Cari Cover Untuk Mobil Kesayangan, Perhatikan Hal Ini Dulu

23/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Cari Cover Untuk Mobil Kesayangan, Perhatikan Hal Ini Dulu
Dapat menjaga body mobil dari hal yang tidak diinginkan, cover atau sarung mobil sudah menjadi hal yang tak terpisahkan dari mobil Anda. Jika Anda belum punya dan ingin membeli cover mobil, apa saja yang harus diperhatikan?

Penggunaan sarung atau cover mobil akan sangat menjaga kondisi body mobil Anda. Khususnya saat mobil terpaksa harus diparkir di tempat yang tidak seharusnya, misal di luar garasi mobil atau melindungi dari hal yang tidak diinginkan seperti baret halus atau air hujan yang dapat membuat body mobil kusam.

>>> Kanebo dan kemoceng justru tak boleh digunakan saat membersihkan mobil, kenapa?

Saat memilih cover mobil, Anda tentu akan dihadapkan dengan banyak pilihan, mulai dari ukuran, material, sampai ke kualitas bahan seperti gampang kering atau tidak, cover bisa luntur atau tidak, dan sebagainya.

Agar memudahkan Anda saat memilih cover mobil, berikut empat hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan cover mana yang akan Anda beli untuk mobil kesayangan Anda.

Sesuaikan dengan model mobil

Contoh cover mobil untuk sedan sport

Usahakan pilih cover yang sesuai dengan model mobil Anda

Ini hal yang paling penting, Anda harus paham dan sadar dengan dimensi mobil Anda saat mencari cover mobil Seperti kita ketahui, tiap-tiap mobil pasti memiliki panjang, lebar, dan tinggi yang berbeda-beda.

Baiknya, kita memilih cover mobil yang memang dibuat untuk model tertentu, karena dapat menutup keseluruhan body mobil dengan sempurna. Namun jika cover mobil Anda sulit dicari karena model yang langka, Anda bisa coba mencari cover yang diperuntukkan untuk mobil sejenis di pasaran.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Semisal, jika Anda sedang kesulitan mencari cover mobil untuk Chevrolet Spin, Anda bisa mencari alternatif dari mobil LMPV lainnya, sebut saja Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, atau Honda Mobilio yang jauh lebih familiar. Memang, covernya pasti akan sedikit longgar atau sempit karena dimensi mobil berbeda, namun masih bisa dipakai untuk menutup body mobil secara optimal.

Tempat mobil ditaruh

Selain model mobil, Anda juga harus menyesuaikan pilihan cover mobil dengan tempat di mana mobil ditaruh atau parkir. Semisal, jika Anda memarkir mobil di garasi indoor, maka gunakan cover berbahan fabric yang memberikan sirkulasi udara yang baik.

Sebaliknya, jika desain garasi mobil Anda terbuka, pilihlah cover berbahan sintesis atau plastik tebal agar bebas dari air hujan yang dapat membuat body mobil terlihat kusam jika lama mengendap.

Pilih bahan yang gampang kering

Contoh cover mobil SUV

Dengan bahan yang mudah kering, cat mobil dapat terhindar dari jamur

Selain ukuran cover, hal penting lainnya dalam pemilihan cover mobil yakni bahannya. Jika sarung digunakan selama berhari-hari untuk menutup mobil, ada baiknya sesekali membuka dan mengeringkannya. Nah, di sini Anda akan merasakan keunggulan bahan yang gampang kering.

>>> Simak tips perawatan mobil lainnya di sini

Dengan material yang gampang kering, kualitas cat mobil Anda dapat terjaga. Hal ini dikarenakan body mobil dapat terhindar dari jamur yang berasal dari permukaan yang basah dan lembab.

Cover tidak luntur

Contoh cover mobil dengan corak seperti mobil aslinya

Pastikan cover yang Anda pakai warnanya tak akan luntur meski dipakai dalam waktu yang lama

Well, tidak hanya jenis bahan, warna cover juga kerap jadi pertimbangan saat memilih cover mobil. Sayangnya, tidak sedikit cover mobil yang luntur seiring usia pemakaian dan mengenai body mobil, hal yang tidak mengenakkan bukan?

Oleh karena itu, sebelum membeli cover mobil, pastikan bahan atau warnanya tidak akan luntur meski dipakai dalam waktu yang sangat lama dan diguyur hujan selama berhari-hari.

Berikut empat hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih cover mobil, untuk tips & trik lainnya bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top