20/01/2020

Perawatan dan service

2 menit

Cintamobil TV: Ketahui Total Biaya Kerusakan Mobil Akibat Banjir (Bagian 1)
Menanggapi salah satu mobil tim kami yang terkena banjir, video terbaru dari Cintamobil TV akan mengungkapkan besaran total biaya kerusakan mobil akibat banjir.

Musibah banjir yang menyerang sebagian wilayah Jakarta pada awal tahun 2020 lalu menyebabkan banyak mobil terendam banjir. Salah seorang tim Cintamobil TV pun terkena dampak banjir yang sempat merendam Suzuki Swift miliknya. Dan untuk mengetahui total biaya kerusakan mobil akibat banjir, tim Cintamobil TV pun berkunjung ke bengkel dimana Swift tersebut diperbaiki.

 mobil Suzuki Swift berwarna putih setelah terkena banjir
Suzuki Swift milik tim Cintamobil TV yang terendam banjir

>>> Cintamobil TV: Tips Merawat Transmisi Otomatis dan Menggunakannya Dengan Tepat

Dalam kunjungan pertama kami, perbaikan terbilang mulus dengan beberapa komponen berhasil dibersihkan. Beruntungnya, air tak sempat memasuki lampu depan berteknologi proyektor HID tersebut. Cukup melegakan, mengingat biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak ketika air berhasil masuk ke dalam lampu utama.

Biaya yang dikeluarkan pun tak tanggung-tanggung. Bahkan untuk perbaikan serta biaya jasa membersihkan kabin mobil yang terkena banjir mencapai Rp4 juta hingga Rp5 jutaan. Pengerjaannya pun tak bisa langsung selesai. Mengingat cuaca yang sering dilanda hujan, pihak bengkel harus menunggu karpet hingga jok mobil kering.

 interior Suzuki Swift berwarna hitam terkena banjir
Interior membutuhkan waktu pengeringan karpet hingga jok mobil

>>> Ini Empat Rekomendasi SUV Berkemampuan Menerjang Banjir

Komponen pertama yang terdampak banjir adalah sistem keyless entry dan engine start stop. Ketika terendam, sistem elektrikal ini merupakan bagian pertama yang terserang. Pasalnya, sistem keyless entry tetap menyala meski mobil dimatikan, sehingga Anda bisa langsung mengaktifkannya saat akan menghidupkan mobil.

Setelah itu, ada body control module yan patut diganti. Terletak pada bagian bawah interior, tepatnya di bawah dashboard, sistem ini berfungsi untuk mengaktifkan immobilizer dan membuka kunci mobil pada sistem keyless entry.

Baru dua komponen yang sudah diketahui kerusakannya. Karena itu, ditambah dengan biaya jasa, penggantian sistem keyless entry yang menyentuh harga Rp5 jutaan, sedangkan penggantian body control module dikenakan Rp4 jutaan. Jadi total biaya yang perlu dikeluarkan adalah Rp13 jutaan.

 mesin Suzuki Swift berwarna hitam yang telah dibersihkan
Kondisi mesin juga perlu diperhatikan setelah terkena banjir

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

Selanjutnya, kami akan menunggu hingga perbaikan dan total pembiayaan dijelaskan oleh pihak bengkel. Pasalnya beberapa kerusakan baru bisa diketahui ketika mobil dihidupkan. Mulai dari head unit, speedometer, engine control unit serta module airbag, hingga masalah pada mesin. Total biaya kerusakan dari mobil akibat banjir akan dijelaskan pada video berikutnya.

>>> Tips dan trik lainnya bisa dibaca disini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top