Cara Praktis Menghilangkan Getah Pohon Dari Mobil

Cara Praktis Menghilangkan Getah Pohon Dari Mobil
Anda mungkin tidak menyadari bahwa cabang pohon yang berada diatas mobil Anda, tapi ketika Anda kembali ke mobil Anda, catnya terkena getah. Terlepas dari jenis getah pohon yang menempel dikendaraan Anda, Menghilangkan getah pohon pada mobil dengan cepat itu penting, karena semakin lama berada di kendaraan Anda semakin sulit untuk dilepas dan pada akhirnya dapat merusak catnya.

Sementara getah tidak akan langsung merusak cat kendaraan, waktu adalah intinya. Setelah beberapa saat, getah bisa merusak melalui lapisan cat dan menyebabkan perubahan warna cat. Jika cuaca panas, getahnya bisa mengeras dan menjadi hitam, sehingga sangat sulit dihilangkan. Menghilangkan getah pohon pada mobil membutuhkan tenaga ekstra dan memakan waktu. Berikut metode yang bisa Anda gunakan.

Metode 1. Segera cuci mobil Anda

Meskipun metode ini mungkin tidak bekerja dalam semua situasi, ini adalah langkah yang baik untuk memulai sebelum mencoba pilihan yang lebih berat. Ini harus dilakukan sesegera mungkin setelah getah mengenai kendaraan Anda. Paling tidak, metode ini akan menciptakan permukaan yang bersih untuk bekerja jika diperlukan metode lain.

Gambar yang menunjukan getah pohon yang jatuh pada bagian kap mobil

Cuci mobil dengan bersih sesaat getah mengenai mobil

Mobil harus dicuci sesegera mungkin sehingga getahnya tidak memiliki kesempatan untuk mengeras. Semakin cepat getah dibersihkan, semakin sedikit usaha yang dibutuhkan untuk menghilangkannya.

Bahan yang dibutuhkan: Kain microfiber, sabun mobil.

  • Langkah 1: Bilas seluruh mobil. Gunakan mesin pencuci bertekanan jika Anda memilikinya. Jika tidak, gunakan selang reguler dan pipa semprot bertekanan. Semprotkan pada getah serta semua kotoran lainnya pada kendaraan. Berikan bilasan menyeluruh.
  • Langkah 2: Gosok mobil. Gunakan spons bersih, sarung tangan pencuci atau microfiber kain. Gunakan air panas dicampur sabun untuk membersihkan seluruh kendaraan. Semakin panas semakin baik. Panas akan membantu memecah getahnya. Area yang ditutupi getah harus digosok ekstra keras untuk membantu menghilangkan getahnya.

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang memegang spons berwarna kuning sedang membersihkan mobil

Gunakan spons agar permukaan mobil tidak lecet

  • Langkah 3: Bilas dengan baik. Bilas sabun (dan mudah-mudahan getah) hilang dari kendaraan. Jika getahnya masih ada, gosok lagi dan bilas.
  • Langkah 4: Waxing mobil. Jika getah hilang, keringkan mobil sepenuhnya dan berikan wax untuk memastikan cat dan bagian clear terlindungi.

>>> Baca juga Tips perawatan mobil sehari-hari

Metode 2 : Gunakan produk komersial

Ada sejumlah produk yang dirancang khusus untuk menghilangkan kontaminan. Pergilah ke toko onderdil mobil langganan Anda untuk membelinya; Dalam banyak kasus, ini perlu meminta rekomendasi ahli di toko. Produk ini diformulasikan agar tidak merusak cat. Turlte Wax Bug dan Tar Remover and Goof Off adalah beberapa produk yang sangat direkomendasikan dari para profesional.

Gambar yang menunjukan berbagai macam produk pembersih mobil yang bisa digunakan untuk membersihkan getah pohon

Gunakan produk pembersih mobil untuk menghilangkan getah pohon (sap)

Baca dengan saksama petunjuk dan peringatan di botol dan ikuti petunjuknya dengan tepat untuk mencegah kerusakan cat yang tidak disengaja. Sementara metode aplikasi yang tepat akan bervariasi berdasarkan produk yang dipakai, petunjuk ini harus banyak diterapkan.

>>> Baca juga tips merawat mobil lainnya disini

Bahan yang dibutuhkan :Penghapus getah komersial, Kain microfiber, Sabun, Wax

  • Langkah 1: Bubuhi remover ke getah. Bubuhkan remover ke kain bersih lalu letakkan kain di atas tempat yang terkena getah. Biarkan meresap setidaknya 30 detik.
  • Langkah 2: Mengusap getah agar terlepas. Setelah remover telah meresap ke getah itu harus mulai dilepaskan. Gosok kearah dalam gerakan melingkar sampai semuanya hilang.
  • Bubuhi remover pada bagian yang terkena getah

Gambar yang menunjukan getah pohon yang sudah melengket pada bagian kap mobil

Jika getah sudah lengket, gunakan pembersih getah

  • Langkah 3: Gunakan kuku jari Anda. Jika perlu, gunakan kuku jari Anda untuk menggaruk sisa getah yang tersisa. Berhati-hatilah untuk tidak menggores cat.
  • Langkah 4: Cuci kendaraan. Jika metode ini telah selesai dilakukan, berikan lagi cucian dan wax . Ini akan menghilangkan residu sisa getah dan wax akan membantu melindungi permukaan mobil Anda yang sekarang bersih.

Gunakan metode berikut untuk menghilangkan getah pohon pada mobil

Terlepas dari metode mana yang digunakan, kendaraan harus dicuci dan diwaxing setelah getah disingkirkan. Lakukan ini untuk menghilangkan residu sisa produk yang digunakan serta membantu melindungi cat dan menghilangkan getah pohon pada mobil. Jika Anda tidak yakin metode mana yang terbaik untuk situasi Anda, atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang prosesnya, minta mekanik untuk saran yang terperinci.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top