Cara Perawatan Kolong Mobil Supaya Nggak Karatan

12/03/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Cara Perawatan Kolong Mobil Supaya Nggak Karatan
Berikut di bawah ini tips dari Astra Peugeot dalam melakukan perawatan area spakbor dan kolong mobil yang bisa Anda praktikan.

Peralihan musim penghujan ke musim kemarau saat ini sedang terjadi. Cuaca dapat secara cepat berubah dari kondisi terik matahari hingga turun hujan dalam waktu yang singkat.

>>> Jangan Lupa Manfaatkan Akhir Pekan untuk Cek Kendaraan

Gambar menunjukan Kolong mobil

Sebaiknya mobil dibawa ke tempat cuci mobil yang menyediakan fasilitas cuci bagian kolong

Perhatikan Bagian Kolong Mobil

Bagi para pemilik mobil baik itu produk terbaru atau lama disarankan untuk memperhatikan bagian kolong mobil. Mengingat di bagian tersebut rata-rata menggunakan material berbahan dasar besi, terutama untuk area Spakbor dan Sasis. Lokasi yang kerap kurang mendapat perhatian.

“Bagian kolong mobil tidak terlihat. Padahal kotoran seperti pasir atau sampah dari genangan air dapat menempel. Efeknya dapat menimbulkan karat, walaupun pabrikan sudah melapisi dengan anti karat,” ujar Samsudin, National Technical Advisor PT Astra International Peugeot dalam keterangan tertulisnya.

Apalagi menurut penelitian air hujan memiliki kadar PH di bawah 5 atau 6, karena karbondioksida di udara larut dengan air hujan yang memiliki bentuk sebagai asam lemah. Sedangkan kadar PH yang netral adalah berada pada angka 7.

Sebaiknya saat membersihkan spakbor dmenggunakan air bertekanan tinggi. Selain itu bersihkan juga bagian pelek, kaliper dan cakram rem karena pasir yang menempel pada rem akan mengganggu kinerjanya.

Bila menumpuk atau sulit dibersihkan, sebaiknya mobil dibawa ke tempat cuci mobil yang menyediakan fasilitas cuci bagian kolong. Biasanya tempat cuci mobil ini dengan menggunakan alat hidrolik sebagai pendukungnya. Namun jika tidak mengeluarkan biaya lebih Anda bisa mencuci kendaraan di rumah.

>>> Momotor.id Hadirkan 5 Merek Pilihan Motor Baru

Gambar menunjukan Pencucian mobil

Cucilah mobil setelah terkena air hujan

Proses Pencucian Mobil

Ketika Anda tengah ingin mencuci kendaraan kesayangan di rumah pertama yang perlu disiapkan yakni selang yang cukup panjang sekitar 5-6 meter atau 2x ukuran panjang mobil Anda. Kemudian siapkan juga spon pembersih atau busa, ember. shampo mobil dan lap microfiber kering yang bersih.

Selang yang berukuran cukup panjang tersebut digunakan untuk membasuh seluruh bagian permukaan mobil dengan air dari keran di rumah Anda. Kemudian tuangkan shampo mobil secukupnya ke dalam ember, lalu isi dengan air bersih. Aduk rata shampo dan air tersebut sampai mengeluarkan busa. Campuran tersebutlah digunakan untuk membersihkan kotoran dan debu pada mobil Anda. Selanjutnya bilas merata menggunaka busa kemudian bilas dan keringkan dengan lap microfiber.

“Untuk menghindari karat dan memperpanjang usia pakai kendaraan, cara paling mudah setelah mobil kehujanan yaitu sering-sering dibilas air bersih. Terutama di area sekitar spakbor dan kolong mobil jika memang masih dapat dijangkau,” tutup Samsudin.

>>> Mengenal Fitur GPS Pada SUV Peugeot 3008 & 5008

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top