Cegah Bocor, Cek Selalu Kondisi Selang Radiator

21/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Sosoknya selalu terlupakan, padahal fungsinya sangat penting dalam sirkulasi pendinginan radiator. Sebelum bocor dan mengakibatkan overheat, yuk cek kondisi selang radiator

Masalah overheat juga bisa terjadi pada mobil yang berusia relatif ‘muda’. Namun penyebab overheat tak melulu datang dari radiator, melainkan juga kondisi selang radiator pun memiliki andil besar untuk terjadinya peningkatan suhu mesin yang sangat drastis. “Masalah pada selang radiator cuma satu, yakni terjadi kebocoran. Pada mobil yang berusia diatas 5 tahun wajib diperiksa kondisi selang radiatornya,” sahut Sulaiman dari bengkel spesialis radiator Leman Jaya Radiator di bilangan Pagelarang, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Foto ilustrasi kebocoran pada selang radiator

Jika selang radiator terlihat getas atau retak, sebaiknya langsung ganti agar terhindari dari kebocoran

Penyebab bocornya selang radiator pun bermacam-macam. Panasnya suhu di ruang mesin menjadi musuh utama bagi selang radiator. “Karena terbuat dari karet, seiring waktu, selang radiator bisa getas dan retak pada permukaannya akibat panasnya ruang mesin,” ujar Baharuddin Zainal, mekanik Honda Megatama Kalimalang, Jakarta Timur. Jika sudah getas dan retak di permukaannya, kebocoran pada selang radiator pun tinggal menunggu waktu.

>>> Artikel terkait lainnya:

Foto cek kondisi selang radiator

Jaga kondisi selang radiator tetap terlihat bersih agar mudah terlihat ketika getas atau ada kebocoran

Perawatan yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil untuk mecegah kebocoran pada selang radiator hanya dengan memastikan bahwa selang masih dalam kondisi baik. Jika terlihat kotor, cucilah dengan air dan lap hingga bersih. Tidak disarankan untuk menggunakan sabun deterjen atau cairan pembersih. ”Sabun yang mengandung deterjen atau cairan pembersih ditakutkan memiliki cairan kimia yang akan merusak sifat elastisitas selang radiator,” wanti Sulaiman. Dampaknya, selang radiator bisa cepat getas dan retak pada permukaannya.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Foto klem pengunci selang radiator

Klem pengikat selang radiator yang telah longgar juga bisa mengakibatkan kebocoran

Selain selangnya, klem pengikat selang radiator pun rawan terkena karat dan rawan oblak. Dampaknya, aliran air bisa merembes lewat klem yang sudah renggang. ”Jika klemnya terlihat sudah berkarat, sebaiknya lekas ganti dengan klem yang berkualitas juga. Perhatikan pada pengunci klemnya, apabila jika ditarik penguncinya terasa kurang kokoh sebaiknya jangan dipilih, karena tekanan air radiator cukup tinggi,” tambah Baharuddin. Sehingga, perawatan sistem pendinginan mesin setiap enam bulan sekali sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya overheat. Harga selang radiator sendiri berkisar Rp 150-400 ribu per setnya. Sementara untuk klem pengikat selang radiator hanya berkisar Rp 20-40 ribu saja.

>>> Tips & trik dunia otomotif lainnya di Cintamobil.com

 
back to top