Rekomendasi Charger Aki Mobil 60 Ampere atau Lebih

22/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Charger aki mobil 60 ampere banyak dicari pemilik kendaraan bermotor karena dianggap punya daya cukup besar namun bisa untuk digunakan beragam jenis mobil yang beredar di Indonesia.

Ketika kondisi aki mobil kemampuannya sudah mulai menurun, maka langkah yang sering dilakukan pemilik mobil adalah mengecas aki tersebut. Ini dengan harapan daya tegangan aki akan kembali maksimal seperti saat pertama kali dipasang. Misalnya jika daya aki dengan spesifikasi 12volt 40Ah ternyata sudah mulai menurun jadi di bawah 12 volt, maka dengan dicas daya tersebut dapat kembali naik lagi ke 12 volt.

Namun saat melakukan pengecasan aki mobil tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya aki tidak jadi overcharging yang menimbulkan risiko aki meledak. Sebaliknya jangan pula cas aki mobil terburu-buru sehingga tegangan aki belum sesuai yang diharapkan. Jadi setelah mengecas aki, sebaiknya periksa dulu kondisi tegangan dari aki tersebut menggunakan voltmeter untuk memastikannya. Dan sebaiknya lakukan pengecasan menggunakan charger aki yang berkualitas.

Jika Anda datang ke toko-toko elektronik atau toko aksesoris mobil, maka charger aki mobil sangat mudah dijumpai. Variannya pun sangat beragam yang umumnya ditentukan dari besaran Ampere yang bisa dihasilkan charger tersebut. Ada charger aki mobil 20 ampere, ada charger aki mobil 50 ampere, ada yang charger aki mobil 60 ampere, ada pula yang charger aki 70 ampere, bahkan ada charger aki mobil 100 ampere atau lebih dari itu.

Sebelum memutuskan hendak beli kebutuhan charger aki mobil yang berapa ampere, mari kita ulas dulu apa yang harus diperhatikan saat memilih charger aki mobil.

>>> Pelanggan Tak Suka Rolls-Royce Electric karena Repot Charger Baterai

Mengenal Jenis Charger Aki Mobil

Alat Charger Aki Mobil

Charger aki dibedakan berdasarkan kemampuan dayanya

Seperti yang sudah diulas tadi, charger aki mobil umumnya dibedakan atas kemampuan mengalirkan arus ke aki mobil. Yakni dilihat dari besaran Ampere, mengingat kapasitas aki mobil juga diukur menggunakan satuan Ampere per Hour (Ah).

Jadi ada charger yang hanya mampu menyalurkan 5 Ampere atu 6 Ampere, ada yang bisa 10 Ampere, ada charger aki mobil 20 ampere, charger aki mobil 45 Ampere, charger aki 50 ampere, charger aki mobil 60 ampere, charger aki 70 Ampere, bahkan ada charger aki 100 ampere atau lebih.

Selain itu charger aki juga dibedakan dari besaran voltasenya, ada charger aki 6 volt, 12 volt, 18 vlt, 24 volt, dan seterusnya. Tetapi yang umum dibeli adalah charger dengan keluaran voltase antara 12-24 volt.

Semua spesifikasi ini tentu akan mempengaruhi harga charger aki mobil tersebut. Sering kali charger aki yang memiliki voltase dan Ampere semakin besar maka harganya semakin mahal. Apalagi jika charger tersebut juga dilengkapi fitur cutoff dimana proses isi daya akan otomatis diputus apabila aki mobil sudah memenuhi kapasitas maksimal.

>>> Nikmati Perjalanan Mudik Tentram Dengan Memilih Charger Mobil Terbaik

Memilih Charger Aki Mobil

Voltase meter aki mobil

Setelah dicas, sebaiknya periksa voltase aki mobil

Karena beragamnya jenis charger aki yang dijual dipasaran, maka Anda juga harus bijak dalam memilih charger aki terbaik untuk kendaran Anda. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih charger aki mobil antara lain:

1. Sesuaikan Kegunaannya

Saat hendak memutuskan membeli charger aki mobil, maka pastikan charger tersbeut memang untuk mengisi daya aki mobil. Karena ada pula charger untuk mengisi aki motor dan aki truk.

2. Sesuaikan dengan Voltase Aki

Saat memilih charger aki mobil, maka wajib disesuaikan dengan aki yang hendak dicas. Apabila aki memiliki tegangan 12 volt, maka pilihlah charger yang juga punya voltase 12 volt atau lebih.

3. Kemampuan Ampere Aki

Terakhir adalah mempertimbangkan kemampuan charger aki untuk mengisi daya aki mobil. Umumnya ukuran ini menggunakan ampere, yaitu charger aki mobil 60 ampere, 70 ampere, 100 amper dan sebaginya. Semakin kecil daya ampere dari charger aki maka semakin lama pengisian aki mobil, tetapi aki tidak cepat panas. Sebaliknya, saat diisi dengan daya ampere yang besar, aki mobil bisa lebih mudah panas namun pengisian daya berlangsung lebih cepat.

>>> Aki Mobil Soak di Jalan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pilihan Charger Aki Mobil 60 Ampere atau Lebih

Jumper Aki Mobil

Jangan sampai terjadi overcharging saat cas aki mobil

Berikut ini kami berikan rekomendasi jika Anda mencari charger aki mobil berkapasitas 60 ampere atau lebih.

1. Platinum DMS-60A

Charger aki mobil ini dibuat dengan kemasan yang sederhana, yaitu hanya berupa rangkaian charger aki tanpa kemasan khusus. Meski demikian charger aki 12 volt ini memiliki kemampuan 5-60 Ampere. Selain itu ada pula fitur cutoff otomatis.

Harga Rp 130.000

2. Super Fast Charger

Charger aki mobil yang bagus ini sanggup memberikan fasilitas fast charging. Ini karena daya pengisian aki melalui alat tersebut bisa mencapai 100 Ampere. Sehingga saat mengisi satu aki mobil berkapasitas 12Volt maka bisa hanya 10 menit saja. Apalagi harga charger aki mobil ini tidak terlalu mahal.

Harga: Rp 560.000

3. Visero Battery Charger

Untuk charger aki mobil 60 Ampere dengan fitur yang cukup lengkap bisa pilih Visero Battery Charger. Karena alat ini memiliki pengaturan otomatis dimana pengisian daya listrik ke aki akan ditentukan kondisi aki tersebut. Saat daya aki kosong maka akan diberi voltase tinggi supaya pengisian lebih cepat. Jika voltase aki mulai naik, maka arus yang disalurkan berubah konstan. Dan saat daya aki sudah penuh, charger akan memutus aliran listrik secara otomatis.

Harga Rp 1.200.000

Demikianlah beberapa pilihan charger aki mobil dengan kemampuan 60 Ampere atau lebih. Perlu diingat ya, saat cas aki mobil jangan sampai ditinggal pergi atau tertidur dan charger terlalu lama terpasang pada aki. Karena kondisi ini akan membuat overcharging serta berpotensi membuat aki meledak.

>>> Klik juga tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah aki mobil bisa dicas?
Sebenarnya semua jenis aki mobil bisa dicas, namun kalau kondisi aki sudah terlalu drop, maka cas aki hanya bersifat sementara.
Berapa lama cas aki mobil?
Cas aki mobil tergantung dari kapasitas aki tersebut dan juag kemampuan charger aki mobil.
Berapa voltase dan ampere aki mobil?
Kemampuan voltase dan ampere aki mobil tergantung dari spesifikasi aki mobil tersebut. Tapi umumnya 12 volt dan 40 Ampere.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top