Mari Pahami Plus Minus Pakai Carbon Cleaner Mobil

19/06/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Mari Pahami Plus Minus Pakai Carbon Cleaner Mobil
Carbon cleaner mobil dianggap sebagai cara paling efisien untuk membersihkan kerak pada ruang mesin tanpa harus overhoul. Namun kenali efek sampingnya dahulu.

Dalam dunia perawatan kendaraan bermotor khususnya mobil, dikenal pula sebuah alat yang bernama carbon cleaner. Dengan menggunakan alat ini semua kerak yang ada di ruang mesin diklaim bisa bersih dan performa mesin mobil kembali meningkat layaknya mobil baru keluar dari dealer.

Memang sih, seiring digunakannya mobil tersebut, akan terjadi proses pembakaran di ruang mesin. Apabila ada proses pembakaran yang tidak berlangsung sempurna, maka bakal meninggalkan kerak di ruang mesin tersebut. Jika kerak ini dibiarkan terus menerus akibatnya timbunan kerak semakin menumpuk dan tebal.

Pada kondisi yang demikian gerak komponen mesin juga semakin melambat. Akibatnya tenaga mobil terasa menurun dan pemakaian bahan bakar pun menjadi lebih boros. Kadang situasi ini disertai juga asap hitam yang keluar dari lubang knalpot.

Namun benarkah alat bernama carbon cleaner mobil bisa membuat performa mobil kembali jos? Berikut penjelasan lengkapnya dari tim Cintamobil.com

1. Apa Itu Carbon Cleaner?

Carbon cleaner

Kondisi silinder yang sudah dibersihkan dengan carbon cleaner

Carbon cleaner sejatinya merupakan cairan khusus yang diformulasikan untuk merawat kendaraan. Utamanya pada bagian ruang mesin yang sulit dijangkau oleh tangan manusia. Sesuai namanya, cairan carbon cleaner akan membersihkan sisa-sisa kerak karbon pada ruang mesin. Sehingga diharapkan kondisi ruang mesin kembali bersih dan sistem komponen pada mesin bisa bekerja kembali optimal.

Sebenarnya bukan hanya mobil yang bisa diberi carbon cleaner, tapi juga kendaraan lain yang bermesin. Namun kali ini Cintamobil.com hanya fokus untuk membahas mengenai carbon cleaner mobil.

>>> Bisa Berabe! Ini Akibatnya Jika Salah Memilih Oli Mesin

2. Bagaimana Cara Kerja Carbon Cleaner?

Semprot carbon cleaner

Zat asam pada carbon cleaner akan merontokkan kerak di dinding silinder

Sebagai cairan pembersih maka carbon cleaner harus lebih dulu dimasukkan ke ruang mesin. Dengan memiliki kandungan zat amonia dan zat asam, diharapkan cairan ini dapat merontokkan kerak-kerak karbon sebagai sisa dari pembakaran yang tidak habis terbakar.

Teknik memasukkan cairan ini dianggap lebih praktis dan membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibanding membersihkan kerak mesin dengan cara top overhoul. Caranya cukup dengan memasukkan cairan carbon cleaner mobil ke ruang mesin melalui lubang busi. Namun pertama-tama pastikan mesin dihidupkan terlebih dulu selama 10-15 menit sampai mencapai titik suhu yang cukup panas. Baru kemudian masukkan carian pembersih ruang mesin tersebut lalu diamkan 15-20 menit agar cairan bekerja optimal merontokkan kerak-kerak karbon. Selanjutnya baru sedot kembali cairan tersebut atau bisa juga dikeluarkan berbarengan dengan proses ganti oli.

>>> Bisa Dirumah, Ini Cara Membersihkan Kerak Oli pada Mesin Mobil

3. Seberapa Sering Boleh Pakai Carbon Cleaner?

Cara pakai carbon cleaner mobil

Cairan carbon cleaner dimasukkan ke ruang mesin melalui lubang busi

Walau terlihat praktis dan bisa dilakukan sendiri di rumah, namun amat disarankan untuk tidak memakai carbon cleaner mobil sembarangan. Karena zat amonia dan zat asam yang ad apada cairan ini jika dipakai berlebihan malah akan menimbulkan karat di ruang mesin. Selain itu zat yang ada pada cairan ini juga berisiko mengikis oli yang seharusnya melapisi linier dinding silinder yang membuat mesin akhirnya malah mengalami knocking (ngelitik).

Meskipun memilih harga carbon cleaner yang bagus dan mahal, sebaiknya berikan interval waktu yang cukup saat proses pembersihan ruang mesin menggunakan cairan kimia tersebut. Minimal carbon cleaner dipakai 1-2 tahun sekali atau saat melakukan servis besar di 20.000 kilometer (km) atau 30.000 km.

>>> Inilah tips bersihkan ruang mesin mobil yang perlu Anda tahu. Klik untuk baca selengkapnya

4. Berapa Harga Carbon Cleaner Mobil yang Bagus?

Pilihan carbon cleaner mobil

Berbagai merk carbon cleaner bisa mudah ditemui di toko offline maupun online

Mendapatkan carbon cleaner untuk mobil Anda tidaklah sulit. Di toko-toko aksesoris dan suku cadang mobil, cairan ini biasanya akan tersedia. Anda juga bisa mendapatkannya melalui toko-toko online yang banyak ditawarkan melalu market place.

Jangan tergiur harga murah ketika memilih merk carbon cleaner mobil yang bagus. Usahakan untuk memilih produk carbon cleaner yang tidak mengandung zat amonia dan zat asam. Kalau pun terdapat dua zat kimia ini, pastikan kandungannya amat sedikit.

Karena selain bisa menyebabkan karat dan merusak dinding silinder, zat amonia juga berbahaya bagi paru-paru manusia apabila tidak sengaja terhirup. Tak jarang kulit juga akan mengalami iritasi manakala terkena zat kimia ini.

Sementara itu harga carbon cleaner mobil yang bagus dipasaran amat bervariasi. Tergantung dari merk dan kemasan botolnya, yaitu mulai dari Rp25.000 untuk kemasan kecil, sampai Rp350.000 untuk yang kemasan besar. Modelnya ada yang dituangkan, dialirkan dengan alat khusus, serta ada yang disemprot.

>>> Temukan tips dan trik perawatan mobil yang menarik lainnya disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top