Jangan Lupa Manfaatkan Akhir Pekan untuk Cek Kendaraan

06/03/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Jangan Lupa Manfaatkan Akhir Pekan untuk Cek Kendaraan
Akhir pekan bisa Anda manfaatkan untuk melakukan cek kendaraan agar performanya bisa tetap optimal ketika nantinya digunakan lagi. Apa saja yang harus dicek?

Akhir pekan bisa Anda manfaatkan untuk melakukan cek kendaraan agar performanya bisa tetap optimal. Pengecekan kendaraan ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut Cintamobil.com berikan beberapa hal yang bisa dicek pada kendaraan selagi akhir pekan. 

Foto Honda Civc Turbo Sedan Di Pantai Lovina

Sebelum jalan-jalan, cek kendaraan dulu

1. Cek Cairan

Foto mesin L15B7 Honda

Cairan adalah hal pertama yang harus dilakukan saat cek kendaraan

Untuk mobil bermesin konvensional, cairan di kendaraan adalah hal vital. Apabila mobil mendapat masalah seperti overheating maupun mogok yang diakibatkan oleh cairan, pasti brabe tuh. Untuk itu cek seluruh cairan yang ada di kendaraan. Dari mulai oli mesin, air radiator, minyak rem, air aki, sampai oli power steering jika mobil Anda belum menganut Electronic Power Steering.

2. Cek Ban

Foto ban dan velg Honda Civic Turbo Sedan

Pastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan

Hal kedua yang harus Anda lakukan saat cek kendaraan adalah periksa ban mobilnya. Sebab, mobil hanya bertumpu pada empat permukaan ban saja yang biasanya punya lebar tapak tak lebih dari dua jengkal tangan Anda. Mengecek ban pun mudah, Anda tinggal lihat saja dari tanda bernama tread wear indicator. Jika tanda yang umumnya berbentuk segitiga (di dinding ban) dan kotak (di tapak ban) ini sudah tipis bahkan hilang, baiknya Anda segera mengganti ban mobil Anda.

3. Cek Toolkit

Gambar toolkit ban cadangan

Toolkit jangan sampai ketinggalan ya

Terlihat sepele, tetapi Anda akan menyesal saat dibutuhkan dan tidak bisa menemukan alat-alat yang berfungsi saat darurat. Pastikan kunci ban, segitiga pengaman dan dongkrak bahkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) untuk mobil lansiran 2021 tersedia di mobil Anda. Jika Anda tidak menemukannya, bacalah buku manual kendaraan Anda. Pasti ada petunjuk di mana alat-alat tersebut tersedia dan bisa diraih dengan cepat saat dibutuhkan.

>>> Cek Emisi Kendaraan di Bengkel Mobil Terdekat bersama Aplikasi E-Uji Emisi

4. Cek Surat-Surat

Gambar STNK

Pastikan STNK masih berlaku

Anda tak pernah tahu, kapan ada razia surat-surat kendaraan dan Anda harus diberhentikan oleh petugas. Oleh sebab itu, baiknya cek surat-surat sebelum Anda mengemudikan mobil Anda. Mulai dari SIM (Surat Izin Mengemudi) baik itu tipe A maupun B1 tergantung jenis kendaraan yang Anda bawa, juga STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Pastikan juga keabsahan dan masa berlakunya, tapi ingat saat parkir surat-surat ini harus di bawa serta oleh Anda saat keluar kendaraan berikut juga dengan kunci dan tiket parkir. Sebab, jika mobil hilang dan mobil dilengkapi asuransi, Anda dengan mudah bisa melakukan klaim.

5. Cek Bodi Mobil

Foto Honda Civic Turbo Sedan

Cek bodi mobil sebelum jalan

Terakhir yang harus Anda lakukan ketika cek kendaraan adalah dengan mengecek bodi mobil. Ini dimaksudkan agar Anda lebih paham kondisi bodi mobil Anda sebelum perjalanan dan sesudah perjalanan. Ketika ada penyok yang tak sengaja, bisa langsung terdeteksi dan Anda bisa mudah menuliskan kronologis penyoknya bodi saat hendak melakukan proses klaim asuransi.

>>> 6 Fitur yang Membantu Pengemudi saat Musim Hujan

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top