Cara Setting Karburator Mobil, Kerjakan Sendiri Atau Bawa Ke BeRes?

19/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Mobil kekinian sudah jarang yang masih pakai karburator, tapi peminatnya bukan berarti tidak ada. Makanya, kami berikan cara setting Karburator Mobil yang mudah

Seusai membongkar karburator dan melakukan pembersihan sistem pengabutan bahan bakar tersebut, Anda pasti akan melakukan perakitan ulang karburator. Mulai dari memasang spuyer, yakni main jet dan pilot jet dipasang ke lokasi semua, memasang pelampung dan mengencangkan semua baut.

Gambar komponen mesin 7K Toyota

Karburator berfungsi mencampur udara dengan bahan bakar

Cilakanya, karena setelah melakukan karburator dibuka dan semua baut serta pelampung, berikut per dibongkar ulang, Anda perlu nyetel karburator. Tenang, Cintamobil.com akan memberikan cara settting karburator untuk mobil Anda.

Siapkan Peralatan Untuk Setting Karburator

Hal pertama yang harus dilakukan Anda siapkan dulu peralatannya, yakni obeng min (-) dan tang. Kedua, dalam kegiatan setting karburator yang harus diatur pertama kali adalah putaran stasionernya. Pastikan putaran stasioner (debit bensin) pas.

Foto karburator Toyota Kijang 7K

Cara Setting Karburator harus perlahan dan pakai feeling

Caranya Anda bisa putar ke kanan dengan menggunakan obeng untuk menaikkan stasioner, atau putar ke kiri untuk menurunkan. Lakukan terus sampai pas. Yang perlu diingat adalah, baut stasioner ini tidak ada per (pegas)-nya, jangan sampai terlepas. Lakukan terus hingga putaran mesin halus dan tidak "teriak".

Putaran Angin Juga Penting

Setelah itu yang harus dilakukan adalah menyesuaikan putaran angin alias settingan angin. Ini penting, sebab akan mempengaruhi percampuran antara bensin dan udara ke dalam mesin. Caranya pun mudah, Anda tinggal putar ke kanan baut yang ada pernya hingga maksimal.

Foto speedometer Toyota Kijang LGX 1997

Perlu perhatikan indikator putaran mesin saat menerapkan cara setting karburator

Sembari mesin dinyalakan, Anda bisa turunkan pelan-pelan hingga idling mobil terasa stabil, tidak pincang dan rendah. Usahakan putaran mesin berkisar antara 700 hingga 800 rpm saat tidak menyalakan AC. Karena saat menyalakan AC, komponen bernama idle-up akan bekerja menaikkan putaran mesin.

Foto tombol pengaturan AC Toyota Kijang LGX 1997

Saat AC menyala, idle-up akan menaikkan putaran mesin

Jadi itulah cara mudah melakukan setting karburator. Anda memang harus sabar, karena proses ini memang tidak mudah. Bahkan untuk seorang mekanik yang ahli sekalipun. Maka dari itu, mobil keluaran terkini sudah tidak ada lagi yang menggunakan pasokan bahan bakar berjenis karburator.

>>> Mobil Injeksi Boros BBM, Ini Salah Satu Penyebabnya!

Bengkel Resmi (BeRes) Juga Bisa Setting Karburator

Jika Anda bingung dan tak menemukan settingan yang pas, bisa juga membawa mobil ke bengkel untuk melakukan setting karburator. Sebagai informasi, beberapa bengkel resmi bahkan masih menerima mobil karburator, "Masih terima," ujar Bambang Supriyadi, selaku Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor.

Foto Daihatsu Feroza servis di bengkel resmi Daihatsu

Kalau bingung cara setting karburator, bawa saja ke bengkel resmi

Selain itu, servis di bengkel untuk mobil karburator ketika servis berkala pasti butuh waktu lebih lama. Sebab, sistem karburator jauh lebih rumit dan makan waktu ketika dibongkar karena banyaknya komponen. Nah, bagaimana, Anda ingin melakukan setting karburator mobil kesayangan Anda sendiri atau langsung serahkan bengkel?

>>> Acuan Dasar Mesin Empat Langkah = Gerakan Naik Turun Piston

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top