Cara Mudah Meningkatkan Performa Mesin Mobil Biar Lebih Jos Dipakai Mudik

Share this post:
Cara Mudah Meningkatkan Performa Mesin Mobil Biar Lebih Jos Dipakai Mudik
Meningkatkan performa mesin mobil bisa dengan berbagai cara. Namun yang akan kami bahas kali ini adalah cara yang paling mudah agar didapat performa mesin yang meningkat saat mobil dipakai mudik Lebaran.

Saat melakukan perjalanan jauh seperti ketika mudik Lebaran, tentu Anda akan mengharapkan kendaraan Anda dalam kondisi terbaik. Namun terkadang, karena mobil sudah dipakai sehari-hari dengan menempuh ribuan kilometer dan berhadapan dengan berbagai kondisi jalan atau kemacetan, performa mesin menjadi menurun.

>>> 5 Cara Cepat Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas

Cara paling ringkas untuk mengembalikan performa mesin dari kendaraan Anda adalah dengan melakukan servis berkala. Tetapi terkadang hal itu kurang membuat Anda puas dengan tenaga dari mesin mobil Anda. Untuk itulah dibutuhkan beberapa langkah demi meningkatkan performa mesin mobil Anda.

1. Tingkatkan Asupan Udara

mesin dengan filter udara aftermarket

Ganti saringan udara agar pasokan udara bersih meningkat

Kunci utama performa mobil terletak pada pembakaran yang baik. Agar proses tersebut dapat berjalan tanpa kendala, yang dibutuhkan adalah sirkulasi udara yang lancar. Untuk itu, tingkatkan volume udara dingin yang masuk ke ruang pembakaran.

>>> Aplikasi Saringan Udara Aftermarket Tipe Replacement

Caranya bisa dengan memasang air intake aftermarket yang sesuai dengan mobil Anda. Produk ini banyak dijual di toko-toko aksesoris atau suku cadang mobil. Namun kalau Anda ragu memasangnya sendiri, bisa konsultasikan dengan bengkel resmi atau bengkel langganan Anda.

2. Upgrade Catalic Converter

ganti catalic converter mobil

Sebaiknya lakukan upgrade catalic converter di bengkel terpercaya

Melakukan upgrade catalic converter dapat membuat performa mesin kendaraan Anda tetap prima saat dibutuhkan untuk menempuh perjalanan jauh seperti mudik Lebaran. Anda bisa lakukan hal ini dengan mengunjungi bengkel resmi sesuai merek mobil Anda atau mempercayakannya dengan bengkel langganan Anda.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

3. Ganti Ban

ganti dengan ban baru

Ganti ban yang sesuai standar rekomendasi pabrikan

Yang dimaksud melakukan penggantian ban untuk meningkatkan performa mesin mobil Anda adalah mengganti jika ban sudah mulai aus. Ban yang aus atau kembangnya telah menipis akan mengurangi grip ban dengan permukaan aspal. Akibatnya tentu berpengaruh pada pengendalian Anda selama perjalanan.

Karena itu ganti dengan ban baru yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan mobil Anda. Ban yang baru tentu akan memberikan daya cengkram lebih baik saat dipakai berkendara.

>>> Tips lainnya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ketahui Penyebab Getaran Pada Mesin Mobil yang Sering Terjadi

Getaran pada mesin bisa jadi kumpulan dari sejumlah masalah. Meskipun diasumsikan bahwa getaran berasal dari mesin, bisa jadi gandar atau as roda dalam kenyataannya mungkin menjadi penyebab sebenarnya.

Lihat juga

6 Ciri-Ciri Turun Mesin Umum Yang Anda Perlu Diketahui

18/02/2018

Perawatan dan service

3 menit

Kondisi turun mesin atau yang lebih dikenal sebagai overhaul merupakan salah satu masalah serius yang bisa saja terjadi pada kendaraan Anda. Jika sampai menunjukan ciri-ciri mobil turun mesin, maka mau tidak mau Anda harus mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk memperbaiknya.

Lihat juga

Bahaya yang Mengintai jika Tidak Mengganti Oli Mesin Secara Berkala

Mesin sebagai nyawa mobil dibantu oleh oli agar mesin bisa bekerja dengan efektif dan sehat. Pentingnya mengganti oli mesin secara berkala menjadi salah satu pendongkrak kinerja mesin. Oli yang tidak ditukar akan memperburuk mesin dan meninggalkan kerusakan jangka panjang.

Lihat juga

Review Toyota Avanza 2016

05/02/2018

Editor rate:

Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Avanza, mobil yang digandrungi oleh sejuta umat di Indonesia. Toyota Avanza Veloz yang merupakan mobil MPV terbaru dari Toyota diperkenalkan pada tahun 2011 dan juga sukses di pasaran otomotif Indonesia. Di tahun 2015, Toyota memperkenalkan mobil Toyota Avanza Veloz terbaru dimana model lama mobil ini mendapat penambahan-penambahan yang tidak ada pada model sebelumnya. Apa saja kelebihan dari mobil ini? Review Toyota Avanza 2016 akan dijabarkan di bawah ini.

Lihat juga

Harga Xenia 2021: Daftar Harga mobil Xenia terbaru Januari

01/01/2021

Daihatsu

Awal tahun 2019 menjadi momentum tepat bagi PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk merilis Daihatsu Xenia. Memang tak dipungkiri, kehadirannya dinanti-nantikan sejak tahun lalu. Ada beberapa pembaruan mengesankan yang dihadirkan pada model Facelift-nya kali ini. Inilah daftar harga Daihatsu Xenia terbaru.

Lihat juga
 
back to top