Central Lock Macet? Berikut Perkiraan Biaya Servisnya

17/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Central Lock Macet? Berikut Perkiraan Biaya Servisnya
Ketika ingin mengunci pintu namun central door lock enggan berfungsi memang menyebalkan. Untuk itu kami akan berikan perkiraan biaya servisnya untuk Anda

Pada mobil modern, fitur central door lock sudah menjadi hal yang jamak untuk ditemui. Fungsinya tak lain agar dapat mengunci pintu hanya dalam menekan satu tombol saja. Namun layaknya sebuah rangkaian mekanikal, mekanisme central door lock pun bisa saja macet, terlebih dikarenakan oleh faktor usia pakai. Namun jika Anda mengalami central door lock yang macet, jangan lekas kesal, karena mudah untuk diperbaiki. Berikut akan kami berikan tips mengenai perkiraan servis central door lock berikut biaya yang mungkin perlu Anda anggarkan.

>>> Power Window Bermasalah, Cek Tiga Hal Ini

Foto switch central door lock

Central door lock bisa saja macet karena pengaruh dari usia pakai

Penyebab tidak berfungsinya central door lock adalah tidak berkerjanya motor penggeraknya. Umumnya ada dua masalah yang berhubungan dengan kinerja motor central door lock. “Masalah yang biasanya muncul karena kurang lancarnya suplai listrik. Biasanya berhubungan dengan kabel dan konektor atau soket kabelnya pada motor central door lock-nya,” terang Heri Mulyadi, dari Gerai Power Window di bilangan Pondok Gede, Bekasi ini. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kondisi sekringnya. “Jangan lupa diperiksa juga tentang sekringnya, kalau putus segera ganti, ” tambahnya.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Foto motor central door lock

Rusaknya motor central door lock menjadi salah satu penyebab fitur ini enggan bekerja

Apabila masalah kelistrikan tidak ditemui kendala, namun central door lock tetap enggan bekerja, maka bisa beralih ke penyebab kedua yakni modul sentral door lock. Heri menambahkan, rusaknya modul sentral door lock ini memang contoh kasus yang tergolong jarang terjadi, namun begitu terjadi kerusakan, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. “Hindari diakalin karena akan menyebabkan central door lock macet lagi di kemudian hari,” sahut Heri. 

>>> NHTSA Uji Coba Kamera Samping, Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal Pada Kaca Spion?

Foto panel pintu yang dibongkar

Untuk servis central door lock, perlu membongkar panel pintu terlebih dahulu

Untuk modul central door lock, harganya berkisar dari Rp 100 ribuan hingga 300 ribu tergantung merek kendaraan. Namun jika ingin mengganti satu set modul beserta motor central door lock-nya, maka harganya bisa melonjak dua kali lipat atau bahkan menyentuh angka jutaan, terutama untuk mobil Eropa atau mobil premium yang memiliki sistem elektrikal lebih rumit dan canggih. Untuk biaya servisnya sendiri berkisar dari Rp 150 hingga 250 ribu untuk perbaikan jika ada kerusakan pada komponen mekanikal atau pada bagian kabel. 

>>> Kumpulan artikel tips & trik lainnya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Cara Merawat Jok Elektrik, Kalau Rusak Biaya Perbaikannya Mahal!

Merawat jok elektrik terkadang diabaikan oleh para pemilik mobil. Komponen ini memang minim dari kerusakan, namun jika sudah rusak, maka biaya perbaikan yang harus Anda tanggung tidak sedikit. Karenanya berikut cara merawat jok elektrik pada mobil.

Lihat juga

Ini Skala Prioritas Perbaikan Pada Mobil Bekas, Mana Yang Harus Didahulukan?

26/03/2019

Jual beli

Mobil bekas idaman sudah ditangan, tentunya hati ini merasa senang bukan kepalang setelah meminang sang idaman. Namun, yang namanya mobil bekas, bukan berarti enggak ada PR (Pekerjaan Rumah). So, berikut Tim Cintamobil.com paparkan skala prioritas perbaikan pada mobil bekas, mana yang harus didahulukan?

Lihat juga

Cara Mudah untuk Perbaikan dan Merawat Sistem Pendingin Mobil

07/05/2018

Perawatan dan service

3 menit

Mempersiapkan kendaraan kesayangan sebelum musim panas datang sangat diperlukan. Dalam perawatan mobil, komponen yang sangat vital diperlukan saat musim panas adalah AC. Merawat sistem pendingin mobil selama musim panas merupakan esensi yang hakiki.

Lihat juga

Airbag Inflator Bermasalah, MMKSI Umumkan Kampanye Perbaikan Untuk 1.278 Unit Kendaraan Penumpang

02/02/2019

Pasar mobil

Distributor resmi merek Mitsubishi Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan recall atau kampanye perbaikan terhadap 1.278 unit mobil dikarenakan ada masalah pada fitur keselamatan airbag.

Lihat juga