Cari Monitor Kabin, Pilih Roof Monitor atau Headrest Monitor?

26/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Cari Monitor Kabin, Pilih Roof Monitor atau Headrest Monitor?
Menentukan untuk pilih roof monitor atau headrest monitor haruslah dengan mempertimbangkan dimensi dari kabin mobil Anda sendiri serta tingkat kerumitan pemasangan dari monitor tersebut. Termasuk juga kesulitannya jika monitor akan dicabut saat sudah tidak dibutuhkan.

Menambah kenyamanan di dalam mobil khususnya buat penumpang belakang bisa dengan berbagai cara. Satu diantaranya dengan menambahkan monitor sebagai perangkat hiburan tambahan di kabin bagian belakang.

>>> Tips Memilih Headunit Mobil

Dengan penambahan monitor, tentunya penumpang di baris kedua dan ketiga juga akan mendapatkan fasilitas hiburan yang sama dengan penumpang depan. Namun jika Anda bingung mau pilih jenis monitor seperti apa, apakah roof monitor atau headrest monitor, berikut kami berikan referensi perbedaan keduanya.

1. Roof Monitor

roof monitor mobil

Perhatikan lokasi penempatan dan dimensi roof monitor

Sesuai namanya, ini adalah monitor yang diletakkan dibagian atap kabin mobil. Pemasangan roof monitor memang lebih menghemat biaya, lantaran Anda cukup beli satu monitor tambahan dan dipasang dibagian atap kabin mobil Anda.

>>> Temukan promo mobil baru disini

Namun monitor jenis ini juga punya kekurangan, terutama dalam hal ukuran. Jika Anda memilih roof monitor dengan ukuran cukup besar, maka akan mengganggu estetika dan visualitas pengemudi ke arah belakang. Selain itu jika mobil Anda sudah menggunakan sunroof atau bahkan panoramic roof, maka akan kesulitan untuk menempatkan monitor jenis ini.

Saran dari kami, sebaiknya pilih roof monitor dengan ukuran tidak terlalu besar dan bisa dilipat sehingga jika tidak digunakan dapat dilipat ke arah bagian atap mobil.

>>> Cari mobil bekas berkualitas ada disini

2. Headrest Monitor

headrest monitor

Headrest monitor lebih mudah pemasangannya

>>> Tips perawatan mobil bisa ditemukan disini

Produk ini biasanya dijual sepaket dengan headrest jok depan, kiri dan kanan. Dengan demikian pemasangannya juga terbilang lebih mudah, karena cukup dengan mengganti headrest jok mobil Anda dnegan headrest yang sudah dilengkapi monitor.

Dan jika Anda sudah bosan memakai monitor ini atau misalnya mobil akan kembali dijual, maka headrest monitor bisa dicopot dan diganti dengan headrest jok standar Anda.

Namun belakangan ini tersedia juga headrest monitor yang pemasangannya tidak menyatu dengan headrest. Monitor dijepit di bagian headrest sehingga terkesan lebih futuristik. Monitor jenis ini juga sangat disukai karena pemasangannya yang terbilang mudah, bahkan tanpa harus membongkar headrest jok standar mobil.

Jadi pilih roof monitor atau headrest monitor buat kabin mobil Anda?

>>> Tips & trik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top