Begini Cara Cas Aki Mobil dengan Benar

21/03/2021

Perawatan dan service

4 menit

Solusi pertama saat aki menurun kualitasnya adalah dengan cas aki mobil daripada langsung mengganti aki mobil.

Jika Anda dan keluarga berencana untuk melakukan perjalanan jauh, jangan lupa cas aki mobil untuk antisipasi aki bermasalah saat di perjalanan. Sebagai komponen penting bagi mobil, ada banyak permasalahan yang bisa timbul jika aki mobil soak.

Salah satu penyebab mobil tidak bisa distarter adalah saat kinerja aki mulai lemah. Sebagai sumber energi dari semua komponen yang ada di dalam mobil, aki yang lemah otomatis tak akan kuat menghidupkan mesin kendaraan. Jadi, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan daya aki. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah charger aki mobil. Namun, perlu Anda ingat pengecasan aki mobil hanya bisa dilakukan jika kondisi aki masih baik. Jika aki sudah tekor, kami sarankan Anda membeli yang baru karena aki yang soak saat dicas pun daya listriknya tak akan seperti semula.

Cas Aki Butuh Berapa Lama?

orang memegang charger aki mobil

Charger aki mobil membutuhkan waktu berdasarkan proses pengisian

Proses cas aki mobil sebenarnya sama seperti Anda charger baterai smartphone. Charger aki mobil disesuaikan dengan kapasitas aki mobil. Anda bisa cek satuan Ah (Ampere Hour) pada sisi samping aki. Cas aki berapa lama juga tergantung pada proses pengisian, pengisian lambat atau pengisian cepat.

Pengisian Lambat

Cara ini bisa Anda pilih jika ingin mengisi daya sambil ditinggal tidur biar nggak overcharger. Biasanya arus maksimal yang digunakan hanya 10%. Lamanya pengisian aki mobil juga tergantung dari kapasitas akinya. Misalnya aki 12 Volt 40 Ah membutuhkan pengisian sekitar 12 jam. Berikut cara menghitungnya.

  • Pertama, hitung besaran arus pengisian x daya aki (40 x 10% = 4Ah).
  • Selanjutnya, hitung rumus (kapasitas aki (Ah) / arus pengisian) + (20% x kapasitas aki/arus pengisian).
  • Hasilnya, (40Ah / 4Ah) + (20% x 10) = 10 + 2 = 12 jam.

Pengisian Cepat

Untuk jenis ini, Anda akan menggunakan arus yang lebih besar hingga 40%. Waktunya jadi lebih cepat. Rumus perhitungannya pun sama dengan cara di atas, tingga ganti saja besaran arus menjadi 40%.
40 x 40% = 16 Ah
(40Ah / 16 Ah) + (20% x 2.5) = 2.5 + 0.5 = 3 jam
Lama pengisian aki bisa lebih cepat atau lebih lambat. Saran kami ada baiknya Anda memilih pengisian lambat. Karena fast charging akan mempercepat kerusakan aki akibat arus yang masuk terlalu besar.

>>> Rekomendasi Charger Aki Mobil 60 Ampere atau Lebih

Cara Charger Aki Mobil yang Benar

charger aki mobil kuning

Agar tak cepat rusak charger aki mobil juga tak bisa asal

Melakukan cas mobil aki sebenarnya tak bisa sembarangan agar nggak merusak aki. Pasalnya salah dalam mengisi daya aki akan menurunkan kemampuan aki tersebut. Berikut ini rangkaian cas aki mobil yang benar.

  1. Keluarkan aki mobil terlebih dahulu dari mobil untuk menjaga keamanan saat proses charger. Saat charger aki mobil, biasanya air aki yang mendidih akan membuat gelembung yang masuk ke lubang ventilasi aki. Air aki inilah yang sangat berbahaya bagi body mobil, bahkan bisa membuat kulit gatal.
  2. Buka tutup ventilasi aki dengan hati-hati untuk memeriksa ketinggian air sebelum proses charger. Jika volume air aki kurang, Anda bisa menambahkan dengan air suling atau air aki botol biru. Tambahkan saja air hingga sisa 1/3 bagian atas ketinggian. Lalu buka tutup ventilasi air aki untuk mengurangi risiko ledakan.
  3. Selanjutnya pasang kabel charger aki. Saran kami, lakukan pemasangan kabel secara berurutan. Anda bisa memulai dari kabel positif lalu memasang kabel negative. Pastikan posisi kabel sesuai dan jepitannya kuat.
  4. Jika kabel charger sudah terpasang, hidupkan alat charger. Atur saklar charger pada posisi yang tepat. Biasanya ada tiga saklar untuk mengecas aki mobil, saklar arus pengisian, saklar atur tegangan, dan saklar atur waktu pengisian.
  5. Terakhir tunggu hingga proses pengecasan aki selesai.

>>> Pelanggan Tak Suka Rolls-Royce Electric karena Repot Charger Baterai

Charger Aki Mobil yang Bagus

charger aki mobil warna kuning

Cas aki mobil portable bisa jadi pilihan praktis

Ada banyak pilihan charger aki mobil yang bagus. Salah satunya adalah charger aki portable. Charger aki portable menawarkan keuntungan yang praktis digunakan. Anda tak perlu melepas aki kendaraan untuk dicharger. Layaknya sebuah smartpone, charger aki portable memiliki indikator pengisian yang bergerak. Bahkan indikator tersebut bisa menunjukkan jika aki yang ingin dicas dayanya bermasalah.  

Nah, salah satu cara merawat aki adalah mengisi daya ulang aki. Jika Anda bingung mencari charger aki yang bagus dan berkualitas, berikut ini rekomendasinya.

NOCO G7200 EU Genius

Memiliki teknologi anti percikan dan pelindung polaritas terbaik, NOCO G7200 EU Genius bisa mengisi daya dua kali lebih cepat. Memiliki kapasitas 230 Ah, tipe ini memiliki garansi resmi dari PT Karsten Lautan Berat dengan harga mulai Rp 950.000.

Motobatt MBCBABY Baby Boy

Tipe Motobatt MBCBABY Baby Boy memiliki tegangan 6 volt dan 12 volt. Keunggulannya nggak hanya untuk mengisi daya aki, tapi juga membuat aki mobil Anda lebih awet, lebih aman karena berdaya rendah, dan harga yang terjangkau. Harga charger aki mobil yang satu ini mulai dari Rp 275.000.

Voz Quick Charger Voz Quick

Charger ini memiliki daya input AC 220 volt dengan tegangan 6 volt dan 12 volt. Ukurannya tidak begitu berat, hanya sekitar 1,1 kg dengan dimensi 110 x 100 x 75 mm yang bisa mengisi aki dengan kapasitas hingga 30 Ah. Harganya cukup terjangkau, sekitar Rp 200.000.

Itulah informasi tentang harga cas aki mobil, durasi pengisian aki mobil, dan cara charger aki mobil yang benar. Semoga informasinya bermanfaat!

>>> Simak berbagai tips & trik lainnya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa lama usia aki mobil?
Usia aki mobil sekitar 1,5 hingga 2 tahun.
Bagaimana cara merawat aki mobil?
Perhatikan beban pemakaian, bersihkan aki secara berkala, panaskan mobil secara berkala.
Lebih baik pengisian ai cepat atau lambat?
Fast charging tidak direkomendasikan karena berpotensi merusak sel aki lebih cepat.
Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top