Cara Servis Mobil yang Ikut Berubah karena Virus Corona

04/06/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Cara Servis Mobil yang Ikut Berubah karena Virus Corona
Penyebaran virus corona membuat cara servis mobil turut berubah. Bila semula servis mobil marak dilakukan di bengkel, kini justru mulai beralih di rumah.

Penyebaran virus corona di seluruh dunia memang membuat segala aktivitas ikut terhambat. Tak hanya itu, virus corona juga sedikit banyak mengubah kebiasaan-kebiasaan yang biasa dilakukan pada waktu normal. 

Di industri otomotif, virus corona mengubah cara dealer melayani konsumennya. Misalnya penjualan mobil mulai beralih ke dunia digital. Kemudian untuk perawatan, bengkel-bengkel juga kini lebih aktif dalam menghubungi konsumennya agar bisa melakukan servis di rumah

>>> Persiapan New Normal, Ini Cara Membersihkan Mobil dengan Desinfektan

Bukan Hal Baru

Sejak Ibu Kota Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sejumlah dealer-dealer harus menghentikan kegiatannya. Penjualan mobil dialihkan melalui online. Begitu juga dengan perawatan mobil. 

Layanan home service kini makin marak ditawarkan para pabrikan. Konsumen tak perlu keluar rumah, hanya tinggal menghubungi dealer terdekat serta mendaftarkan untuk servis dan nantinya akan ada mekanik datang. 

Layanan Home Service

Wuling juga punya layanan servis mobil ke rumah

>>> Tiru DKI, Pemkot Tangerang Selatan Wajibkan SIKM

Bila peralatan tak mumpuni untuk melakukan servis, nantinya mobil akan dibawa ke bengkel dengan menggunakan kendaraan yang disediakan oleh dealer tersebut. Setidaknya layanan ini sudah ditawarkan oleh Toyota, Mitsubishi, Honda, dan juga sederet merek lainnya. 

Ini sebenarnya bukanlah hal baru, mengingat layanan Home Service sudah lama ditawarkan para pabrikan di Indonesia. Namun, layanan Home service memang kurang populer di saat normal. 

Berbeda kondisi setelah virus corona menyebar dimana pemerintah meminta agar masyarakat tetap berada di rumah sehingga home service menjadi jalan keluarnya. 

"Bagi mereka yang reluctant yang datang ke dealer, sekarang kita jemput bola Home Service and Pick up service jadi stay at home aja," ungkap  Business Innovation & Marketing and Sales Director Yusak Billy belum lama ini. 

>>> Cara Grab Hadapi New Normal, Pasang Pembatas hingga Wajib Bermasker

Mematuhi Protokol Kesehatan

Mematuhi protokol kesehatan kini menjadi kewajiban pada kondisi seperti sekarang. Ini merupakan langkah untuk mencegah penyebaran virus corona. Begitupun di dealer-dealer mobil yang telah melayani servis mobil

Para pabrikan ini tentunya memastikan para mekaniknya di bengkel memenuhi aturan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, serta memastikan kondisi tubuhnya sehat sesuai dengan arahan dari World Healt Organization (WHO). 

servis mobil di tengah pandemi

Mekanik mematuhi aturan protokol kesehatan

“Kami juga sudah menetapkan prosedur yang sesuai dengan aturan pemerintah dan WHO berkaitan dengan penanganan Covid-19 yaitu sanitasi dan juga berkaitan dengan physical distance," tutur Chief Executive Auto2000 Martogi Siahaan. 

>>> Tips perawatan mobil lainnya dapat Anda lihat di sini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top