Cara Merawat Mobil saat Libur Lebaran di Rumah

11/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Berikut di bawah ini tips cara merawat mobil di rumah saat libur lebaran sekaligus perbaikan bodi mobil di Auto2000 dengan promo yang menguntungkan.

Pemerintah menerbitkan aturan yang melarang perjalanan mudik Lebaran untuk mengurangi risiko penularan virus Covid-19. Rasa rindu terhadap sanak saudara di kampung halaman harus ditahan dulu hingga situasi kondusif kembali.

Sembari menghabiskan waktu libur Lebaran di rumah ini merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan mobil. Meski mobil disimpan di rumah aja, perhatikan langkah berikut ini cara merawat mobil dari Auto2000 supaya mobil dapat ditinggal tanpa kendala.

>>> Sambil Tunggu Bedug, Yuk Bersihkan Garasi di Rumah

Gambar menunjukan Bersihkan kendaraan Anda

Bersihkan kendaraan Anda sebelum di parkir lama

1. Perhatikan Lokasi Parkir

Mobil dapat terhindar dari paparan panas sinar matahari dan air hujan yang bisa membuat cat mobil cepat kotor, kusam, dan memudar jika diparkir di dalam garasi atau carport. Manfaatkan car cover atau selimut mobil andai carport tidak ada atap. 

2. Cuci Mobil Hingga Bersih

Meski ditinggal di dalam rumah, mobil tetap bisa kotor oleh debu atau air hujan sehingga harus dibersihkan. Bagian dalam juga harus dibersihkan mengingat sering dipakai beraktivitas dan mencegah masuknya binatang liar.

3. Keluarkan Barang Pribadi dari Dalam Mobil

Keluarkan barang pribadi seperti kartu e-toll, kacamata, pemantik api, power bank, sepatu, dan barang berharga lainnya sebagai cara merawat mobil di rumah untuk menghindari dari risiko tidak terduga seperti kemalingan atau kebakaran.

>>> Dream Come True! Penjual Bumbu Dapur Ini Bisa Beli Toyota Alphard

4.  Tambah Tekanan Angin Ban

Sebaiknya Anda mengisi tekanan angin seluruh ban mobil sedikit lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan sekitar 5 PSI lantaran tekanan angin ban mobil yang berdiam di rumah akan lebih cepat berkurang.

5. Hindari Penggunaan Rem Parkir & Isi Penuh Tangki Bensin

Ada kasus dimana kampas rem menempel kuat ke bagian dalam tromol dan sulit lepas karena mobil diparkir terlalu lama. Oleh sebab itu, lepaskan rem parkir dan gunakan wheel chock khusus pengganjal ban mobil.

Selain itu, bahan bakar di dalam mobil yang ditinggal dalam jangka waktu lama tidak bisa dibiarkan kosong karena akan mengakibatkan oksidasi dan membuat karat timbul di dalam tangki bensin.

6. Panaskan dan Jalankan Mobil

Mesin mobil harus dipanaskan seminggu dua kali selama 10 menit untuk mengisi arus aki dan oli mesin bersirkulasi. Bawa mobil keliling lingkungan rumah agar ban berputar dan terhindar dari kerusakan akibat hanya bertumpu di satu titik.

>>> SIM Mati saat Lebaran? Ini yang Harus Dilakukan

Gambar menunjukan Perbaikan bodi mobil

Program Body & Paint Kilau Toyota Pilihan

7. Waspada Kebocoran

Lakukan pemeriksaan secara berkala ke seluruh bagian mobil, seperti ruang mesin, kabin, hingga bagian kolong untuk memastikan tidak ada kebocoran.

8. Perbaiki Bodi dan rawat kabin kendaraan

Selagi tidak ada kegiatan rutin, Anda dapat memanfaatkan cara merawat mobil saat libur Lebaran untuk memperbaiki bodi kendaraan yang rusak.Perawatan bodi bisa Anda lakukan di bengkel terdekat. Dengan begitu, usai Lebaran mobil Anda bisa kinclong seperti baru lagi. 

>>> Penjualan Mobil Bulan April 2021 Melandai

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top