Cegah Virus Corona Bersarang di Kabin Mobil dengan Teknik Fogging

11/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Cegah Virus Corona Bersarang di Kabin Mobil dengan Teknik Fogging
Satu dari beberapa cara mencegah virus corona bersarang di kabin mobil adlaah dengan rutin melakukan fogging. Apa dan bagaimana cara kerja fogging kabin mobil ini? Berikut ulasannya.

Saat ini wabah virus corona telah menjadi pendemi dunia. Virus dengan code COVID-19 itu pun menyebar hampir diseluruh negara dipenjuru bumi ini. Termasuk juga Indonesia yang kabar terakhir menyebutkan telah ada 27 pasien terinfeksi virus corona.

Sama seperti virus lainnya, COVID-19 juga bisa bersarang di benda apa saja. Tak terkecuali di kabin mobil. Bahkan ada penelitian yang menyebut, jika kabin mobil yang tak terawat, bisa menyimpan kuman, bakteri, dan virus dalam jumlah yang hampir sama dengan sebuah toilet.

Untuk itulah, perlu selalu rutin membersihkan kabin mobil. Dan demi mencegah virus corona bersarang di kabin mobil, tim Cintamobil.com menyarankan agar Anda tambahkan perawatan interior dengan teknik fogging.

>>> Selain Kotor, Ini Pengaruh Sisa Makanan di Dalam Kabin Pada Mobil

Bagimana Cara Kerjanya?

kabin mobil sedang di fogging

Fogging bisa membunuh kuman, bakteri dan virus yang menempel disela-sela kabin

Fogging kabin mobil pada prinsipnya memiliki teknik yang sama jika Anda pernah melihat teknik penyemprotan untuk mencegah nyamuk demam berdarah. Bedanya, uap ini disemburkan di dalam kabin mobil.

Dalam merawat interior mobil, mengelap dashboard, mencuci bersih karpet dan pelapis jok saja ternyata tidak cukup untuk membunuh kuman, bakteri, serta virus. Berbagai macam parasit ini harus dihilangkan dengan gas infektan yang disebar sampai ke sela-sela kabin.

>>> Temukan promo mobil baru yang menarik khusus buat Anda disini

Dengan fogging kabin mobil, alat fogging akan menyemburkan asap berupa cairan anti bakteri. Uap berwarna putih itu disalurkan ke seluruh ruangan dalam mobil menggunakan sirkulasi AC di mobil tersebut. Proses ini bisa berlangsung 15 menit untuk kendaraan berdimensi kecil, atau 30 menit untuk kendaraan berdimensi sedang hingga besar.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

mobil yang sedang proses fogging

AC harus terus menyala dan pintu serta jendela tertutup rapat selama proses fogging

Agar bisa mencegah virus corona masuk ke kabin mobil dengan teknik fogging, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. "Pastikan interior mobil lebih dulu dibersihkan, supaya kotoran tidak ikut terangkat dan tersebar selama proses fogging," seperti dilansir dari laman AC Rotary Bintaro.

>>> Ada banyak sekali pilihan mobil bekas yang berkualitas dengan harga murah disini

Selain itu, saat proses fogging mesin kendaraan harus tetap hidup dan AC juga dihidupkan dengan setting blower AC pada putaran paling kencang. Ini dimaksudkan agar perputaran uap fogging bisa berlangsung baik hingga ke seluruh kabin. Jangan lupa juga untuk menutup rapat semua pintu dan jendela mobil.

Fogging juga selain membunuh kuman bahkan bisa mencegah virus corona bersarang di kabin mobil, ternyata dapat pula digunakan dalam membersihkan evaporator AC. Sehingga setelah fogging, hembusan udara dari AC bisa terasa lebih dingin akibat evaporator bekerja dengan baik.

Untuk perawatan kabin mobil yang telah difogging, sebaiknya lakukan fogging ulang tiap 3 pekan atau sebulan sekali.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tetap Terlihat Bersih, Berikut Tips Merawat Interior Berwarna Cerah

Mempunyai interior berwarna cerah memiliki efek membuat kabin terasa lega. Namun interior berwarna ini perlu dirawat dengan baik agar tidak terlihat kusam.

Lihat juga

Ini Bahan Alami untuk Kabin Mobil Anda Agar Tetap Wangi

13/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Menggunakan bahan alami untuk kabin mobil sangat baik untuk kesehatan. Selain kesehatan, cara ini juga direkomendasika agar menyehatkan keuangan Anda.

Lihat juga

Suhu Kabin Mobil Bisa Mengancam Nyawa, Apa Penyebabnya?

04/10/2019

Pengemudian

3 menit

Sudah bukan rahasia lagi kalau suhu ruangan mobil yang diparkir di luar siang hari dapat meningkat sangat tinggi. Hal ini yang kadang memicu tragedi ketika orang-orang tidak sengaja meninggalkan anak atau hewan peliharannya terkunci di dalam mobil. Apakah memang suhu mobil bisa mengancam nyawa? Apa penyebabnya?

Lihat juga

Review Mazda 2 GT 2020: Kompromi Positif Demi Raih Tahta Raja Hatchback Compact

31/01/2020

Editor rate:

Versi facelift dari Mazda 2 akhirnya masuk ke Indonesia di Indonesia. Apakah ubahan yang diberikan pada Mazda 2 GT 2020 mampu menambah daya tarik hatchback ini?

Lihat juga

Harga DFSK Glory 560 2020: Harga & Promo Glory 560 September Terbaru

01/09/2020

DFSK

Bersama Glory 580, tampilan yang maskulin, performa tinggi, serta harga DFSK Glory 560 yang menawan menjadi salah satu pilihan kendaraan Anda bersama keluarga.

Lihat juga