Fungsi dan Cara Pasang Thermostat AC Mobil, Hindari Resiko Kerusakan Parah

29/06/2021

Perawatan dan service

4 menit

Agar AC mobil tidak gampang rusak, sebaiknya Anda mengetahui cara kerja dan cara pasang thermostat AC mobil. Simak pembahasan terkait thermostat berikut.

Mesin bukan satu-satunya bagian penting yang ada pada mobil. Komponen-komponen di dalamnya juga memiliki peran yang sama dan saling berkaitan satu sama lain, termasuk thermostat. Keberadaan thermostat merupakan elemen krusial karena bagian dari pendingin. Fungsinya untuk menjaga suhu agar temperatur mobil berada pada suhu ideal. Sistem pendingin udara berguna bagi pengemudi dan penumpang. Jika rusak, maka bisa mengganggu perjalanan.

Agar itu tidak terjadi, sebaiknya Anda mengetahui cara kerja dan cara pasang thermostat AC mobil. Simak pembahasan terkait thermostat dari Cintamobil.com berikut. 

Fungsi Thermostat Mobil

Thermostat mobil adalah salah satu komponen pendingin yang ada di setiap mobil. Fungsinya untuk menjaga suhu mesin. Bagian-bagian di dalam mesin bekerja dengan sangat cepat. Tingginya perputaran pada komponen tersebut mengakibatkan peningkatan suhu. Jika mesin mobil terlalu panas, air radiator bisa habis hingga bocor pada sistem sirkulasi radiator. 

AC mobil rusak

Ada banyak ciri thermostat AC mobil rusak

Peran dari thermostat ini sangat penting karena membantu radiator dalam menjaga suhu mesin agar tetap dalam keadaan suhu ideal. Cara kerjanya mengikuti sistem kerja komponen pendingin yang lain.

Pada suhu kurang lebih 85 derajat hingga 90 derajat celcius, secara otomatis thermostat akan terbuka kembali dan memberi jalan air pendingin agar melakukan proses pendinginan melalui radiator. Singkatnya, fungsi thermostat sedikit mirip dengan saklar yang ketika dibutuhkan, komponen bekerja mengatur aliran dari cairan pendingin. 

>>> Mengetahui Cara Kerja AC Mobil Beserta Komponen dan Rangkaiannya

Rangkaian Thermostat AC Mobil

Thermostat termasuk bagian dari rangkaian kelistrikan AC mobil. Kelistrikan mobil dibagi menjadi dua, yaitu kelistrikan thermostat dan rangkaian kelistrikan blower. Rangkaian thermostat sendiri berguna mengatur suhu kabin agar tetap terjaga dengan menghubungkan serta memutuskan arus listrik secara otomatis. Sementara rangkaian blower berfungsi dalam mengatur kecepatan blower melalui switch atau saklar. 

Komponen rangkaian kelistrikan AC memiliki fungsi dan tugasnya sendiri. Rangkaian kelistrikan AC terdiri dari baterai atau supply, fuse atau sekring, kunci kotak, relay, thermostat, saklar blower, motor blower, kopling magnet, extra fan, dan amplifier.

Setting Thermostat AC Mobil

Letak thermostat AC mobil menempel pada evaporator. Posisi dari evaporator sendiri umumnya berada di dalam dashboard yang ada thermistornya. Jika sistem AC mobil tidak memiliki thermistor, maka kompresor AC akan hidup terus menerus dan dapat menyebabkan AC beku. Hal ini akan membuat evaporator menjadi es karena kompresor AC akan berputar terus menerus.

Thermostat digital

Lakukan perawatan rutin pada thermostat AC mobil

Jika Anda menginginkan AC mobil yang awet, sebaiknya lakukan perawatan rutin, salah satunya dengan mengatur thermostat. Meski sepele, hal ini bisa menjaga komponen mobil lainnya dari kerusakan. Pertama, Anda bisa menyetel thermostat agar arusnya tidak terputus. Cara dengan memutar baut pada setelan suhu mengikuti arah jarum jam. Pastikan untuk memutarnya secara perlahan. 

Langkah kedua, Anda bisa menambah waktu jeda mesin kompresor ketika off dengan memutar baut setelan jeda. Putar sebanyak setengah putaran hingga waktu jeda ideal sekitar 10 menit. Cara ini digunakan untuk melakukan pengaturan thermostat yang tidak mengganggu kompresor hingga komponen-komponen mobil lainnya.

Tips setting thermostat AC mobil dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah di rumah. Namun, jika masih ragu, Anda bisa mengunjungi bengkel terdekat untuk meminta bantuan dari teknisi yang sudah berpengalaman. 

>>> Cara Mudah dan Cepat Mengganti Oli Kompresor AC Mobil

Cara Pasang Thermostat Digital AC Mobil

Ada beberapa gejala atau ciri thermostat mobil rusak. Misalnya saja suhu udara di dalam kabin tidak stabil. Hal ini terjadi karena radiator tidak bekerja dengan baik dan berdampak pada thermostat AC mobil. Ciri keduanya suhu yang panas dalam mobil.

Thermostat AC yang macet  akan terjadi ketika suhu mesin mencapai 90 derajat sehingga sirkulasi ke radiator akan terhambat. Dan yang menjadi ciri thermostat AC mobil rusak bisa dilihat dari konsumsi bahan bakar mobil yang mudah tersedot akibat suhu mesin yang tidak stabil.

Cara pasang thermostat ac mobil

Ketahui cara memasang thermostat AC mobil

Karena thermostat bagian penting dalam sistem pendingin mobil, jika terjadi kerusakan maka penggantian komponen tersebut bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah overheating pada mobil. Anda dapat melakukan cara pasang thermostat digital AC mobil berikut:

  • Langkah pertama, temukan akses ke bagian thermostat dahulu. Gunakan sarung tangan tebal ketika melakukan proses ini. Buka kap mobil dan cari bagian radiator. Anda dapat mengidentifikasi thermostat dengan selang pendek hitam pada radiator, selang tersebut akan melekat pada penutup thermostat. 
  • Cara pasang thermostat AC mobil yaitu dengan mengeluarkan media pendingin mesin dan lepas saluran air keluar atau selang karet atas. Lepas tutup thermostat dan keluarkan dari tempatnya ketika diganti dengan yang baru. 
  • Pasang gasket yang baru pada thermostat, luruskan jiggle valve pada komponen dengan tanda di sisi bagian kanan. 
  • Geser jiggle valve arah 10 derajat ke kanan atau ke kiri dari tanda. Lalu, masukkan ke saluran untuk memasang kembali saluran air keluar atau selang karet atas.

Cara memasang thermostat AC mobil universal pada mobil sudah berhasil dilakukan. Dengan begini, thermostat bisa bekerja maksimal untuk mengatasi overheat pada mobil. Sangat penting untuk melakukannya secara berkala.

Ini juga berlaku jika Anda ingin memasang thermostat AC mobil Kijang Super, Avanza, dan thermostat AC mobil lainnya, bukan hanya sebatas mobil Toyota. Jika masih bingung untuk mengikuti cara pasang thermostat AC mobil, Anda dapat meminta bantuan teknisi ke bengkel terdekat. Semoga bermanfaat!

>>> Baca artikel tips & trik seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

 

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa penyebab AC mobil tidak dingin?
Kemungkinan besar karena freon atau kondensor AC yang rusak. Namun ada beberapa penyebab lainnya yang bisa mempengaruhi
Apakah mematikan AC mobil bisa menghemat konsumsi BBM?
Bisa, tapi tidak terlalu berpengaruh secara signifikan.
Kapan waktu yang tepat melakukan servis AC mobil?
Tak perlu tunggu AC dingin. Servis AC mobil secara berkala untuk menghindari masalah pada AC yang lebih besar nantinya.
Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top