Cek 11 Komponen Kendaraan Sebelum Mudik Lebaran ala Shop & Drive

25/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Cek 11 Komponen Kendaraan Sebelum Mudik Lebaran ala Shop & Drive
Sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya lakukan pemeriksaan 11 komponen kendaraan Anda. Hal ini untuk memastikan kendaraan tetap bekerja dengan semestinya hingga tiba di tempat tujuan.

Pemeriksaan kendaraan adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua pemilik mobil. Tujuannya tentu agar kendaraan Anda bekerja dengan prima setiap saat akan dibutuhkan. Pemeriksaan kendaraan akan menjadi sangat penting jika Anda akan melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan Anda, misalnya saat akan mudik Lebaran.

>>> 5 Komponen Mobil yang Bisa Rusak Setelah Perjalanan Mudik Lebaran

Dan pada musim mudik tahun ini, Shop & Drive memberikan tips pengecekan 11 komponen kendaraan yang harus dilakukan para pemilik mobil sebelum melakukan perjalanan mudik. Bahkan pemeriksaan ini dapat dilakukan secara gratis di seluruh gerai Shop & Drive selama periode promo Lebaran.

1. Aki

Aki mobil

Cek semua bagian aki

Pengecekan pada aki dilakukan dengan pemeriksaan sistem kelistrikan aki dan air aki. Sistem kelistrikan harus dicek untuk mengetahui tingkat voltase aki. Apabila tingkat voltase lemah, maka dapat mengakibatkan mobil sulit dihidupkan atau mobil mogok di tengah perjalanan mudik. Terminal aki yang kotor juga wajib dibersihkan dan dikencangkan kembali. Selain itu, kabel pada aki juga harus dipastikan terpasang dengan baik. Kemudian air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan. Kalau air aki kurang maka akan merusak komponen lain di dalam aki tersebut.

>>> Sebelum Membeli Mobil Bekas, Jangan Lupa Cek 5 Hal Ini

2. Oli

Ganti oli mobil

Ganti oli mesin, oli transmisi dan oli gardan

Sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran, 11 komponen kendaraan lainnya yang harus diperiksa adalah oli, baik oli mesin, oli transmisi, maupun oli gardan. Penggantian ketiga komponen ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan dalam upaya mencegah kerusakan pada bagian komponen tersebut, mencegah mesin mengalami overheat, menurunnya kinerja mesin, dan meisn jadi boros bahan bakar.

3. Shockbreaker

Sistem suspensi mobil

Cek juga kondisi shock absorber

Shockbreaker punya tugas berat untuk menyerap guncangan yang timbul saat kendaraan melaju sehingga membuat semua penumpang di dalam mobil merasa nyaman. Maka dari itu, pengecekan komponen ini harus dilakukan untuk menghindari resiko shockbreaker yang bocor atau ada komponen suspensi lainnya yang mengalami kerusakan.

>>> Shockbreaker Calya-Sigra Bocor? Ini Solusinya

4. Filter Udara

Filter udara mobil yang kotor

Bersihkan filter udara sebelum mudik

Sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya cek kondisi filter udara. Jika kotor maka bagian ini wajib untuk dibersihkan. Karena filter yang kotor akan membuat tarikan mesin jadi lebih berat, penggunaan bahan bakar juga jadi lebih boros, dan suara mesin lebih kasar. Kalau ada bagian filter yang robek atau rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru

5. Filter Oli dan AC

Filter AC mobil

Jangan lupakan juga filter AC

Selain filter udara pada mesin, komponen lain yang tidka boleh terlewat untuk dicek adalah filter oli dan filter AC. Filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran pada oli. Jika oli sudah diganti tapi filter masih kotor, maka oli yang baru tadi akan ikut tercampur kotoran dari filter. Sementara itu filter AC juga wajib diperiksa agar dapat menyaring udara kotor yang masuk ke dalam kabin mobil.

>>> Masih Banyak Mitos, Berikut Fakta Penggantian Filter Oli

6. Tekanan Angin Ban

Cek tekanan angin ban

Cek semua tekanan angin pada ban

Memeriksa tekanan angin pada keempat ban mobil Anda wajib dilakukan sebelum mobil melaju. Hal ini guna mencegah ban kempis atau pecah tiba-tiba di tengah perjalanan mudik Lebaran. Ban yang kelebihan atau kekurangan angin juga akan mempengaruhi jarak pengereman mobil, serta kestabilan saat di tikungan. Bahkan dengan tekanan angin ban yang tepat, maka dapat menghemat bahan bakar mobil Anda.

>>> Berapa Sih Tekanan Angin Ban Mobil Anda?

7. Minyak Rem

Isi ulang minyak rem

Kondisi minyak rem pun harus diperhatikan

Minyak rem yang kotor dapat menurunkan fungsi kerja rem, bagian ini juga wajib masuk dalam 11 komponen kendaraan yang harus diperhatikan saat hendak mudik Lebaran. Perhatikan kondisi minyak rem, apabila terlihat keruh, maka sebaiknya minyak rem diganti.

8. Air Radiator

Cek air radiator

Jangan sampai air radiator kurang atau bahkan kering

Sistem pendinginan mesin juga harus dijaga agar berfungsi dengan maksimal selama perjalanan mudik. Satu diantaranya dengan cara mengecek kondisi air radiator. Pastikan air radiator tidak kurang dan pastikan juga air di reservoir tidak habis. Jika air radiator kering maka akan menyebabkan mesin panas atau overheat.

9. Wiper

Karet wiper mobil

Pastikan karet wiper masih berfungsi baik

Wiper pun menjadi komponen mobil yang memerlukan pengecekan saat akan melakukan perjalanan jauh. Wiper yang berfungsi optimal akan membuat pandangan pengemudi ketika melakukan perjalanan mudik Lebaran jadi jernih dan tidak terganggu dengan air hujan yang mengenai kaca depan.

>>> Tips tentang perawatan mobil selalu ada di Cintamobil.com

10. Lampu-lampu

Lampu stop belakang mobil

Jika ada lampu yang padam sebaiknya langsung ganti

Cek semua kondisi lampu utama, lampu stop, maupun lampu sein, apakah lampu tersebut masih layak digunakan atau tidak. Juga periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya. Jika ada satu saja lampu yang padam, maka sebaiknya langsung ganti dengan bohlam yang baru.

>>> Ingin membeli mobil baru maupun bekas? Dapatkan daftarnya hanya di sini

11. Semir Ban

Ban mobil disemir

Semir ban untuk menjaga elastisitasnya

Hal terakhir dari 11 komponen kendaraan yang harus diperhatikan saat hendak mudik Lebaran adalah menyemir ban. Dengan menyemir ban maka akan membantu membersihkan ban dari kotoran yang menempel. Sleain itu, ban yang bersih juga membuat ban tampak seperti baru. Dan dengan bahan dari semir ban akan menjaga elastisitas dari ban tersebut.

>>> Temukan tips dan trik menarik lainnya disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

8 Komponen Kendaraan yang Cepat Ganti

Oli mesin, busi, aki, lampu, kanvas rem dan bagian kaki kendaraan, kanvas kopling, filter dan ban adalah komponen mempunyai usia pendek dan wajib diganti secara berkala.

Lihat juga

5 Tips Merawat Mobil agar Awet dan Bagus

Mesin mobil merupakan bagian terpenting untuk kelangsungan mobil. Dengan mesin yang tahan lama, bisa dipastikan mobil yang kita miliki bisa bertahan dengan lama pula. Perawatan secara berkala bisa memberikan kondisi mesin yang tetap tangguh di dalam setiap kondisi jalanan.

Lihat juga

Pentingnya Membersihkan Saringan Udara Untuk Mesin Yang Lebih Stabil

Filter udara pada mesin merupakan salah satu komponen yang termurah pada mobil tapi memiliki pekerjaan yang sangat penting. Pentingnya membersihkan saringan udara berakibat pada pemakaian bahan bakar yang lebih sedikit dan mesin yang lebih stabil. Tentu saja, saringan udara menjadi salah satu komponen penunjang kenyamanan berkendara yang bisa anda dapatkan.

Lihat juga

Review Aston Martin Vantage 2018

27/09/2018

Editor rate:

Kabar baik bagi Anda pecinta mobil Sport, pasalnya Aston Martin Vantage Indonesia baru saja diluncurkan. Butuh setidaknya 10 bulan setelah debut pertamanya di bulan November 2017, Aston Martin Vantage akhirnya bisa dicicipi oleh masyarakat Tanah Air. Apa saja spesifikasinya? Berikut mari kita simak review Aston Martin Vantage 2018.

Lihat juga

Harga Ford Fiesta 2021: Daftar Harga mobil Ford Fiesta terbaru Januari

01/01/2021

Ford

Anda mungkin bosan dengan mobil-mobil besutan Jepang atau Korea, nah kali ini Cintamobil.com membahas mobil hasil desain khas Amerika Serikat yakni Ford Fiesta. Desainnya cukup mungil dengan konsep Compact yang memadukan esensi elegan dan sporty, selaras dengan selera anak muda. Berapa harga Ford Fiesta terbaru?

Lihat juga
 
back to top