Cek Kondisi Mobil Sebelum Liburan dengan Memperhatikan 5 Hal Ini

Share this post:
Cek Kondisi Mobil Sebelum Liburan dengan Memperhatikan 5 Hal Ini
Sebelum melakukan perjalanan berlibur bersama seluruh anggota keluarga, sebaiknya Anda lakukan cek kondisi mobil demi memastikan mobil dalam kondisi fit.

Akhir pekan ini ada momen libur Hari Raya Idul Adha yang bisa dimanfaatkan untuk liburan atau mudik ke kampung halaman. Kesempatan tersebut rasanya akan diambil oleh sebagian besar masyarakat lantaran pada momen libur Hari Raya Idul Fitri yang lalu ada larangan mudik karena berlakunya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Anda termasuk yang sudah berencana untuk melakukan perjalanan mudik atau liburan memanfaatkan momen Hari Raya Idul Adha? Jangan lupa untuk cek kondisi mobil sebelum berangkat ya. Apalagi utamakan mengecek lima komponen mobil berikut ini:

1. Jangan Lupa Ganti Oli Mobil

Periksa dipstick oli mobil

Periksa kondisi oli mesin melalui dipstick

Sebelum melakukan perjalanan jauh misalnya untuk berlibur atau mudik ke kampung halaman bersama seluruh keluarga, maka cek terlebih dulu kondisi oli mobil Anda. Pastikan kualitasnya masih baik dengan melihat fisik dari oli tersebut. Apabila oli sudah terlihat menghitam dan mengenal, maka jangan tunda untuk lakukan ganti oli. Begitu juga jika kuantitas oli mesin di bawah garis batas maksimal pada dipstick, maka perlu untuk ditambahkan. Jika mobil Anda juga menggunakan oli gardan, jangan lupa cek kapan waktu interval penggantian oli tersebut.

>>> Liburan Tidak Ada Rencana Pergi? Mainkan Game Asphalt 9: Legends Terbaru

2. Minyak Rem Mobil Jangan Sampai Kurang

Tempat minyak rem mobil

Tambahkan minyak rem sesuai spesifikasi yang disarankan produsen mobil tersebut

Sistem pengereman juga komponen yang vital pada mobil, termasuk memastikan kondisi minyak rem masih baik. Jika volume minyak rem pada tabung sudah mendekati batas mninimal, maka sebaiknya tambahkan dengan cairan rem yang memiliki spesifikasi sesuai rekomendasi pabrikan mobil Anda.

3. Periksa Air Radiator Mobil

Tambahkan air radiator mobil

Air radiator jangan sampai kurang apalagi habis

Masih seputar cairan, cek kondisi mobil juga wajib memperhatikan air radiator. Air ini berfungsi untuk membuat suhu mesin mobil tetap stabil ketika mesin bekerja. Pastikan air radiator mobil tidak kurang termasuk air cadangan pada tabung reservoir. Periksa juga jangan sampai ada kebocoran air radiator yang berpotensi membuat mobil overheat.

>>> Temukan Dealer Mobil Bekas Terbaik dan Berkualitas

4. Lampu-lampu Jangan Sampai Ada yang Mati

Lampu rem mobil

Jangan sampai ada lampu yang mati dan membahayakan pengguna jalan lain

Komponen berikutnya yang haris diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh adalah kondisi lampu-lampu. Yaitu lampu utama (headlamp), lampu kabut (foglamp), lampu rem, lampu mundur, serta lampu sein baik di depan, belakang atau lampu sein pada sipon. Jangan lupakan juga lampu interior untuk membantu penerangan di kabin.

5. Pastikan Tapak Ban Mobil Belum Aus

Ban cadangan mobil

Jangan lupa periksa juga kondisi ban cadangan

Terakhir saat cek kondisi mobil sebelum berangkat liburan atau mudik adalah memastikan kondisi semua ban dalam keadaan baik termasuk ban cadangan. Perhatikan kelayakan tapak ban jangan sampai sudah aus atau botak. Perhatikan juga tekanan angin ban harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Saat mengecek ban cadangan pastikan pula dongkrak dan kunci roda tersimpan di mobil untuk menghindari Anda kerepotan saat ada salah satu ban yang bocor atau pecah di jalan.

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ladies, Mumpung di Rumah Saja Yuk Cek Kondisi Mobil Sendiri

20/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ketika kampanye di rumah saja sedang bergaung demi menghindari penyebaran virus corona, yuk saatnya belajar merawat mobil sendiri. Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Lihat juga

Pentingnya Cek Kondisi Mobil Sesaat Sebelum Berkendara Di Pagi Hari

21/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Dengan melakukan pengecekan selama 5 menit, Anda sudah melakukaan tindakan preventif yang akan berpengaruh besar atas keselamatan Anda dan pengguna lalu lintas lainnya.

Lihat juga

Cara Mudah Memperhatikan Kondisi Mobil, Manfaatkan Smartphone

15/03/2019

Pengemudian

Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan para pemilik mobil, mulai dari menjaga kondisi 'kesehatan' dan kebersihannya hingga cara memperlakukannya dengan baik selayaknya bagian dari keluarga. Semuanya terlihat rumit, namun dengan memanfaatkan smartphone Anda sebagai pemilik mobil bisa lebih mudah untuk memperhatikan kondisi mobil kesayangan.

Lihat juga

6 Pertanda Ban Mobil Harus Diganti

06/07/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ban mobil harus diganti supaya keselamatan Anda di jalan bisa terjaga. Nah sebelum menggantinya, ada baiknya untuk mengetahui tanda-tanda ban harus diganti.

Lihat juga

Cegah Overheat Dengan Kuras Radiator

Air radiator dan radiator coolant perlu diganti secara berkala agar kondisinya tetap tejaga. Salah satu caranya dengan melakukan kuras radiator sekaligus membersihkan bagian luar radiatornya

Lihat juga