Cara Mudah dan Cepat Menyingkirkan Jamur pada Kaca, Bodi, dan Jok Mobil

01/12/2018

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Cara Mudah dan Cepat Menyingkirkan Jamur pada Kaca, Bodi, dan Jok Mobil
Masalah jamur pada mobil bukan hanya berkaitan dengan penampilan, tapi aspek lain yang dapat mempengaruhi keselamatan Anda. Misalnya, jamur pada kaca mobil dapat menimbulkan gangguan visibilitas ketika Anda mengemudi, lebih-lebih di malam hari. Karenanya, menyingkirkan jamur harus segera dilakukan sejak dini!

Sebagai pemilik mobil, Anda pasti ingin kondisi mobil selalu nampak bersih dan mengkilap. Karena itulah jamur menjadi masalah yang wajib untuk diatasi dengan segera. Bahkan masalah jamur pada mobil bukan hanya berkaitan dengan penampilan, tapi juga berpengaruh pada keselamatan. Seperti misalnya jamur pada kaca mobil dapat menimbulkan gangguan visibilitas ketika Anda mengemudi. Lebih-lebih di malam hari, gangguan visibilitas makin besar dan itu bisa membahayakan.

Beruntung, menyingkirkan jamur pada bagian luar maupun dalam mobil sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan asal dilakukan sejak dini. Anda bahkan tidak perlu selalu bergantung pada salon mobil sebagai pertolongan pertama pada masalah jamur di mobil Anda. Lantas, bagaimana caranya?

Cara Menyingkirkan Jamur pada Jok

Foto jok mobil berjamur parah

Jok berjamur, sama sekali tidak indah dipandang

Untuk membersihkan jok mobil dari jamur, Anda perlu melakukan langkah penanganan yang terbilang khusus. Apalagi air saja tidak cukup untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi, gunakanlah cairan pembersih khusus untuk menyingkirkan jamur pada jok. Cairan tersebut biasanya hanya perlu disemprotkan pada permukaan yang berjamur. Kemudian, lap permukaannya sampai benar-benar kering.

Untuk mencegah pertumbuhan jamur pada jok mobil, sebaiknya Anda segera bersihkan permukaannya ketika terasa basah. Cukup gunakan lap kering yang bersih untuk melakukannya.

>>> Hati-hati, Celana Anda Juga Bisa Merusak Jok Kulit Mobil!

Cara Menyingkirkan Jamur pada Kaca Mobil

Foto seseorang sedang membersihkan kaca mobil bagian depan

Kaca mobil berpengaruh pada visibilitas pengemudi

Langkah termudah menyingkirkan jamur yang tumbuh pada kaca mobil Anda adalah dengan menggunakan obat khusus untuk jamur kaca. Produk ini bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai salon mobil. Tapi, bagaimana kalau Anda tidak punya obat jamur kaca mobil?

Ada cara alternatif yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan memanfaatkan pasta gigi yang pasti bisa Anda temukan di rumah dengan mudah. Jenis pasta gigi yang putih lebih direkomendasikan karena lebih efektif. Kemudian, usahakan agar kaca mobil tidak terpapar sinar matahari langsung atau dalam kondisi panas. Bersihkan permukaan kaca dari debu menggunakan siraman air dan lap sampai kering sepenuhnya.

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat saja listingnya di Cintamobil.com

Menghilangkan water spot atau jamur di kaca mobil! Tak perlu khawatir karena caranya tergolong mudah.

Begitu permukaan kaca kering, oleskan pasta gigi menggunakan tangan secara merata. Hindari penggunaan kain yang permukaannya kasar atau bahkan amplas untuk mengoles pasta gigi. Dan sambil dioles, gosok permukaan kaca mobil dengan halus. Jika semua permukaan kaca sudah diolesi pasta gigi, tunggu sampai kering, baru siram kaca menggunakan air bersih sampai pasta gigi hilang seluruhnya. Lap permukaan dengan kain halus sampai kaca mobil Anda kering. Jangan lupa juga untuk teratur membersihkan wiper agar bebas dari kotoran yang menempel, kira-kira seminggu sekali.

Selain pasta gigi, minuman soda dan tembakau juga bisa jadi alternatif untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Bagaimana caranya, silahkan baca artikel Cara menghilangkan jamur pada kaca mobil menggunakan minuman soda dan tembakau!

Cara Menyingkirkan Jamur pada Bodi Mobil

Foto mobil berjamur di seluruh bodi

Bodi mobil bisa jadi tempat jamur tumbuh subur

Langkah alternatif yang bisa Anda lakukan untuk menyingkirkan jamur yang mengganggu penampilan bodi mobil Anda adalah menggunakan alkohol dengan kadar 50 sampai 90 persen. Kemudian, siapkan kain yang permukaannya halus dan basahi dengan alkohol tersebut, lalu gosokkan pada permukaan bodi mobil yang terinfeksi jamur. Gunakan gerakan memutar ketika membersihkan permukaan bodi mobil dan lakukan sampai jamurnya lenyap. Setelah semua jamur hilang dari bodi mobil Anda, bersihkan sisa-sisa alkohol dari mobil Anda dengan mengelapnya menggunakan kain lembut yang masih kering dan bersih.

Bagaimana, ternyata masalah jamur sangat mudah diatasi, bukan? Dengan memanfaatkan cara-cara di atas, maka Anda pun bisa melakukan tindakan segera agar masalah jamur tidak jadi semakin parah. Dan Anda juga tidak perlu harus terburu-buru membawa mobil Anda ke salon mobil, apalagi jika Anda memang sedang sibuk-sibuknya.

>>> Simak info tips dan trik lainnya tentang mobil hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top