Cara Merawat Mesin Motor Kopling Agar Performanya Tetap Oke

21/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Bagi Anda pemilik motor kopling simak tips di bawah ini cara merawat mesin motor kopling agar performanya selalu terjaga dan tetap awet.

Sepeda motor dengan tipe mesin kopling pada umumnya didominasi oleh motor sport. Tampilannya yang gagah dan sporty serta kapasitas mesinnya yang besar sangat cocok digunakan untuk anak muda dengan semangat yang tinggi.

Dari sekian banyak pengguna motor sport bermesin kopling, tentunya ada saja yang masih belum memahami cara perawatan motor bermesin kopling. Berikut di bawah ini tips dari Astra Motor beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat mesin motor kopling.

>>> Begini Jadinya Kalau Yamaha dan Lambretta 'Kawin', Hasilkan Motor Yambretta

Gambar menunjukan Oli mesin

Ganti oli mesin motor Anda secara berakala

1. Mengganti Oli Secara Rutin

Oli berguna untuk memberikan lapisan pada bagian mesin yang sedang bekerja. Lapisan tersebut dapat memperhalus gesekan mesin sehingga akan lebih lembut dan tidak cepat panas. 

Setelah bekerja dengan sangat keras untuk melumasi mesin, oli akan berubah menjadi kental dan kerjanya jadi tidak maksimal. Bahkan jika terlalu lama oli tidak diganti akan menjadi kering dan dapat merusak mesin motor. Maka dari itu sebaiknya ganti oli mesin secara berkala dengan melakukan pergantian setelah 2.000 km perjalanan.

2. Rajin Melakukan Pengecekan Kanvas Kopling

Pada motor bermesin kopling kinerja kopling harus prima agar berkendara jadi kian aman dan menyenangkan. Maka dari itu Anda harus melakukan pengecekan kampas kopling secara berkala.

Kampas kopling yang bermasalah dapat mengganggu kinerja mesin saat akan melakukan perubahan transmisi. Jika kanvas sudah mulai aus atau terkikis, sebaiknya Anda harus segera menggantinya. Biasakan mengganti spare part dengan yang asli di bengkel resmi.

>>> 5 Pilihan Mobil Bekas Seharga Honda CB150R Streetfire 2021

Gambar menunjukan Tali kopling

Jika kopling terasa berat coba bersihkan kabel tali kopling motor Anda

3. Cek dan Bersihkan Kabel Kopling

Jika tali kopling motor Anda terasa berat saat ditarik jangan panik. Hal ini bisa terjadi karena kabel kopling motor kering karena adanya karat atau kotoran lainnya. Cara mengatasinya cukup mudah, Anda tidak perlu membawanya ke bengkel.

Cukup menuangkan cairan pelumas anti karat ke dalam kabel melalui tuas pada bagian handling kopling. Setelah cairan masuk coba tarik handling kopling perlahan beberapa kali hingga tarikan kopling terasa ringan.

4. Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Bahan bakar beroktan lebih dari 90 sebaiknya digunakan untuk motor kopling Anda. Bahan bakar dengan oktan yang tinggi akan mampu melakukan proses pembakaran yang sempurna sehingga tidak ada residu yang tertinggal dalam mesin. Sehingga performa mesin selalu terjaga dan membuat mesin jadi tidak cepat rusak.

>>> Modifikasi Honda Beat: Dari Khayalan Lewat Game Sampai Jadi Lowrider

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top