Cara Unik Dan Nyentrik Untuk Hemat Bakar

Share this post:
Cara Unik Dan Nyentrik Untuk Hemat Bakar
Harga bahan bakar minyak fossil kini sangat tinggi, 1 liter saja penghematan bahan bakar akan dapat membantu keuangan keluarga. Nah, berikut ini kami sajikan cara unik dan nyentrik untuk hemat bahan bakar

Harga satu liter bahan bakar minyak kini sangat tinggi, meskipun harga minyak dunia per-barrelnya kini sudah turun, entah mengapa harga bahan bakar minyak di negara kita tidak juga kunjung turun. Untuk mengatasi hal tersebut, maka berikut ini adalah beberapa cara unik dan juga nyentrik untuk menghemat bahan bakar. Tidak seperti cara menghemat bahan bakar biasanya.

1. Drafting / Tailgating

Cara Tailgating umumnya dilakukan oleh pembalap

Tailgating umumnya dilakukan oleh pembalap

Cara yang satu ini memang berbahaya, namun cukup efektif dalam menghemat bahan bakar. Cara drafting atau tailgating adalah suatu cara membuntuti kendaraan didepan Anda dengan sangat dekat. Bahkan, saking dekatnya sampai berpotensi mengorbankan keselamatan. Namun, cara ini cukup efektif dalam mengurangi konsumsi bahan bakar mobil Anda. Mesin mobil Anda akan bekerja lebih ringan, karena gaya dorongnya terbantu akibat hambatan angin yang berkurang.

>>> Baca juga tips lainnya dari kami: Ini resiko tekanan angin ban mobil Anda jika berlebihana

2. Memasang Aero Kit

Tampak Aerokit Lexus RC350 F-Sport 2019

Penggunaan aerokit membantu mengalirkan arah angin dan dapat menghemat bahan bakar karena laju mobil jadi tak tertahan

Cara kedua ini dapat Anda lakukan karena tidak berbahaya dan juga membuat tampilan mobil Anda menjadi lebih keren. Memasang aero kit atau body kit dapat membantu mengefisiensikan mobil Anda karena arah angin yang menerpa mobil diarahkan agar tidak berbenturan langsung ke bagian mobil Anda yang inefisiensi terhadap aerodinamika seperti kaca spion, bumper, airdam, dan lainnya. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan bahan aero kit-nya jangan yang berbobot berat, gunakan-lah bahan FRP (Fiber Rainforced Plastic) yang ringan namun tetap kuat, kalau ada dana lebih gunakan matrial karbon fiber.

>>> Teknologi kendaraan terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

3. Sering Melakukan Engine Brake

Tampak sebuah Skoda Kodiaq 2018

Lakukan engine brake ketika jalan menurun, itu akan menghemat konsumsi bahan bakar mobil Anda

Tips nomor tiga ini lebih sering dilakukan oleh super bus atau kendaraan besar lainnya. Dengan melakukan engine brake, saluran bensin akan ditutup sedikit, jadi meskipun mesin menggerung, namun suplai bahan bakar tidak dialirkan keruang bakar. Trik ini juga berlaku pada mobil, dan engine brake ini sangat disarankan apabila mobil Anda melewati jalan yang menurun curam dan panjang.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

4. Memanfaatkan Momentum Berat

Tampak Mobil All New Honda Brio RS melaju kencang

Manfaatkan gerak momentum berat mobil demi efisiensi bahan bakar

Ini sangat berhubungan erat dengan teori fisika, bahwa ketika kita melakukan usaha untuk mendorong ataupun menarik sebuah benda dari posisi diam, diperlukan usaha yang agak ekstra. Dan hal tersebut juga berlaku pada mesin mobil. Pasti Anda akan merasakan jika baru akan berjalan, mobil membutuhkan usaha agak ekstra, apalagi saat membawa beban berat. Maka dari itu, manfaatkanlah momentum mobil saat sudah berjalan, jaga kecepatannya agar mesin tidak bekerja ekstra.

5. Menggunakan Tekanan Angin Ban Melebihi Rekomendasi Pabrikan

Mengukur teknan ban

Tekanan ban berlebihan memang bikin irit bahan bakar, namun juga mengundang potensi bahaya

Salah satu cara nyentrik yang lainnya adalah menggunakan tekanan angin ban melebihi rekomendasi pabrikan mobil. Memang, secara teori ini akan membantu mobil lebih hemat bahan bakar, karena gaya gesek ban terhadap aspal akan berkurang, namun cara ini juga mengundang potensi bahaya, sebab grip ban akan berkurang sangat drastis, dan berpotensi mobil menjadi oversteer atau understeer. Jadi gunakan cara yang normal saja ya.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top