Cegah Power Window Macet, Lakukan 4 Hal Ini

26/06/2019

Perawatan dan service

2 menit

Cegah Power Window Macet, Lakukan 4 Hal Ini
Mobil modern tentu sudah dilengkapi dengan power window untuk pengemudi maupun penumpang untuk mempermudah membuka dan menutup jendela mobil. Namun fitur ini juga rawan macet karena usia pakai. Ada cara untuk cegah power window macet dengan melakukan 4 hal ini.

1. Bersihkan Rel Power Window

Membersihkan kaca jendela mobil

Saat membersihkan kaca jendela, jangan lupa bagian rel power window

Setelah melakukan perjalanan jauh atau mobil Anda rutin dipakai setiap hari, disarankan untuk mencuci mobil. Saat mencuci mobil, jangan lupa untuk membersihkan bagian rel power window. Jika Anda mengabaikannya, kaca jendela bisa tidak bekerja dengan maksimal dan sulit dioperasikan secara elektris. Selain itu untuk cegah power window macet, gunakan sampo mobil berkualitas baik agar kelembapkan dan elastisitas karet terjaga.

>>> Banyak Salah Paham, Protection Paint Film Berbeda Dengan Coating

2. Periksa Setiap 6 Bulan

Memeriksa kondisi power window

Periksa kondisi power window setiap 6 bulan sekali

Selain servis rutin untuk mesin, komponen power window juga perlu diperiksa setiap enam bulan sekali. Terlebih bila Anda sering melalui jalanan berdebu, maka perawatan atau pemeriksaan harus dilakukan lebih sering. Hal ini karena debu bisa merusak kinerja dari power window atau membuat macet.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar harganya hanya di sini

3. Bersihkan Karet Kaca Jendela

Semprotkan pembersih di karet kaca jendela

Gunakan silicone spray untuk membersihkan karet kaca jendela

Karet-karet kaca jendela juga harus rutin dibersihkan untuk cegah power window macet. Anda bisa menggunakan silicone spray yang banyak dijual di pasar aksesoris atau perawatan mobil. Jangan gunakan cairan penetran karena cairan sejenis ini bisa mengundang debu untuk kembali. Silicone spray punya sifat lebih netral dan cocok untuk membersihkan kaca jendela.

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan mobil lainnya hanya di sini

4. Gunakan Seperlunya

Menggunakan power window untuk buka kaca jendela mobil

Gunakan power window seperlunya agar tidak cepat rusak

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk cegah power window macet adalah gunakan seperlunya saja. Hindari tangan iseng si kecil yang senang bermain power window yang bisa merusak power window. Selain itu bila kaca dalam kondisi sangat basah, jangan menarik kaca terlalu dalam untuk memperpanjang usia power window. Nah, sudah paham bukan cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk cegah power window macet? Selamat mencoba!

>>> Temukan tips merawat mobil Anda yang lainnya hanya di Cintamobil.com

 
back to top