Cara Mudah untuk Perbaikan dan Merawat Sistem Pendingin Mobil

07/05/2018

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Cara Mudah untuk Perbaikan dan Merawat Sistem Pendingin Mobil
Mempersiapkan kendaraan kesayangan sebelum musim panas datang sangat diperlukan. Dalam perawatan mobil, komponen yang sangat vital diperlukan saat musim panas adalah AC. Merawat sistem pendingin mobil selama musim panas merupakan esensi yang hakiki.

Tanpa komponen vital ini, perjalanan Anda akan terasa kurang nyaman. Apalagi di dalam cuaca panas, sistem pendingin merupakan fitur wajib dalam mobil yang harus berfungsi. Untuk dapat memaksimalkan sistem pedingin, Anda dapat melakukan inspeksi dan merawat sistem pendingin mobil dengan cara-cara sebagai berikut :

1. Ganti filter udara secara teratur

Filter udara kotor tidak hanya memengaruhi kualitas udara yang masuk ke kabin mobil. Masalah ini akan menurunkan efisiensi bahan bakar Anda. Sebagai perbandingan, ketika Anda memasang filter udara bersih, Anda bisa meningkatkan jarak tempuh engemudian Anda sebanyak 10 persen.

Gambar yang menunjukan bagian filter udara yang sudah kotor pada mobil

Filter udara memiliki peran yang cukup besar terhadap sistem pendingin udara

Sebaiknya, ganti filter setelah musim hujan. Meskipun ini juga tergantung pada tempat Anda tinggal, sepanjang musim hujan filter udara cenderung tersumbat dengan puing-puing yang lebih besar. Jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan pada musim panas, membersihkan filter udara merupakan salah satu pekerjaan rumah yang harus diperhatikan.

2. Rawatlah bagian luar mobil

Gambar yang menunjukan bagian eksterior mobil yang sedang dibersihkan

Eksterior mobil sedikitnya mempengaruhi pendinginan mobil

Mungkin ini hanya akan sedkit mempengaruhi kinerja sistem pedingin. Alangkah baiknya Anda merawat bagian luar mobil, seperti menyimpan mobil Anda di garasi atau tempat yang tidak banyak terpapar sinar matahari. Ini akan sedikit membantu agar sistem pendingin tidak bekerja secara ekstra ketika diperlukan.

>>> Baca juga:

3. Lakukan pengisian cairan radiator secara berkala

Gambar yang menunjukan seorang pria yang sedang mengganti air radiator pada mobil

Ganti cairan untuk mempermudah kinerja sistem pendingin

Sama seperti halnya cairan pada mesin, radiator juga memerlukan cairan pendingin untuk dapat memaksimalkan kinerja. Jika radiator tidak bekerja secara maksimal, hal ini juga akan berdampak pada kinerja mesin yang pada akhirnya mempengaruhi kinerja AC.

4. Lakukan test kinerja AC

Gambar yang menunjukan AC mobil yang terletak pada bagian dasbor mobil

AC menjadi penentu kinerja sistem pendingin mobil

Cukup nyalakan mesin dan nyalakan AC. Ini adalah tindakan pencegahan untuk memastikan bahwa semua bagian sistem dilumasi dengan baik dan berfungsi sebagaimana seharusnya. Yang dibutuhkan hanyalah beberapa saat mengidupkan AC.Jika Anda merasa tidak berfungsi sebagaimana mestinya, ada baiknya untuk memeriksa sistem AC.

5. Lakukan servis berkala

Ada baiknya untuk membuat sistem AC Anda diservis setahun sekali. Dengan cara itu, setiap kebocoran, cairan yang berkurang, atau masalah lain yang terdeteksi dan diperbaiki sebelum Anda terjebak dalam kabin mobil pada saat musim panas datang.

Untuk merawat sistem pendingin, perhatikan bagaimana cara kerja pendingin udara berikut ini

Cara terbaik yang dapat kami beritahukan adalah untuk dapat mengunjungi bengkel khusus AC, berikut beberapa hal yang harus diperiksa ketika di bengkel khusus AC :

  • Pemeriksaan suhu ventilasi udara
  • Pengisian cairan pelumas pada sistem pendigin
  • Pemeriksaan bagian selang dan komponen pendukung lainnya.
  • Pemeriksaan atau penggantian filter udara jika dibutuhkan.
  • Lakukan tes kebocoran pada sistem AC
  • Sanitasi sistem pendingin udara
  • Penyesuaian sabuk mesin
  • Pemeriksaan pengoperasian katup dan thermostat

Dengan merawat sistem pendingin mobil, diharapkan kinerja sistem pendingin mobil Anda beroperasi pada keadaan optimal. Pendinginan yang menyejukan ketika musim panas menyerang tentu saja dapat menambah kenyaman Anda berkemudi pada musim panas yang terik. Semoga dapat bermanfaat dan berguna.

Pembaca juga mencari: perawatan sistem pendingin, cara perawatan sistem pendingin, pemeliharaan sistem pendingin, cara merawat sistem pendingin

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

Share this post:

Berita lain

Rawat Sistem Pendingin Mesin, Kurangi Resiko Overheating

Di mobil-mobil keluaran terbaru, rasio kompresi kian tinggi, jika sistem pendingin mesin tidak dirawat dengan baik, tentunya akan sangat merepotkan di kemudian hari.

Lihat juga

Pengetahuan Mengenai Pendingin Mesin Mobil

Seperti badan manusia, mobil pun butuh suatu sumber untuk mendinginkan dirinya. Car Engine Cooling System atau pendingin mesin mobil dilahirkan untuk memenuhi kebutuhannya. Namun apakah Anda sudah tahu sejelas tentang sistem ini? Jika belum tahu, silahkan mengikuti informasi-informasi di bawah ini.

Lihat juga

Komponen Sistem Pendingin, Bagaimana Cara Kerja Thermostat?

25/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Jadi komponen pada sistem pendinginan mobil, Thermostat punya peranan penting untuk menjaga suhu mesin mobil. Tapi, bagaimana cara kerjanya?

Lihat juga
 
back to top