Cegah Kebocoran, Inilah Tips Periksa Kondisi Karet Pada Mobil Bekas

Share this post:
Cegah Kebocoran, Inilah Tips Periksa Kondisi Karet Pada Mobil Bekas
Saat membeli mobil bekas (mobkas), banyak hal yang harus diperhatikan. Tetapi kerap terlewatkan ialah memeriksa karet-karet pada mobil. Bagaimana cara periksa kondisi karet pada mobkas?

Karet-karet yang ada di sekitar kaca dan pintu mobil memang bukan komponen utama pada mobil. Namun bila kondisinya sudah rusak, akan membuat berkendara menjadi tidak nyaman sepanjang perjalanan. Begitu juga saat Anda membeli mobkas harus memperhatikan kondoso komponen ini.

>>> Baca juga: Tetap Terawat, Berikut Tips Menghilangkan Kotoran di Karet Kaca

Adapun fungsi dari karet pada kaca mobil adalah untuk menahan air agar tidka masuk ke kabin dan panel pintu. Jika air sampai masuk ke dalam panel pintu, bisa merusak fungsi sistem power window, speaker, juga actuator door lock. Tidak hanya itu, karet kaca juga berfungsi untuk meredam suara bising dari luar dan menahan angin tidak masuk ke kabin.

Jangan hanya periksa karet jendela bagian luar saja

Meski tidak bersentuhan langsung dengan debu dan polusi udara, periksa juga karet bagian dalam

Karet kaca pada samping mobil sering luput dari pemeriksaan calon pembeli mobkas. Tidak heran bila setelah mobkas dibeli kaca mobil menjadi seret ketika dinaik-turunkan. Umumnya seretnya kaca tersebut karena ada kotoran yang menumpuk seperti debu yang membuat karet retak atau robek.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Umumnya karet-karet ini berusia 4-7 tahun pemakaian di mobil. Tapi yang jarang diketahui orang adalah sudah berapa lama karet tersebut diproduksi sebelum dipasangkan di mobil. Sehingga kondisinya akan bertahan dalam waktu yang lebih pendek dari umumnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendeteksi kondisi karet pada kaca jendela mobil. Pertama-tama adalah karet bagian luar (run door glass) dan bagian dalam. Cara memeriksa karet bagian ini cukup mudah. Anda bisa melihat kondisi kebersihan dari karet, kelenturan, dan sudut-sudut karet yang berpotensi robek.

Karet yang rusak bisa mudah lepas dan berbahaya

Karet yang rusak baik pada pintu maupun jendela bisa diperbaiki dengan diganti yang baru

Selanjutnya naik-turunkan kaca jendela mobil untuk memastikan berfungsi dengan lancar. Pastikan tidak terdengar bunyi gesekan kaca dengan karet. Bila ternyata seret, kemungkinan bagian sudut karet pintu ada yang rusak atau robek. Selain pada bagian kaca, karet pintu juga wajib diperiksa.

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan mobil lainnya hanya di sini

Cara mendeteksi karet pintu lebih mudah karena terbuka. Pastikan kondisi karet pintu masih lentur dan kenyal sebagai tanda masih apik. Periksa juga kebersihannya khususnya pada bagian sudut atas pintu karena rentan terjadi kerusakan. Cara lainnya adalah buka dan tutup pintu mobil. Bila terdengar suara keras atau nyaring, kemungkinan ada kondisi karet yang sudah aus atau rusak.

Bila karet rusak maka air bisa masuk ke dalam kabin

Saat musim hujan bila ada kebocoran pada sela-sela pintu, kemungkinan ada karet yang rusak

Untuk cara merawatnya pun selain diperiksa berkala, pastikan tidak sering terkena sengatan matahari yang terlalu lama di area parkir. Hal ini bisa mengurangi kelenturan karet dan menjadikan usia karet semakin pendek. Bila saat membeli mobil bekas ada bagian karet yang rusak, Anda harus menyiapkan biaya sekitar Rp 150-550 ribu tergantung tipe mobil dan ongkos pemasangannya. Kami sarankan pemasangan karet dilakukand di bengkel resmi.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
 
back to top